Perbandingan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Siswa Kelas VIII SMP TMI Roudlatul Quran Metro

Erni Mariana

Abstract


Hasil belajar siswa kelas VIII SMP TMI Roudlatul Qur’an Metro berdasarkan hasil Pra-survey masih banyak yang belum memenuhi KKM. Dalam proses pembelajaran siswa menganggap pelajaran fisika sebagai pelajaran yang sulit dan rumit, siswa kurang menanggapi atau mengajukan pertanyaan, dan kurang rasa tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas. Penelitian ini bertujuan: (1). untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran fisika dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi, (2). untuk mengetahui metode mana yang lebih tinggi rata-rata hasil belajar fisika menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Sampel adalah kelas VIII A diajar dengan metode Eksperimen, dan kelas VIII B menggunakan metode Demonstrasi. Objek penelitian 60 orang, terdiri dari 30 orang kelas VIII A dan 30 orang kelas VIII B, dipilih secara random. Penelitian ini menggunakan perhitungan uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan, dari perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh , berarti (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi. Dari perhitungan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh , berarti (2) rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode eksperimen lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar fisika siswa yang mendapatkan pelajaran dengan pemberian metode demonstrasi.

 

The learning result of class VIII SMP TMI  ROUDLATUL QURAN METRO based on pra survey result that still many do not complete a minimum criterium. On learning process students to a physics as a difficult and complicated lesson, students less of responding ar ask a question, and less of student responsibility to do homework that teacher given. This research was proposed: (1).To know the different results of learning physics by using the experimental method and demonstration method, (2). To determine the difference which method higher an average of the learning physics using the experimental method and demonstration method. The samples of this research were VIII A which was taught by the experiment method and VIII B by the demonstration method. The total of students was 60, consist of 30 people in VIII A and 30 people in VIII B, who were randomly selected. The research used the calculation of the normality test, homogeneity test, two average similarity test, and two average difference test as the data analysis technique. Result in this research is from the accounts test in common two averages obtained, so (1) there is the difference an average of the learning of physics students who get learning using experiment method from the accounts test common two averages obtained, so (2) average of the learning outcome of physics students taught by experiment method is higher than an average of the learning outcome of physics students with using demonstration method.


Keywords


Metode Eksperimen; Metode Demonstrasi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Agustriana, N. (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(2), 267–286. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/3881

Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Besral, B., Rizal, S., & Tawahusna, T. (2018). The Effect of Round Table Technique to Students’ Writing Ability in Senior High School 12 Padang. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 201–210. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1411

Desi Putrianasari, D., & Wasitohadi, W. (2015). PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 5 SD NEGERI CUKIL 01 KECAMATAN TENGARAN - KABUPATEN SEMARANG. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 57. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p57-77

Falentina, U. (2017). Memanfaatkan Metode Kerja Kelompok dalam Model Direct Instruction Untuk Mengoptimalkan Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016 DI SMPN 8 Bintan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(2), 131. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i2.1176

Juhri, A. (2006). Landasan dan Wawasan Pendidikan Suatu Pendekatan Kopetensi Guru. Metro: UM Metro Press.

Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

Julaila. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 51–62. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu

K. Wiyono, Liliasari Liliasari, A. Setiawan, C. T. P. (2012). Model Multimedia Interaktif Berbasis Gaya Belajar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Pendahuluan Fisika Zat Padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8, 74–82. https://doi.org/10.15294/jpfi.v8i1.1997

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Morrisan, M. A. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mulyadi. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Purwanto, N. (2000). Psikologi pendidikan remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). PENGARUH PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354–362. https://doi.org/10.17977/JP.V1I3.6161

Wilantara, B., & Priyanto, S. (2014). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan/servisSistem Pengapian Konvensional Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Tamansiswa Yogyakarta TahunAjaran 2013/2014. TAMAN VOKASI, 2(2). https://doi.org/10.30738/jtvok.v2i2.81




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IJIS Edu : Indonesian Journal Of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources