Kajian Tentang Pemecahan Masalah Pembelajaran Ekonomi Siswa Di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang

Santi Santi, Ikaputera Waspada

Abstract


Pada pembelajaran abad 21, pemecahan masalah sangat diperlukan untuk menentukan tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam pengembangan pemecahan masalah ekonomi yaitu dengan adanya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013. Tujuan penelitian untuk medeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran soal tes terkait tentang pemecahan masalah dengan materi pasar modal. Responden dalam penelitian ini siswa kelas X IPS di Madrasah Aliyah Negeri 4 Karawang yang berjumlah 63 siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa faktor yang paling dominan dalam pemecahan masalah adalah mengidentifikasi masalah yang berada pada persentase 0,89%, kedua memeriksa kembali dengan persentase 0,495, menentukan tujuan 0,32%, melaksanakan strategi 0,29% dan menentukan strategi berada pada tingkat paling rendah yaitu berada pada persentase 0,031%. Dengan hasil tersebut perlu dilakukan lagi pelatihan pemecahan masalah bagi peserta didik, agar tujuan yang diinginkan dapat diperoleh


Keywords


Pemecahan Masalah; Abad 21; Pasar Modal

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2), 216–231. https://doi.org/10.22373/jid.v12i2.449

Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara

Arningsih, N. P. W. D., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2018). Komparasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Asissted Individualization Dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas VIII SMP. 1, 96–106.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Dwianjani, N. K. V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.276

Ektin Ardayeni, Yuyu Yuhana, A. H. (2019). Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ). 5(3), 26–35. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hiebert, J., Carpenter, T. P., Fennema, E., Fuson, K., Human, P., Murray, H., Olivier, A., & Wearne, D. (1996). Problem solving as a basis for reform in curriculum and instruction: The case of mathematics. Educational Researcher, 25(4), 12–21. https://doi.org/10.3102/0013189X025004012

Muh, L., Wirya, S., Parwata, L. A., & Wijaya, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Gi. 8(2), 265–280.

Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(2). https://doi.org/10.17509/eh.v3i2.2807

Muthmainna Rianto, V. E. Y. & A. N. (2017). Kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan teori john dewey pada materi trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(7).

Narso, D., Suyitno, H., & Artikel, I. (2013). Unnes Journal of Mathematics Education Research. 2(1), 76–83.

Rosdianwinata, E. (2015). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 1–8.

Ruskandi, K., & Hendra, H. (2016). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik, 10(2), 66–73. https://doi.org/10.17509/md.v10i2.3184

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA. JPS (Jurnal Pendidikan Sains), 4(2), 60–64. https://doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183

Tsai, F. (2017). Article information : Learning attitudes and problem solving attitudes for blended problem-based learning.

Zulkarnain, I. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan. Jurnal Formatif, 5(1), 42–54.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.