INOVASI DOKTRIN AJARAN ISLAM DI MASA PANDEMI UNTUK GENERASI DIGITAL NATIVE

Muqarramah Sulaiman Kurdi

Abstract


Bagaimana mengajarkan agama Islam bagi anak-anak dewasa ini menjadi tantangan tersendiri, khususnya untuk generasi digital native usia konkret operasioanl, yang artinya harus ada inovasi dalam cara doktrin agama Islam. Selain itu di masa sekarang ini dunia global telah mengalami masa sulit karena dampak Virus Corona yang mengharusnya anak-anak belajar di rumah maupun blended learning. Penelitian ini berbentuk penelitian kepustakaan dengan metode dokumentasi yang koheren. Teknik analisis berupa induktif dengan penekanan pada meaning of creativity .Tujuan kajian ini adalah menggambarkan bagian alternatif inovasi  metodologi doktrin untuk anak-anak, terkait bagaimana mengajarkan agama Islam dengan tidak mengenyampingkan esensi mereka sebagai generasi digital native dan tantangan di masa pandemi. Berdasarkan hasil penelitian, sarana platform digital dan daring seperti e-learning, webinar, media sosial, aplikasi audio-visual, blogging, e-book, smartbook dan aplikasi game mampu mengakomodir pengajaran agama bagi generasi digital native . Platform-platform tersebut memunculkan ranah domain kognitif, afektif dan psikomotorik dalam doktrin Aqidah, Akhlak, Fiqh, Sejarah Islam, Alquran, Hadits, Bahasa Arab, dan maupun pengetahuan agama Islam lainnya.  Selain memperhatikan pengamalan beragama dalam sosio religius-kultur demografinya, inovasi cara doktrin tersebut juga harus memperhatikan tiga perspektif, yakni perspektif teknis, perspektif literasi kritis, dan perspektif literasi sosial-emosional.


Keywords


Inovasi; doktrin; ajaran Islam; generasi digital native; pandemi

Full Text:

PDF

References


Anisah, Ani. Siti. 2017. Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

As. Gilcman. 1991. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Astini, N. K. S. 2020. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Cornu, B. 2011. Digital Natives: How Do They Learn? How to Teach Them? Moscow, Russian Federation: UNESCO Institute for Information Technologies in Education.

Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: Sage Publication.

Daradjat, Zakiyah. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagan Agama Islam. 1982. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Pembinaan Sarana dan Prasarana Perguruan Tinggi Islam.

Gunstone, Richard. 2015. Meaningful Learning. Australia: Monash University https://www.researchgate.net/publication/302567262.

Hamid, Sholeh Moh. 2011. Metode Edu Tainment, Yogyakarta: Diva Pres.

Hutapea, R. H. 2020. Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19. Didache: Journal of Christian Education, 1(1), 1-12.

Jalaluddin & Ramayulis. 1998. Pengantar Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Jalaluddin. 1996. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

________. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Jukes, I., McCain, T., dan Crockett, L. 2010. Understanding the Digital Generation: Teaching and Learning in the New Digital Landscape. Thousand Oaks, USA: Corwin Press.

Juliane, C., Arman, A. A., Sastramihardja, H. S., & Supriana, I. 2017. Digital Teaching Learning for Digital Native; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 29-35.

Jusoh, W. N. H. W., & Jusoff, K. 2009. Using multimedia in teaching Islamic studies. Journal of Media and Communication Studies, 1(5), 086-094.

Kincheloe, Joe; Steinburg, Shirley. 1997. Changing Multiculturalism. Bristol, PA: Open University Press.

Kurdi, M. S., 2018. Madrasah Ibtidaiyah dalam Pandangan Dunia: Isu-Isu Kontemporer dan Tren dalam Pendidikan. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), pp.231-248.

Kurdi, M. S., 2018. Evaluasi Implementasi Desain Pendidikan Karakter Berbasis Pendekatan Humanistik. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), pp.125-138.

Kurdi, M.S., 2020. Nilai-Nilai Responsif Gender Dalam Fiqh di Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Meta Narasi). Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan gender dan Anak. 2(2)

Kurdi, M. S., Mardiah, M., Kurdi, M. S., Usman, M. I. G., & Taslimurrahman, T. T. 2020. Speaking Activities In Madrasah Ibtidaiyah: A Meta Narrative About Character Building And Multiculturalism Point Of View. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 12(1), 55-82.

Leirvik, O. 2010. Models of Religious Education in the Muslim World: Current Developments and Debates on How To Teach Religion And Ethics in Public Schools. In international handbook of inter-religious education (pp. 1037-1051). Springer, Dordrecht.

Lubis, M. A., & Aspar, R. 2005. Kaedah pengajaran pengetahuan agama Islam di Brunei Darussalam. Jurnal Pendidikan, 30, 141-150.

Mantra, Bagoes. Ida. 2008. Filsafat Penelitian & Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Mardina, R. 2019. Literasi Digital Bagi Generasi Digital Natives. Diakses dari https://www. researchgate. net/publication/326972240_Literasi_Digital_bagi_Generasi_Digital _Natives

Martin, A. 2006. Literacies for the Digital Age: Preview of Prt 1. In Martin, A., (Ed). Digital Literacies Learning. London: Facet Publishing. hlm. 3-25

Mawardi. 2000. IAD,ISD,IBD. Bandung: Pustaka Setia.

Muhadjir, Noeng. 2011. Metodologi Penelitian, Jakarta: Rake Sarasen.

Newton, Robert R. 1981. Four Models of Teaching Religion. PACE. Volume 11, 17. USA: Boston College University Libraries. http:hdl.handle.net/2345/2429

Ng, W. 2012. Can We Teach Digital Natives Digital Literacy?. Computers & Education, 59. hlm. 1065-1078

Prensky, M. 2001. Digital Natives, Digital Immigrant on the Horizon. MCB University Press, Vol. 9 No. 5

Singgih D.Gunarsa. 2015. Psikologi Untuk Membimbing. Cet. VII. Jakarta: PT. Gunung Mulia.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Syafe'i, Imam. 2015. Tujuan Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 151-166.

Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan nasional dan Penjelasnnya. Yogyakarta, Media Wacana Press, 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.