Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro

Erni Mariana

Abstract


The learning result of class VIII SMP TMI  ROUDLATUL QURAN METRO based on on pra survey result that still many do not complete of kkm 70. On learning process student to a physics as a difficult and complicated lesson, student less of respond ar ask a question, and less of student responsibility to do homework that teacher given. This research was proposed: (1).To know the different result of learning physics by using experimental method and demonstration method, (2). To determine the difference which method higher an average of the learning physics using the experimental method and demonstration method. The samples of this research were VIII A which was taught by the experiment method and VIII B by the demonstration method. The total number of students were 60, consist of 30 people in VIII A and 30 people in VIII B, who were randomly selected. The instruments of the research were observation sheets, documentation, and tests. The research used the calculation of the normality test, homogenity test, two average similarity test, and two average difeference test as the data analysis technique. Conclusion in this research is from the accounts test in common two averages obtained ,so (1) there is the difference an average of the learning of physics students who get learning using experiment method from yhe accounts test common two averages obtained ,so (2) an average of the learning of physics students who get learning with the using experimen method is higher than an average of the learning of physics students who get learning with using demonstration method.

 

Hasil belajar siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro berdasarkan hasil Pra survey masih banyak yang belum memenuhi KKM senilai 70. Dalam proses pembelajaran siswa menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sulit dan rumit, siswa kurang menanggapi atau mengajukan pertanyaan, dan kurangnya rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas rumah yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan: (1). untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi, (2). Untuk mengetahui metode mana yang lebih tinggi rata-rata hasil belajar fisika menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII A diajar dengan metode Eksperimen dan kelas VIII B dengan menggunakan metode Demonstrasi. Jumlah siswa yang menjadi objek penelitian adalah 60 orang, yang terdiri dari 30 orang kelas VIII A dan 30 orang kelas VIII B, yang dipilih secara random. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini menggunakan perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata sebagai teknik analisis data. Kesimpulan dalam penilitian ini adalah: dari perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh , berarti (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh , berarti (2) rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode demonstrasi.


Keywords


Metode Eksperimen; Metode Demonstrasi; Hasil Belajar

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chunaidi. (2011). Penggunaan Metode Demonstrasi Dalam.(online). http://chunaidi.blogspot.com

penggunaan-metode-demonstrasi dalam.html) diakses hari Minggu, 22 Juli 2017 pukul 10.00 WIB

Furchan, A. (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Juhri, AM. (2009). Landasan dan Wawasan Pendidikan. Metro: UM Metro Press

Mulyadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sagala, S. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, M & Sofian, E. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources