Pengembangan LKS Inkuiri Materi Listrik Dinamis

Silviana Hendri, Faradhillah Faradhillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS Inkuiri materi Listrik Dinamis. LKS inkuiri dirancang  menggunakan pendekatan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D, dengan tahapan Define, Design, Develope, dan Disseminate. Hasil penelitian berupa lima LKS Inkuiri dengan klasifikasi empat LKS eksperimen dan satu LKS non-eksperimen. Pada tahap disseminate dilakukan uji coba pemahaman siswa terhadap LKS inkuiri, dengan menggunakan tes formatif yang terdiri dari 14 soal pilihan ganda dan satu soal essay. Hasil skor siswa kemudian dianalisis secara deskriptif untuk memperoleh daya serap siswa terhadap pemahaman materi. Secara rerata dayas serap siswa pada materi LKS inkuiri terkategorikan baik.


Keywords


Pengembangan LKS; LKS Inkuiri; Listrik Dinamis; 4D

Full Text:

PDF

References


AAAS. (1993). Bencmarks for Science Literacy. New York: Oxford University Press.

Chiapetta, E. ., Filman, D. ., & Sethna, G. . (1993). Do Middle School Life Secience Textbooks Provide a Balance of Scientific Literacy Themes? Journal of Research in Science Teaching, 28(7), 787.

Meilani, R. (2008). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 40–47.

Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/dosen/dra-endang-mulyatiningsih-mpd

Murtini, S. B. (2008). Kreativitas Teknik Probing. Retrieved April 15, 2018, from http://edu-articles.com/category/pengelolaan-pembelajaran/kreativitas-teknik-probing

Orion, N., & Kali, Y. (2016). The Effect of an Earth-Science Learning Program on Students’ Scientific Thinking Skills. Journal of Geoscience Education, 53(4), 387–393. https://doi.org/10.5408/1089-9995-53.4.387

Suparno. (2007). Metode Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Wirta, I. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Penalaran Formal terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa SMAN 4 Singaraja. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 15–29.

Zulhelmi. (2007). Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika. Pekanbaru: Cendekia Insani.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources