Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS

Irwan Satria, Raden Gamal Tamrin Kusumah

Abstract


Hasil belajar IPS yang didapatkan oleh siswa usia sekolah dasar bervariasi mulai dari ketegori rendah, sedang dan tinggi. Nuansa tersebut berasal dari berbagai faktor. Faktor yang diteliti adalah variabel apersepsi dan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, kuesioner, dan wawancara untuk memperkuat analisis keterkaitannya. Uji t digunakan untuk mengetahui hubungan dari tiga variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara apersepsi terhadap hasil belajar IPS dimana Fhitung < Ftabel dengan α = 0,05 dengan (1,21 < 1,86 ). Korelasi positif juga didapatkan motivasi dengan hasil belajar IPS dimana dimana Fhitung < Ftabel dengan α = 0,05 dengan (1,03<1,86).


Keywords


Hasil Belajar IPS; Motivasi; Apersepsi

Full Text:

PDF

References


Amri, A., & Tharihk, A. J. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PEMBELAJARAN PROYEK PADA MATERI PENCEMARAN DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN. DIDAKTIKA BIOLOGI: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 103–112.

Dr. S. Chandrasekaran. (2014). Effectiveness of Synectics Techniques in Teaching of Zoology at Higher Secondary Level. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(8), 37–40.

Effendi, E., Mursilah, M., & Mujiono, M. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23. https://doi.org/10.30599/jti.v10i1.131

Fauziyyah, F. (2012). Hubungan Penerapan Apersepsi Oleh Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Di SMAN 1 Dukupuntang Kabupaten Cirebon. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Furnham, A. (2009). The validity of a new, self-report measure of multiple intelligence. Current Psychology, 28(4), 225–239. https://doi.org/10.1007/s12144-009-9064-z

Hanik, U., Wulan, N., & Mutmainah, M. (2018). APERSEPSI DALAM PEMBELAJARAN KAITANNYA DENGAN KESIAPAN DAN HASIL BELAJAR. Edu Math Journal Prodi Pendidikan Matematika, 6(2), 53–59.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan E-learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Husniah, H. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Birem Kabupaten Aceh Timur. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 2(2), 74–84.

Indrianti, R., Djaja, S., & Suyadi, B. (2018). PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 69–75.

Ismiyati, I. (2015). PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 GEDANGSARI - GUNUNGKIDUL MELALUI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 39. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p39-56

Jalil, M. (2016). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN TIPS POWERPOINT INTERAKTIF PADA MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN. REFLEKSI EDUKATIKA, 6(2). https://doi.org/10.24176/re.v6i2.604

Kusumah, R. G. T., & Munandar, A. (2017). Analysis Of The Relationship Between Self Efficacy And Healthy Living ‎Conciousness Toward Science Learning Outcome. EDUSAINS, 9(2), 132–138. https://doi.org/10.15408/ES.V9I2.2183

Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment Pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2), 7.

Ningsih, N., Mastuti, S. E., & Aminuyati, A. (2013). Perbedaan Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VII A. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(6).

Novena, V. V., & Kriswandani, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 189–196. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p189-196

Prasetyaningtyas, F. D. (2019). Inovasi Model Quantum Learning Menggunakan Teori Apersepsi Berbasis Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matakuliah Pendidikan IPS SD. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30651/else.v3i2.2682

Puteri, L. H. (2018). The Apperception Approach for Stimulating Student Learning Motivation. International Journal of Education, Training and Learning, 2(1), 7–12.

Rizkiana, F., Dasna, I. W., & Marfu’ah, S. (2016). PENGARUH PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(3), 354–362. https://doi.org/10.17977/JP.V1I3.6161

Strayhorn, T. L. (2008). How College Students’ Engagement Affects Personal and Social Learning Outcomes. Journal of College and Character, 10(2). https://doi.org/10.2202/1940-1639.1071

Supriyanto, -, & Supriyanto, -. (2012). PENGEMBANGAN EVALUASI PETA KONSEP UNTUK MENGUKUR STRUKTUR KOGNITIF PADA POKOK BAHASAN PEMBIASAN. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1071

Timmons, K. (2018). Educator Expectations in Full-Day Kindergarten: Comparing the Factors That Contribute to the Formation of Early Childhood Educator and Teacher Expectations. Early Childhood Education Journal, 46(6), 613–628. https://doi.org/10.1007/s10643-018-0891-0




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.2587

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.