Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Lingkungan Pada Materi Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak, Sebagai Implementasi QS. Ar-Rum Ayat 41 di Prodi IPA Fakultas Tarbiyah Dan Tadris IAIN Bengkulu

Khosi'in Khosi'in

Abstract


Di Indonesia, kebutuhan akan plastik atau barang-barang berbahan plastik terus meningkat dan akan meningkat setiap waktunya, kenaikan untuk sampai sekarang mencapai rata-rata 200 ton pertahun. Tahun 2002, tercatat 1,9 juta ton, tahun 2003 naik menjadi 2,1 ton, sampai pada tahun 2011 sudah meningkat menjadi 2,6 juta ton, dan akan terus meningkat pada setiap tahunnya. Selain itu mata kuliah ilmu lingkungan di Prodi IPA IAIN Bengkulu belum mencakup kegiatan yang mengurangi permasalahan sampah. Tujuan peneltian ini adalah Mengetahui cara menkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM) dengan diteruskan membuat alat sederhana untuk menkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM), kemudian diaplikasikan sebagai bahan ajar mata kuliah Ilmu Lingkungan Prodi IPA IAIN Bengkulu. pengembangan modul ilmu lingkungan materi pencemaran lingkungan sudah layak digunakan dalam pembelajaran Ilmu Lingkungan ini dibuktikan dengan jumlah nilai kevalidan 58,25 dengan rata-rata 3,42. Berdasarkan hasil tes evaluasi dan hasil respon mahasiswa pada angket yang telah diberikan, dapat diperoleh suatu kesimpulan bahwa modul hasil pengembangan ini efektif digunakan sebagai bahan ajar ilmu lingkungan materi pencemaran lingkungan pada Prodi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Tadris IAIN Bengkulu, dengan dibuktikan nilai mahasiswa baik pada tes tahap pertama maupun pada tahap kedua berada dalam kriteria baik sampai sangat baik (B-A), pada tes tahap pertama didapat rata-rata nilai 80, sedangkan pada tahap kedua didapat rata-rata nilai 81,7.

 

In Indonesia, the need for plastic or plastic goods continues to increase and will increase every time, the increase to date has reached an average of 200 tons per year. In 2002, it was recorded at 1.9 million tons, in 2003 it rose to 2.1 tons, until 2011 it had increased to 2.6 million tons, and would continue to increase every year. In addition, the environmental science courses at the IAIN Bengkulu Science Study Program did not include activities that reduce waste problems. The purpose of this research is to find out how to convert plastic waste into fuel oil (BBM) by continuing to make a simple tool to convert plastic waste into fuel oil (BBM), then applied as teaching material for Environmental Sciences IAIN Bengkulu Science Study Program. the development of environmental science modules on environmental pollution material is feasible to be used in learning Environmental Sciences. this is evidenced by the number of valid values 58.25 with an average of 3.42. Based on the results of the evaluation test and the results of student responses to the questionnaire that has been given, it can be concluded that the development module is effectively used as an environmental science teaching material for environmental pollution at the Science and Technology Study Program at the Faculty of Tarbiyah and Tadris IAIN Bengkulu. the first and second stage tests are in the criteria of good to very good (BA), on the first stage the average score is 80, while in the second stage the average score is 81.7


Keywords


Konversi Sampah Plastik; Bahan Ajar; Bahan Bakar Minyak

Full Text:

PDF

References


Akbarjono, A. (2017). Konsep Mutu dalam Perspektif Konsumen Pendidikan. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 13(1), 1–18. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/539

Akbarjono, A. (2018). EKSISTENSI GURU DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DI ERA MILENIAL. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 171–180. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1408

Ash-Shidieqy, T. M. H. (2000). Tafsir Al-Qur’an Majid AN-NUR 4 (Surat 24-41). Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Amin, A. (2017). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN, 21(2), 157. https://doi.org/10.29300/madania.v21i2.608

Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1). Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1418

Betty, S. Laksmi. J, & Rahayu, W. P. R. (1993). Penanganan Limbah Industri Pangan. Yogyakarta: Kansius.

Besral, B., Rizal, S., & Tawahusna, T. (2018). The Effect of Round Table Technique to Students’ Writing Ability in Senior High School 12 Padang. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 201–210. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1411

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Education Research: An Introduction. New York & London: Longman Inc.

Departemen Agama RI. (2006). Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. Jakarta: Syamil Cipta Media,

Fauziah, U. (2015). Desain Penelitian Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Tema Cahaya dan Warna untuk Pembelajaran IPA SMP. In Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (p. 371). Bandung.

Ginting, P. (2007) Sistem Pengelolaan Lingkungan dan Limbah Industri. Bandung: CV. Yrama Widya.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013)

KHOTIMAH, D. R. K. (2011). HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK RUMAH DAN SUMBER PENCEMARAN DALAM RUMAH DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI DESA BANGETAYU WETAN KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG. Semarang: Diponegoro University. Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/33244/

Kurniah, N., Andreswari, D., & Kusumah, R. G. T. (2019). Achievement of Development on Early Childhood Based on National Education Standard. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 351–354). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.82

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Consciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Manik, K. E. S. (2007). Pengelolaan Lingkungan Hidup. Jakarta: Djambatan.

Maduriana, I. M., & Seniwati, N. P. (2015). Pengembangan Bahan Ajar IPA SD Bermuatan Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Lisan Bali. JURNAL KAJIAN BALI, 5(2), 371–381.

Mulyanto. (2007). Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mustamin, A. A. Bin, & Ulum, B. (2018). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PENGEMBANGAN LITERASI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 1–14. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1176

Putrawan, I. M. (2014). Konsep-Konsep Dasar Ekologi Dalam Berbagai Aktivitas Lingkungan.. Bandung: Alfabeta

Riduwan. (2009). Pengantar Statistika Sosial, Bandung: Alfabeta

Sapri, J., Agustriana, N., & Kusumah, R. G. T. (2019). The Application of Dick and Carey Learning Design toward Student’s Independence and Learning Outcome. In Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 218–222). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.53

Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Styawati, P. S., & Rizal, S. (2017). Teaching Reading Comprehension Through Snowball Throwing Teaching Technique. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 13(2), 275–300. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/558

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Statistik Nonparametris untuk Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Surono, U. B. (2013). Berbagai Metode Konversi Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. Jurnal Teknik, 3(1)

Wiryono. (2012). Pengantar Lingkungan. Bengkulu: Fakultas Pertanian UNIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1739

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IJIS Edu : INDONESIAN JOURNAL OF INTEGRATED SCIENCE EDUCATION

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources