Penggunaan Metode Proyek Pada Mata Pelajaran IPS di SDN Ngujung 2 Kabupaten Magetan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV

Marsini Marsini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dengan menggunakan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa. Proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di sekolah umumnya dianggap tidak menarik, akibatnya banyak anak-anak sekolah yang kurang tertarik untuk mendalami mata pelajaran IPS. Untuk mengkaji permasalahan tersebut lebih mendalam, maka digunakan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen kuasi (quasi experiment). Lokasi penelitian ini adalah SDN Ngujung 2, Kecamatan Maospati, Kabupaten Magetan. Oleh karena itu untuk mempercepat pemahaman serta menghindarkan pemahaman yang keliru diperlukan pendekatan-pendekatan dan metode-metode pembelajaran yang tepat, sesuai dengan tingkat kematangan kejiwaan peserta didik. Pendekatan yang dianjurkan dalam KTSP dan K13 adalah pendekatan kontekstual termasuk dalam metode pembelajarannya. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah metode proyek. Dari pelaksanaan penelitian ternyata pengaruhnya sangat menonjol, guru-guru pun tertarik untuk menggunakan serta dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar IPS.

 


Keywords


Metode Proyek; Ilmu Pengetahuan Sosial; Sekolah Dasar, Murid

Full Text:

PDF

References


Ad. Rooijakker. 2005. Mengajar Dengan Sukses. petunjuk untuk merencanakan dan menyampaikan pengajaran, Jakarta: Grasindo

Anas Sudijono. 2013. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Wali Pers

Djam’an Satori dan Aan Qomariah. 2012. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, cv.

Fatimah Djajasudarma. 2010. Metode Linguistik: Ancangan Metode Penelitian dan Kajian, Bandung: PT. Refika Aditama

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa.

Maestro. 2015. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Kelas IV SD.

Redja Mudyahardjo. 2012. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers

Saifuddin Azwar. 2012. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Kencana Media Group.

Suyono dan Hariyanto. 2014. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi BelajarMengajar (Edisi Revisi) Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi belajar dan kopetensi guru, Surabaya: Usaha Nasional

Satori dan Komariah. 2012. Metode Penelitian Kualitaif. Bandung: Alfabeta

Tim Penyusun. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi STKIP Doktor Nugroho Magetan. Magetan

Udin S. Winataputra, dkk. 2007. Materi dan pembelajaran IPS SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Yulianto CS. 2007. Kamus Lengkap 1 Myliar Inggris-Indonesia, Indonesia Inggris. UD. Kharisma

Zuldafrial. 2012. Strategi Belajar Mengajar, Surakarta: Media Cakrawala.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v5i2.10575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Marsini Marsini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.