Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Kooperatif TTW Berbantuan Media Leaflet

Ida Farida, Kurnia Ningsih, Titin Titin

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif think talk write berbantuan media leaflet pada materi perubahan lingkungan kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi proses pelaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan jumlah siswa dengan kategori aktif pada siklus I sebesar 60,61% dan meningkat pada siklus II sebesar 75,76%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,76% dan meningkat pada siklus II sebesar 87,88%. Persentase proses pembelajaran siklus I sebesar 94.44% dengan kategori baik dan meningkat pada siklus II sebesar 100% dengan kategori baik. Secara keseluruhan pembelajaran kooperatif think talk write berbantuan leaflet  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X MIA 3 SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.

 Abstract

This research was aimed to improve students’ activities and learning outcomes through the ‘think talk write’ cooperative model using leaflet media in the material of environmental changes at Class X MIA of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak. The method implemented in this research was classroom action research conducted in two cycles with two meetings. Each cycle comprised of four steps: planning, implementing, observation, and reflection. The instruments used in data collection were observation sheet of students’ activity, an observation sheet of the learning process, and a test. The findings showed that in cycle I, 60.61% of students were categorized active and increased in cycle II by 75.76%. The percentage of completeness of student learning outcomes in the cycle I was 75.76% and increased in cycle II by 87.88%. The percentage of the learning process in the first cycle was 94.44% in the good category and increased in the second cycle by 100% in the good category. Based on the findings, it was concluded that the selected learning model improved students’ activities and learning outcomes in the material of environmental changes at class X MIA 3 of SMA Muhammadiyah 1 Pontianak.


Keywords


Aktivitas; Hasil belajar; think talk write berbantuan leaflet

Full Text:

PDF

References


Ameliawati, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Profesi Kependidikan. 3 (1): 92-102

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Asyhar, R. (2015). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Buku Beta

Hamdayana, J. (2015). Model Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Gelora Aksara

Hermawan, D. (2013). MeningkatkanAktivitas Dan HasilBelajar Siswa Menggunakan Bahan Leaflet Melalui Tipe Stad. Jurnal Pendidikan. 3 (1): 12-19

Hisyam, Z. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif: Yogyakarta : Insan Mandiri

Huda, M. (2016). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jamil, M. M. (2019). Optimalisasi Model ARCS Dalam Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Peminatan Mata Pelajaran Geografi Di Kelas Matematika Ilmu Alam. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 7–24. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1401

Kusuma, W & Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas Edisi Kedua. Jakarta: Indeks

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1905

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Masitoh, D. (2017). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Konsep Sistem Gerak pada Manusia melalui Strategi Think Talk Write. Jurnal Profesi Keguruan. 3 (1): 92-104

Murni. (2010). Panduan Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Rajawali Press

Nuraini, F & Raudhatul, Fadhilah. (2018). Hubungan Antara Aktivitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Sma Negeri 5 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 6 (2): 27-32

Rosari, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Spasial Terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2). https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.1966

Ryanti, W. (2016). Penerapan Model Pembelajaran TTW Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ips Sd Negeri 9 Metro Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. L Education. 5 (2): 33-38

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: kencana

Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.2587

Septiani, E, Tri Jalmo, & Berti Yolida. (2014). Penggunaan Bahan Ajar Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. 2 (4): 92-101

Setyono, B. (2005). Media Pendidikan. Sukoharjo: FKIP Press

Sibuea, M (2017). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write sebagai Upaya Meningatkan Hasil Belajar Siswa. Mes (Journal of Mathematics Education and Science). 2 (2): 42-48

Sudarmiyati, W. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write pada Siswa Kelas VIII 5.JPF Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 4 (2): 86-96.

Sudjana, N. (2010). Metode Statistika Edisi ke-6. Bandung: Tarsito.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana.

Uno, H.B., Lamatenggo,N., Koni, S.MA. (2014). Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Walid, A., Putra, E. P., & Asiyah. (2019). Pembelajaran Biologi Menggunakan Problem Solving Disertai Diagram Tree Untuk Memberdayakan Kemampuan Berpikir Logis Dan Kemampuan Menafsirkan Siswa. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1398




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v2i1.2714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.  

Google ScholarBielefeld Academic Search Engine (BASE)GarudaIndonesia One SearchROAD: the Directory of Open Access scholarly Resources