Landasan Antropologi Pendidikan dan Implementasinya Dalam Pembangunan Indonesia

Rachmat Satria, Nur Amaliyah Hanum, Elvia Baby Shahbana, Achmad Supriyanto, Nurul Ulfatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan antropologi pendidikan dan implikasinya terhadap pembangunan nasional Indonesia. Artikel ini disusun menggunakan pendekatan studi kajian literatur, dimulai dari mengkaji teori-teori yang relevan dengan landasan antropologi dalam pendidikan, kemudiaan dilakukan telaah. Berdasarkan kajian yang dilakukan, diketahui bahwa para antropolog memainkan peran penting dalam membangun suatu negara, kajian-kajian para antropolog digunakan sebagai landasan bagi pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan-kebijakan pembangunan khusunya dalam pembangunan bidang pendidikan, pentingnya latar sosial antropologi diwujudkan dalam landasan pendidikan di Indonesia ini agar tidak terjadinya konflik dan ketimpangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat. 


Keywords


Landasan pendidikan; Antropologi pendidikan; Pendidikan multikultural

Full Text:

PDF

References


Alam, B. (2006). Antropologi dan Civil Society: Pendekatan Teori Kebudayaan. Antropologi Indonesia, 30(2), 193–200. https://doi.org/10.7454/ai.v30i2.3564

Apgar, D. (2006). Risk Intelligence. Massachusetts: Harvard Business School Press.

Demerath, P., & Mattheis, A. (2012). Toward common ground: The Uses of Educational Anthropology in Multicultural Education. International Journal of Multicultural Education, 14(3), 1–21. https://doi.org/10.18251/ijme.v14i3.622

Djoht, D. R. (2002). Penerapan Ilmu Antropologi Kesehatan Dalam Pembangunan Kesehatan Masyarakat Papua. Jurnal Antropology Papua, 1(1), 9–19.

Dumatubun, A. E. (2002). Kebudayaan, Kesehatan Orang Papua Dalam Perspektif Antropologi Kesehatan. Jurnal Antropologi Papua, 1(1), 24–33.

Ihromi, T. O. (2006). Pokok-Pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Jacob, T. (2006). Manusia Makhluk Gelisah, Melalui Lensa Bioantropologi. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Kapplan, D., & Manners, R. A. (2002). Teori Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karnawati, & Widodo, P. (2019). Landasan Filsafat Antropologi-Teologis Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Kristen. Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 3(1), 82–89.

Kemlu.go.id. (2019). Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Retrieved from https://kemlu.go.id/portal/id/read/113/halaman_list_lainnya/masyarakat-ekonomi-asean-mea

Kodiran. (2004). Pewarisan Budaya Dan Kepribadian. Humaniora, 16(1), 10–16. https://doi.org/10.22146/jh.v16i1.802

Koentjaraningrat. (1975). Anthropology in Indonesia. Gravenhage: Martinus Nijhoff.

Laksono, P. M. (2013). Kontekstualisasi (Pendidikan) Antropologi Indonesia. Jurnal Komunitas, 5(1), 101–111.

Mahmud, & Suntana, I. (2012). Antropologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Manan, I. (1989). Anthropologi Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Mardia, & Rahmat, A. (2018). Sosio Antropologi Pendidikan. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Marzali, A. (2000). Pendidikan Antropologi dan Pembangunan Indonesia. Antropologi Indonesia, 62, 96–107. Retrieved from http://journal.ui.ac.id/index.php/jai/article/view/3396/2677

Menkes, J. (2005). Executive Intelegence. New York: Harper Collins Publisher.

Ninsiana, W. (2016). Revolusi Mental Bidang Pendidikan Pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Tarbawiyah, 13(1), 121–147.

Rohmad, Z. (2018). Problematika Pendidik Sosiologi Antropologi Di Masyarakat Multikultural. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi Dan Antropologi, 2(1), 151–172.

Septiarti, S. W., Hanum, F., Wahyono, S. B., Astuti, S. I., & Efianingrum, A. (2017). Sosiologi Dan Antropologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Siregar, M. I. (2018). Pendekatan Antropologi dalam Pendidikan Islam untuk Merawat Kemajemukan. Aceh Anthropological Journal, 2(1), 27–53.

Soedomo. (1989). Landasan Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sumilih, D. A. (2015). Pendidikan Antropologi: Tantangan, Harapan, Dan Peluang Menuju Masyarakat Ekonomi Asean 2015. SEMINAR NASIONAL “Revolusi Mental Dan Kemandirian Bangsa Melalui Pendidikan Ilmu- Ilmu Sosial Dalam Menghadapi MEA 2015,” (November), 51–67.

Supardan, H. D. (2008). Pengantar Ilmu Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Swasono, M. F. (2006). Antropologi dan Integrasi Nasional. Antropologi Indonesia, 30(1), 101–122. https://doi.org/10.7454/ai.v30i1.3557

Tan, V. S. L. (2002). Changing Your Corporate Culture. Singapore: Times Books International.

Thomas, D. C., & Inkson, K. (2004). Cultural Intelegence. San Fransisco: Berrett-Koehler Publisher. Inc.

Tilaar, H. A. R. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya.

Toenlioe, A. J. E. (2017). Pengembangan Kurikulum: Teori, Catatan Kritis, dan Panduan. Bandung: Refika Aditama.

Uno, H., & Lamatenggo, N. (2016). Landasan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2718

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.