Investigasi Implementasi Model Discovery Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA

Sri Indarti

Abstract


Pada survey pendahuluan yang telah dilakukan di kelas, siswa memiliki pengetahuan kognitif dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal yang telah ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 24 Bandar Lampung melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan  Pendekatan Saintifik . Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas  VIIIA SMP Negeri 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan tes menggunakan soal-soal tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif setelah penerapan model pembelajaran discovery learning dengan scientific approach ditunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Data hasil penelitian pada aktivitas belajar peserta didik menunjukkan adanya peningkatan dari pra penelitian yaitu  43,75% meningkat menjadi 78,13%, sedangkan pada hasil belajar peserta didik menunjukkan peningkatan dari  66,25 %  menjadi 78,13 %., sehingga diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbasis pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA di Kelas VIIIA  SMP Negeri 24  Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018

 

In the preliminary survey that has been done in class, students have cognitive knowledge under the Minimum Completion Criteria set by the school. This study aims to improve the activities and learning outcomes of science students of class VIIIA SMP Negeri 24 Bandar Lampung through the application of the Discovery Learning model with the Scientific Approach. This research used quasi experiment research method. The research subjects in this study were students of class VIIIA SMP Negeri 24 Bandar Lampung Academic Year 2017/2018 with a total of 32 students with a cluster random sampling technique. The required data is obtained through observation, documentation and tests using test questions. The collected data was analyzed by qualitative and quantitative analysis techniques. The results of the descriptive analysis after the application of discovery learning models with the scientific approach showed an increase in activity and learning outcomes of students. Data from research results on student learning activities showed an increase from pre-study, namely 43.75%, increased to 78.13%, while the learning outcomes of students showed an increase from 66.25% to 78.13%, so that it was concluded that Discovery Learning model based on scientific approach can improve the activities and learning outcomes of students in science learning in Class VIIIA Public Middle School 24 Bandar Lampung Academic Year 2017/2018


Keywords


Discovery Learning; Hasil Belajar; Pembelajaran; Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Akella, L. M., Norton, C. N., & Miller, H. (2012). NetiNeti: discovery of scientific names from text using machine learning methods. BMC Bioinformatics, 13(1), 211. https://doi.org/10.1186/1471-2105-13-211

Amin, A. (2017a). Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam pada Anak Melalui Pendekatan Sinektik dan Isyarat Analogi dalam Alquran. MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN, 21(2), 157. https://doi.org/10.29300/madania.v21i2.608

Amin, A. (2017b). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI ASPEK AKHLAQ BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN DEMOKRATIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMPN 12 KOTA BENGKULU. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.1161/.V5I3.755

Amin, A., Wiwinda, W., Alimni, A., & Yulyana, R. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengah Pertama. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1). Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1418

Azkiya, H., & Isnandab, R. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VII MTsN DURIAN TARUNG PADANG. BAHASTRA, 38(2), 95. https://doi.org/10.26555/bahastra.v38i2.8495

DeDonno, M. A. (2016). The influence of IQ on pure discovery and guided discovery learning of a complex real-world task. Learning and Individual Differences, 49, 11–16. https://doi.org/10.1016/J.LINDIF.2016.05.023

Hong, Y., Hao, Z., Mai, G., Huang, H., & Kumar Sangaiah, A. (2018). Causal Discovery Combining K2 with Brain Storm Optimization Algorithm. Molecules, 23(7), 1729. https://doi.org/10.3390/molecules23071729

Imawan, O. R. (2015). Perbandingan antara Keefektifan Model Guided Discovery Learning dan Project-Based Learning pada Matakuliah Geometri. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 179. https://doi.org/10.21831/pg.v10i2.9156

Jalil, M. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TIPS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Mahyudin, E. (2014). MODEL PEMBELAJARAN DISKOVERI SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. ARABIYAT: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 195–208. https://doi.org/10.15408/a.v1i2.1139

Rudyanto, H. E. (2016). MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 4(01). https://doi.org/10.25273/pe.v4i01.305

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vahlia, I., Rahmawati, Y., & Anjar, T. (2017). EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS GROUP INVESTIGATION DAN DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR MAHASISWA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 128. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i1.909

Valmarska, A., Lavrač, N., Fürnkranz, J., & Robnik-Šikonja, M. (2017). Refinement and selection heuristics in subgroup discovery and classification rule learning. Expert Systems with Applications, 81, 147–162. https://doi.org/10.1016/J.ESWA.2017.03.041

Walid, A., Sajidan, S., Ramli, M., & Kusumah, R. G. T. (2019). Construction of the assessment concept to measure students’ high order thinking skills. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2). https://doi.org/10.17478/jegys.528180

Walid, Ahmad, Putra, E. P., & Asiyah. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources