Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Learning Berbasis Lesson Study for Learning Community pada Materi Kesetimbangan Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Padang

Chesa Defista, Andromeda Andromeda, Eka Sovia

Abstract


Penggunaan model pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dalam pembelajaran dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, model pembelajaran yang bisa digunakan adalah guided inquiry learning. Untuk memaksimalkan pelaksanaan guided inquiry learning diterapkan suatu sistem pembelajaran yaitu lesson study for learning community. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided inquiry learning berbasis lesson study for learning community pada materi kesetimbangan kimia terhadap hasil belajar siswa SMAN 1 Padang. Penelitian yang dilakukan termasuk quasi experiment research menggunakan one group pretest-posttest design. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney diperoleh nilai asymp. sig (< 0.001) < 0,05. Maka hipotesis penelitian diterima bahwa model pembelajaran guided inquiry learning berbasis lesson study for learning community pada materi kesetimbangan kimia mempengaruhi hasil belajar siswa.


Keywords


Guided inquiry learning, lesson study for learning community, hasil belajar, kesetimbangan kimia

Full Text:

PDF

References


Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Azizah, A. S. N., Susilo, H., & Nugrahaningsih. (2014). Implementasi inkuiri terbimbing berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X IPA 4 SMA Brawijaya Smart School Malang. Universitas Negeri Malang.

Guci, S. R. F., Zainul, R., & Azhar, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tiga Level Representasi Menggunakan Prezi Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas Xi Sma/Ma. November. https://doi.org/10.31227/osf.io/n7jkf

Gulo. (2002). Metode Penelitian. PT. Grasindo.

Hanson, D. M. (2005). Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities (Issue March). Pacific Crest.

Iryani, Mawardi, A. (2013). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Koloid Kelas XI SMAN 1 Batusangkar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Lewis, C., Perry, R., Hurd, J., & O’Connell, M. P. (2006). Lesson study comes of age in North America. Phi Delta Kappan, 88(4), 273–281. https://doi.org/10.1177/003172170608800406

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333

Maida, M. C., Bayharti, B., & Andromeda, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 4 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 75. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/319

Marissa, A., Ayu, N., Tri, A., Tindakan, P., Sma, I. P. A., & Umar, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Guided-Inquiry Berstrategi Buzz Group. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1721–1730.

Marumure, G. P. (2012). Problems and Prospects of Teaching Chemical Equilibrium At the Further Education and Training (Fet) Band. SSRN Electronic Journal, 1(November), 1–4.

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. UNY Press.

Nugroho, S. (2008). Statistika Nonparametrika. UNIB Press.

Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogorov-Smirnov dan Saphiro-Wilk. J-HEST: Journal of Healt, Education, Economics, Science, and Technology, 3(1), 7–11.

Rozak, & Fauziah. (2013). Implementasi lesson study sebagai upaya peningkatan kompetensi pedagogik guru bahasa indonesia di SMP kabupaten Cirebon. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(1), 1–11.

Sinaga, K. (2018). Pengaruh Penerapan Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kimia Dasar untuk Meningkatkan Self Regulated Learning. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 3(1), 106. https://doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.2626

Stigler, J. W., & Hiebert, J. (1999). The teaching gap: Best ideas from the world’s best teachers for improving eduaction in classroom (Issue May). The Free Press.

Sudjana. (2005). Metode Statisika. Tarsito.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. In Kumpulan Metode Pembelajaran. Pustaka Belajar.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka Publisher.

Vermunt, J. D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P., & Mercer, N. (2019). The impact of Lesson Study professional development on the quality of teacher learning. Teaching and Teacher Education, 81, 61–73. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.02.009




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v4i1.6171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education
ijis.edu@iainbengkulu.ac.id

 

Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

 

  Creative Commons License
IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.