Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Gaya dan Hukum Newton

Faradhillah Faradhillah, Marhami Marhami, Izkar Hadiya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi Gaya dan Hukum Newton dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Group Desain. Pengambilan data dilakukan pada kelas X TKRO (Teknik Kendaraan Ringan Otomotif) sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas X TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor) sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 38 orang. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini menggunakan bantuan SPSS for Windows Versi 18.  Hasil analisis data diperoleh nilai  penguasaan konsep siswa rata-rata sebesar 85,16 dan kelas kontrol rata-rata sebesar 79,95. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji N-Gain. Dari hasil analisis di peroleh thitung>ttabel  yaitu 3,901>1,992 dengan sig (2-tailed)  sebesar 0,00 lebih rendah dari 0,05. Pada nilai N-Gain pada kelas ekperimen adalah 42,24%. Sedangkan pada kelas kontrol adalah 38,96%. Hasil analisis respon siswa menggunakan model Discovery Learning diperoleh hasil persentase sangat tidak setuju sebesar 8,2%, tidak setuju sebesar 12,3%, setuju sebesar 48,1%, dan sangat setuju sebesar 31,2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan model Discovery Learning hasil penguasaan konsep siswa terutama pada materi Gaya dan Hukum Newton lebih meningkat daripada menggunakan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Gaya dan Hukum Newton; Penguasaan Konsep; Model Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Andriani. 2017. Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2008 Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2016 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Budiningsih. 2005. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Djamarah. 2006. Strategi Belajar–Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Endarko. 2007. Fisika untuk Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Fitri, M & Derlina. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Suhu dan Kalor. Jurnal Inpafi, Volume 3, No. 2, Mei 2015: 89-96.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Handayani, S & Damari. 2009. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Depdiknas.

Hosnan, M. 2014. “Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21”. Bogor: Ghalia Indonesia.

Husnah. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Tema 1 Kelas IV SD Negeri 1 Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Ilmiah. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning Berbasis assessment For Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Al Mazaakhirah Baramuli Kabupaten Pinrang. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Irawan. 2017. Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IVB SD Negeri 1 Gunung Sulah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Isnaeni. 2017. Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X1 SMA Islam Sedirman Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jawa Timur: Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kusuma, T. A. Harijanto. 2010. Model Discovery Learning Disertai Teknik Probing Prompting Dalam Pembelajaran Fisika Di M. Jurnal Pendidikan Fisika, Volume 3 No. 4, Maret 2015: 336 – 341

Maharani, Y. B., & Hardini, I. T. A. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Mitra Pendidikan, 1 (5), 249-561.

Mashuri. 2008. Fisika untuk Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Non-Teknologi. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Miftahurrah. 2016. Penerapan Pendekatan Discovery Learning Pada Materi Fluida Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI SMAN 1 Labuhan Haji Aceh Selatan. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Nurrohmah. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Studi Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Putri. 2017. Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta: Bandung.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rokhayati, N. 2011. Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika Melalui Model

Pembelajaran Guided Discovery-Inquiry Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Sleman. Doctoral dissertation. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rosaria, A. 2018. Efektivitas Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi Dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rusman. 2011. Metode-metode Pembelajaran Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Persada.

Sani, I dan Kurniasih. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sari. 2017. Analisis Validitas Butir Soal IPA Kelas VIII Buatan Mahasiswa Berdasarkan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran di SMP Negeri 26 Makassar. Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Saripudin. 2009. Praktis Belajar Fisika untuk kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Siregar. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sudijono. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunardi. 2016. Buku Guru Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Yudhistira

Sutejo. 2013. Fisika 1A SMK Kelas X. Jakarta: Yudhistira.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, M. 2007. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Uno, B. Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Wenning, C. J. 2010. Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach Science. Journal of Physics Teacher Education. Vol. 5 (4): 1-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v3i1.4174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.