Sekolah : Kajian Teoretik Perspektif Sosiologi Organisasi

Siti Ngaisah Nurochim, Nurochim Nurochim

Abstract


Sekolah merupakan salah satu tempat di mana individu menghabiskan waktu yang cukup lama. Sekolah sebagai harapan pembangunan sebuah negara, sehingga sebuah negara dapat berkembang dan semakin maju. Sekolah adalah sarana pengembangan manusia yang berkualitas. Namun demikian pelaksanaan pada tingkat daerah hingga unit sekolah terdapat berbagai permasalahan yang dihadapi dalam mewujudkan tujuan tersebut. Permasalahan tersebut berupa masalah mutu sumber daya manusia pengelola sekolah, mutu sarana dan prasarana, kebijakan yang belum sesuai dengan kondisi sekolah. Permasalahan-permasalahan tersebut harus diselesaikan, sehingga tidak menimbulkan intensitas resiko yang semakin tinggi. Artikel ini berupaya untuk menguraikan secara teoretik kajian sosiologi organisasi dapat digunakan untuk mengurai permasalahan organisasi sekolah. Uraian memuat bagaimana relasi antar manusia, relasi manusia dan kebijakan yang ada, relasi bagaimana manusia memahami, dan sejauh mana memenuhi standar nasional tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur. Menganalisis artikel jurnal terdahulu dalam kerangka pemikiran tokoh-tokoh sosiologis. Dalam kajian sosiologi organisasi individu di dalam sekolah memiliki pemahaman terhadap standar sesuai dengan latar belakang pendidikan dan sosial yang dimilikinya. Aturan juga dilaksanakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anggota organisasi sekolah


Keywords


Sosiologi; Organisasi; Sekolah

Full Text:

PDF

References


Carlson, D., & Lavertu, S. (2018). School Improvement Grants in Ohio: Effects on Student Achievement and School Administration. Educational Evaluation and Policy Analysis, XX(X), 016237371876021. https://doi.org/10.3102/0162373718760218

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231-242.

Dominguez Alonso, J., Lopez-Castedo, A., & Pino Juste, M. (2009). School violence: evaluation and proposal of teaching staff. Perceptual and Motor Skills, 109(2), 401–406. https://doi.org/10.2466/PMS.109.2.401-406

Gonsoulin, S., Zablocki, M., & Leone, P. E. (2012). Safe Schools, Staff Development, and the School-to-Prison Pipeline. Teacher Education and Special Education, 35(4), 309–319. https://doi.org/10.1177/0888406412453470

Grzesiuk, K. (n.d.). Traditional and Contemporary View of Social Aspects of Organizations in Sociology. Retrieved November 15, 2018, from https://pracownik.kul.pl/files/12359/public/grzesiuk/sociology_of_organizations/2._traditional_and_contemporary_views.pdf?1461835929538

Heckscher, C. (2009). The Oxford Handbook of Sociology and Organization Studies: Classical Foundation. In The Oxford Handbook of Sociology and Organization Studies: Classical Foundations. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199535231.003.0027

Irfan Ahmed Shaikh, Arshad Islam, & Bashir Ahmed Jatoi. (2018). Bureaucracy: Max Weber’s Concept and Its Application to Pakistan. International Relations and Diplomacy, 6(4), 251–262. https://doi.org/10.17265/2328-2134/2018.04.004

Kemendikbud. (2016). Lampiran 15 Permendikbud Nomor 24. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMP/MTs. Permendikbud Nomor 24 Tahun, (1), 1–6.

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. , Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia § (2016).

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian. , (2016).

Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. , (2008).

Kinicki, A., & Kreitner, R. (2012). Organizational Behavior: Key Concepts, Skills, and Best Practices. New Delhi: TataMcGraw-Hill Education.

Lammers, C. J. (1978). The Comparative Sociology of Organizations. Ann. Rev. Sociol., 4, 485–510. https://doi.org/10.2307/2945979

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. , (2009).

Müller, W. (2005). Education and youth integration into European labour markets. International Journal of Comparative Sociology, 46(5–6), 461–485. https://doi.org/10.1177/0020715205060048

Ololube, N. P. (2017). The Place of School as a Formal Organisation and the Quality of Nigerian Education: A Systems Approach. Journal of Education and Society, 7(1), 40–56.

Parker, M. (2000). The Sociology of Organizations and The Organization of Sociology: Some Reflections on The Making of a Division of Labour. Sociological Review, 48(1), 124–146. https://doi.org/10.1111/1467-954X.00206

Pemerintah Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah RI Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. , (2013).

Prabowo, N. A., & Hidayah, N. (2015). Sistem Penetapan Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat Guru di Lingkungan Pemerintah Kota Magelang Berbasis Web. Scientific Journal of Informatics, 2(2), 155–164.

Raich, M., & Dolan, S. L. (2008). Beyond: Business and Society in Transformation. Basingstoke [England]; New York: Palgrave Macmillan.

Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. , Produk Hukum § (2003).

Sekolah/Madrasah, B. A. N. (2017). Prosedur Operasional Standar ( Pos ) Pelaksanaan Akreditasi Sekolah / Madrasah.

Sholihin, E. N. C., Bafadal, I., & Sunandar, A. (2018). Pengelolaan Persiapan Akreditasi Sekolah. Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(4), 171–178.

Sihombing, S. O., Pramono, R., Zulganef, & Ismanto, I. (2016). Instrumental and Terminal Values of Indonesian Micro-Finance Entrepreneurs: A Preliminary Report. International Journal of Economic Research, 13(3), 841–853.

Stone, D. C. (1990). Administrative Management: Reflections on Origins and Accomplishments. American Society for Public Administration, 50(1), 3–20.

Turkkahraman, M. (2015). Education, Teaching and School as A Social Organization. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 381–387. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.044

Tuulik, K., Õunapuu, T., Kuimet, K., & Titov, E. (2016). Rokeach’s Instrumental and Terminal Values as Descriptors of Modern Organisation Values. International Journal of Organizational Leadership, 5, 151–161. https://doi.org/10.1586/epr.11.40.Challenges

Willower, D. J., & Carr, C. F. (1965). The School as a Social Organization. Educational Leadership, (January).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.