Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi

Agus Susilo, Isbandiyah Isbandiyah

Abstract


ABSTRACT: 

Teachers are an important element in education that is very important.In this era of globalization there are many challenges faced by a teacher in teaching his students.The entry of Western cultures disturbs the values of local wisdom for the younger generation.The facilities of science and technology spend a lot of time for young people in their activities and thinking.Science and Technology (IPTEK), many offer a variety of virtual world facilities that greatly spoil the younger generation.Not infrequently the facilities of science and technology are enjoyed by many young people and they forget the time for creativity.This is a serious problem for the current era of globalization.Even so, technological developments have benefited many human lives, especially for the world of education.This is a challenge for a teacher in modifying learning to be more innovative and interesting without leaving the values of the Indonesian cultural character.An ordinary history teacher with a discussion of the past, present, and future, continues to develop his creativity by modifying learning media by utilizing the impact of technology.Historical subjects can be combined with innovative learning media and contained character values.Basically globalization does not have to damage the educational order, but must be a bridge to achieve success in the future. Students in the globalization era must be smarter and more innovative.History teachers have a very important role in their students in shaping the character of children through innovative learning and fostering a high creativity of children.

ABSTRAK:   Guru merupakan elemen penting dalam pendidikan yang sangat penting. Di era globalisasi ini banyak tantangan yang di hadapi oleh seorang guru dalam mengajar anak didiknya. Masuknya budaya-budaya Barat banyak mengganggu nilai-nilai kearifan lokal bagi generasi muda. Fasilitas dari IPTEK banyak menghabiskan waktu generasi muda dalam beraktivitas dan berfikir. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), banyak menawarkan berbagai fasilitas dunia maya yang sangat memanjakan generasi muda. Tidak jarang fasilitas dari IPTEK tersebut banyak dinikmati generasi muda dan mereka lupa akan waktu untuk berkreativitas. Hal tersebut merupakan suatu masalah yang serius bagi era globalisasi saat ini. Meskipun demikian, perkembangan teknologi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia, terutama bagi dunia pendidikan. Ini menjadi tantangan bagi seorang guru dalam memodifikasi pembelajaran menjadi lebih inovatif dan menarik tanpa meninggalkan nilai-nilai karakter budaya bangsa Indonesia. Seorang guru sejarah yang biasa dengan pembahasan masa lalu, sekarang, dan masa yang akan datang, terus berupaya mengembangkan kreativitasnya dengan memodifikasi media pembelajaran dengan memanfaatkan dampak teknologi. Mata pelajaran sejarah dapat dipadukan dengan media pembelajaran yang inovatif dan terkandung nilai-nilai karakter. Pada dasarnya globalisasi bukan harus merusak tatanan pendidikan, namun harus menjadi jembatan untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Peserta didik yang ada di era globalisasi harus lebih cerdas dan lebih inovatif. Guru sejarah memiliki peran sangat penting kepada siswanya dalam membentuk karakter anak melalui pembelajaran inovatif dan menumbuhkan daya kreativitas anak yang tinggi.


Keywords


Guru Sejarah; Pendidikan Karakter; Peserta Didik; Globalisasi

Full Text:

PDF

References


Amiruddin, (2016). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional “Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global”. FIS UNM. Makasar.

Darmiatun & Daryanto, (2013). Pendidikan Karakter Disekolah. Yogyakarta: Gava Media

Daryanto & Rahardjo, Muljo, (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Joyoatmojo, S., (2011). Pembelajaran Efektif Pembelajaran yang Membelajarkan. Surakarta: UNS Press.

Kochhar, S.K, (2008). Pembelajaran Sejarah Teaching of History. Jakarta: Grasindo.

Kurniasih, I. & Sani, (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Kata Pena

Muchtar, (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Naim, N., (2009). Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurkholis, (2013). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Pujiriyanto, (2012). Teknologi Untuk Pengembangan Media & Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sanjaya, W., (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Yaumi, M., (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar, Dan Implementasi. Jakarta: Pranada Media Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.2246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.