Penggunaan Bo’ Sangaji Kai sebagai Materi Ajar dalam Pembelajaran Sejarah Lokal di STKIP Yapis Dompu

Sumiyati Sumiyati, Husnul Khatimah, Enung Nurhasanaha, Ririn Julianti, Desi Permatasari

Abstract


Matari ajar sebagai salah satu konten pembelajaran menjadi penting peranannya bagi dosen dan mahasiswa, materi ajar dalam UU No. 12 pasal 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa dosen berkewajiban menulis materi ajar atau buku ajar sebagai wahana sumber belajar guna pengembangan budaya akademik. Mata kuliah sejarah local merupakan salah satu mata kuliah dasar bagi mahasiswa program studi pendidikan sejarah STKIP Yapis Dompu yang di dalamnya memerlukan pendekatan pembelajaran menarik dan memuat informasi yang valid. Penelitian ini bertujuan untuk memperkaya materi ajar sejarah, selain itu juga mendekatkan pembelajaran sejarah pada sumber-sumber sejarah yang dekat dengan lingkungan mahasiswa. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Kualitatif. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan sejarah STKIP Yapis Dompu yang telah menempuh mata kuliah sejarah lokal. Kebutuhan Matari ajar bagi mahasiswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran dengan angket dan tanggapan mahasiswa diperoleh melalui kuisioner yang selanjutnya dianalisis secara persentase deskriptif. Sebanyak 70,21% koresponden menjelaskan bahwa materi ajar dibutuhkan dalam menunjang pembelajaran dan pemahaman mahasiswa, selain itu materi ajar hendaknya dapat membantu mahasiswa agar cept memahami mata kuliah hanya 30,61% koresponden merasa kesulitan dalam memahami materi di perkuliahan Sejarah local dengan materi ajar yang bersumber dari catatan Bo’ Sangaji Kai. Dengan demikian, materi ajar dari catatan Bo Sangaji Kai sebagai salah satu sumber belajar memiliki peranan yang sangat penting pada mata kuliah sejarah local Bima-dompu di Program Studi Pendidikan Sejarah STKIP Yapis Dompu.


Keywords


Bo’ Sangaji Kai, Sejarah Lokal

Full Text:

PDF

References


Aqil, M. (2010). Kesultanan Bima Pada Masa Pemerintahan Sultan Abdul Hamid 1767-1811. In Universitas Negeri Makassar.

Chambert –Loir, Hendri (2000) BO’ SANGAJI KAI Catatan Kerajaan Bima. Jakarta: Ecole Fransaise d’Extreme- Orient Kepustakaan Populer Gramedia

Chambert –Loir, Hendri dan Siti Marryam. (2004) Kerajaan Bima dalam Sastra dan Sejarah. Jakarta: Ecole Fransaise d’Extreme- Orient Kepustakaan Populer Gramedia.

Kartodirdjo, (S). (2014). Pemikiran dan perkembangan historiografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Nasrullah, & Amalia, D. A. (2020). Analisis Bahan Ajar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326.

Muhammad Alfian. (2016). NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM BO’ SANGAJI KA’I CATATAN KERAJAAN BIMA (Issue Pendidikan islam).

Nazmi, R. (2019). Urgensi Pendidkan Sejarah Di Era Milenial. Seminar Nasional Sejarah Ke 4 Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Padang, 324–331.

Priyadi, S. (2012) Sejarah Lokal. Yogyakarta: Ombak

Sila, M. A. (2018). Historicizing islam: On the agency of Siti Maryam in the construction of Bima’s history of islamization. Studia Islamika, 25(1), 37–66. https://doi.org/10.15408/sdi.v25i1.5840

Soalihin, M., & Neolaka, S. Y. (2017). Based Learning History Values of The Kingdom Sultanate of Bima (Bo Sangaji Kai) to Improve The Character Education Students in The District Bima. Proceeding Ictess, 1(1), 377–384.

Sumiyati. (2020). Arsip Sebagai Sumber Belajar Pada Mata Kuliah Sejarah Lokal di STKIP Yapis Dompu. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 3(1), 427–431.

Sumiyati, & Yusnarti, M. (2021). Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Sejarah Maritim menggunakan Sumber Lokal Wadu Tanda Rahi di STKIP Yapis Dompu. 4, 484–492.

Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1 (1), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1321

Syahputra, M. A. D., Sariyatun, & Ardianto, D. T. (2020). Peranan Penting Sejarah Lokal sebagai Objek Pembelajaran untuk Membangun Kesadaran Sejarah Siswa. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 85–94. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.27035

Yearham, N. S., Aswandikari, A., & Qodri, M. S. (2022). Nilai Pendidikan dalam Naskah Terjemahan Bo Sangaji Kai dan Pengamalannya oleh Masyarakat Bima. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2333–2341. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.970




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i2.10041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sumiyati, Husnul Khatimah, Enung Nurhasanah, Ririn Julianti, Desi Permatasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.