GAMBARAN PSIKOLOGIS ANAK PENYANDANG TUNALARAS: TINJAUAN PADA ASPEK SOSIAL DAN EMOSI

Lailatul Badriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi psikologis anak dengan penyandang tunalaras jika dilihat dari aspek sosial dan emosi. Menurut Tamsik Udin dan Tejaningsih menyatakan bahwa anak tunalaras adalah anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan sosial dan emosinya sehingga dimanifastikan lewat tingkah laku norma hukum, sosial, agama yang berlaku di lingkungannya dengan frekuensi  yang cukup tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan jumlah subjek penelitian berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan pemberian Daftar Cek Masalah (DCM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan penyandang tunalaras memiliki ketidakstabilan emosional sehingga terjadai hambatan dalam bersosial ke masyarakat. Hambatan dalam perkembangan sosial pada anak tunalaras dimana ini ditunjukan bahwa mereka tidak mempunyai teman. Hal ini dikarenakan mereka tidak mampu menyesuaikan diri dengan kelompok yang  lebih luas dan kesadaran sosial mereka sangat rendah serta mereka lebih suka bermain sendiri. Diperlukan pendekatan yang lebih baik pada anak penyandang tunalaras seperti halnya pendekatan dalam bimbingan karena akan sangat berpengaruh pada kehidupan di masa yang akan datang.

Keywords


Psikologi Anak; Tunalaras

Full Text:

PDF

References


Aasindriyati. 2017. Peningkatan Pengendalian Diri Pada Anak Tunalaras Dengan Menggunakan Pendekatan Teknik Konseling Behavioral Di Smk 3 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 17(2). Hlm: 107.

Achmad, H.S., & Sujarwanto. 2010. Program Layanan Bimbingan Konsep Diri (Self Concept) Pada Anak Tunalaras. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16(1). Hlm: 58.

Aini, M.. 2010. Identifikasi Anak Dengan Gangguan Emosi dan Perilaku di Sekolah Dasar. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus. Vol. 2(2). Hlm:1-14.

Ariffin, G. 2017. Identifikasi Perilaku Sosial Siswa Anak Tunalaras Di Slb E Yogyakarta. Skipsi. Universitar Negeri Jakarta.

Awwad, M. 2015. Urgensi Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Al-Tazkiah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Institut Agama Islam Negeri IAIN Mataram. Vol. 7(1). Hlm: 47.

Exwan, A.V., Akhmad, R., & Niwang, P.T. 2014. Program Lombok Rawit Sebagai Sarana Terapi Bagi Anak Tunalaras. Pelita Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 2(1). Hlm: 129.

Khasanah, N. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunalaras Di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kusmawati, A., Hadi, C., & Putra, A.B. 2018. Terapi Al-Qur’an pada Siswa Tunalaras. JSSH: Jurnal Sains Sosial Humaniora Universitas Airlangga. Vol 2(1). Hlm: 12.

Luxviana, N. 2018. Identifikasi Perilaku Anak Tunalaras (Anak Agresif) Disekolah Inklusi Siswa Kelas I SD Bangunrejo 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 29(7). Hlm: 7.

Maryuni, S. 2009. Perilaku Delinkue Ditinjau Dari Kecerdasan Emosi Penyandang Tunalaras Di Slb-E Bhina Putera Surakaarta. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maslahah, A. 2015. Bimbingan Pribadi Sosial Bagi Anak Tunalaras Di Slb E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurisani, A.N. 2017. Bimbingan Islam Dalam Menanamkan Perilaku Keberagamaan Pada Anak Tunalaras Di Madrasah Ibtidaiyah Keji Ungaran Barat. Skripsi. Universitas Negeri Walisongo Semarng.

Risnawati., Ida., H., & Mariani. 2018. Deteksi Dini Penyimpangan Emosional Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal: Medika. Hlm:1-13.

Widyawati, E. 2018. Bimbingan Bina Pribadi Dan Sosial Dalam Menumbuhkan Character Strength Anak Tunalaras Di Slb E Bhina Putera Surakarta. Skripsi. IAIN Surakarta.

Wiwiet, P.,S & Dedy, K. 2017. Efektivitas Teknik Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Tunalaras di SLB E Handayani. JASSI_anakku 18(1). Hlm:1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v2i2.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

View My Stats

  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.