Kajian Literasi Ekonomi Siswa Sekolah Menengah Atas Al-Amanah Ciwidey

Citra Anggreini, Ikaputera Waspada

Abstract


Literasi ekonomi sangat perlu diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern abad 21. Berbagai upaya telah dilakukan dibeberapa Negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi ekonomi siswa, misalnya upaya diluncurkannya kurikulum baru 2013. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui literasi ekonomi bagi individu maupun rumah tangga terutama pada siswa yang menginginkan mencapai kesejahteraan untuk belajar meningkatkan literasi ekonomi dapat berefek pada akumulasi aset, proteksi dan meningkatkan tabungan. Metode penelitian digunakan dalam deskriptif eksplanatori melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X IPS berjumlah 216 orang, sementara yang menjadi sampelnya adalah kelas X IPS 5 dan X IPS 6 berjumlah 68 orang. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil rata-rata kemampuan literasi ekonomi siswa adalah 14,39 yang berarti bahwa siswa kelas X SMA Al-Amanah Ciwidey memiliki kemampuan literasi ekonomi pada kategori sangat rendah. Dengan demikian perlu dilakukan langkah yang lebih baik agar dapat meningkatkan kemampuan literasi ekonomi siswa misalnya dengan penerapan metode pembelajaran yang berkaitan dengan penerapan kemampuan literasi ekonomi.


Keywords


Literasi ekonomi; Abad 21; Aset; Utang; Proteksi; Menabung; Pengeluaran

Full Text:

PDF

References


Agip, dkk. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung : Yrama.

Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi Dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Edutama, 3(2), 49-58.

Baroya, E. P. I. H. (2018). Strategi Pembelajaran Abad 21 - Lpmp Jogja. I(01), 101–115.

Drifanda, V. (2018). Equilibria Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 3(1).

Hambali, G. (2016). Literasi Ekonomi di Sekolah. 3(5), 42–52.

Happy, N., & Widjajanti, D. B. (2014). Keefektifan Pbl Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematis, Serta Self-Esteem Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 48. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2663

Indah, H., & Herwanto, J. (2014). Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 11(Juni), 5–11.

Iqomudin, M. A. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga Dan Latar Belakang Sosial- Ekonomi Orang Tua Terhadap Pengambilan Keputusan Berkonsumsi Pada Mahasiswa Pendidikan Ips Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi.

Iskandar, & Rahmayanti. (2018). Pengaruh Gaya Hidup , Kelompok Teman Sebaya , dan Literasi Ekonomi terhadap Perilaku Konsumsi. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 9(2), 93–104.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-1. Jmk, 17(1), 76–85. https://doi.org/10.9744/jmk.17.1.76

Melina, A., & Wulandari, S. (2013). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi STKIP YPM Bangko. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Mulyati. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek Terhadap Literasi Ekonomi Dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu|perpustakaan.upi.edu. 1–6.

Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh Literasi Ekonomi Siswa, Hasil Belajar Ekonomi, dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa SMP Negeri di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 127-156.

Rahmi, E. (2018). Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi, 8(2), 127–135. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi Available at h

Sina, P. G. (2012). Analisis Literasi Ekonomi. Jurnal Economia, 8(2), 135–143. https://doi.org/10.21831/economia.v8i2.1223

Solihat, N. A., & Arnasik, S. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi. Oikos : Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 141–152.

Subandiyah H. (2017). Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Paramasastra, 2(1).

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.