Model Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal Pela Gandong Pada Pembelajaran IPS Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon

Anju Nofarof Hasudungan, Lianda Dewi Sartika

Abstract


Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) atau yang dikenal dengan Studi Sosial memiliki tujuan akhir untuk membekali individu dengan pengetahuan dan pemahaman untuk hubungan dan kehidupan yang damai. Seperti yang dilakukan SMPN 9 Kota Ambon dengan 99% perserta didiknya beragama Kristen/ Katolik dan SMPN 4 Salahutu Liang Maluku Tengah dengan peserta didik beragama 100% Islam yang telah menerapkan nilai pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian untuk melihat penerapan model pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS. Penelitian dilakukan pada November 2019 dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode studi kepustakaan, wawancara, dan observasi-partisipatoris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pendidikan perdamaian berbasis kearifan lokal pela gandong pada pembelajaran IPS dapat mencapai tujuan pendidikan perdamaian dan IPS.


Keywords


Pendidikan perdamaian; Kearifan lokal; Pela gandong; Ilmu Pengetahuan Sosial; Rekonsiliasi Konflik Ambon.

Full Text:

PDF

References


Amirrachman, M.A. (2018). Peace education in the Moluccas , Indonesia : between global models and local interests. UvA-DARE (Digital Academic Repository).

Bajaj, M. (2015). “Pedagogies of resistance” and critical peace education praxis. Journal of Peace Education, 12(2), 154–166. https://doi.org/10.1080/17400201.2014.991914

________(2016). Introduction: Theory, Research, and Praxis of Peace Education in Peace Education: International Perspectives. New York: Bloomsbury.

Bräuchler, B. (2017). Dimensi Budaya Dalam Perdamaian Sebuah Kisah Tentang Desentralisasi dan Rekonsiliasi di Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Cardozo, M. T. A. L. (2008). Sri Lanka: In Peace or in Pieces? A Critical Approach to Peace Education in Sri Lanka. Research in Comparative and International Education, 3(1), 19–35. https://doi.org/10.2304/rcie.2008.3.1.19.

Golding, D. (2017). Border cosmopolitanism in critical peace education. Journal of Peace Education, 14(2), 155–175. https://doi.org/10.1080/17400201.2017.1323727.

Mac Ginty, R. & Richmond, O. (2007). Myth or Reality: Opposing Views on the Liberal Peace and Post-War Reconstruction. USA: Global Society 21.

Ndura-Ouedraogo, Elavie. (2009). The Role of Education in Peace-Building in the African Great Lakes Region: Educators' Perspectives. Journal of Peace Education, v6 n1 p37-49. https://doi.org/10.1080/17400200802655130.

Paulo Freire. (2003). https://archive.is/20030715084613/http://mingo.info-science.uiowa.edu/~stevens/critped/page1.htm p.1, diakses tanggal 12 November 2019 pukul 20.30

Salomon, G. (2004). Comment: what is peace education?. Journal of Peace Education, Vol. 1, No. 1. https://doi.org/10.1080/1740020032000178348.

Sibarani, Robert. (2012). KEARIFAN LOKAL : Hakikat, Peran, dan Metode Tradisi Lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Sukendar, S. (2011). Pendidikan Damai (Peace Education) Bagi Anak-Anak Korban Konflik. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 271. https://doi.org/10.21580/ws.2011.19.2.158

Trifonas, P. P. & Wright, B. (2013). Introduction," in Critical Peace Education: Difficult Dialogues. New York: Springer.

Trijono, L. (2009). Pembangunan Perdamaian Pasca-Konflik di Indonesia : Kaitan perdamaian, pembangunan dan demokrasi dalam pengembangan kelembagaan pasca-konflik. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 13, 48–70.

UNICEF.2002. https://www.unicef.org/indonesia/id/pusat-pers.p1, diakses tanggal 15 November 2019 pukul 16.30




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.