Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Maps Pada Mata Pelajaran IPS di SMPN 2 GRATI

Tri Ajeng Nurul Latifah, I Dewa Putu Eskasasnanda, Bayu Kurniawan

Abstract


Artikel ini bertujuan mengembangkan media puzzle maps pada materi negara-negara ASEAN. Media pembelajaran puzzle maps merupakan media pembelajaran IPS yang dipadukan dengan model pembelajaran team quiz dan dikembangkan berdasarkan permainan. Metode penelitian ini  menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall, pengembangan produk yang akan dilakukan peneliti sampai proses uji coba skala besar. Media puzzle maps yang telah melalui tahap validasi dan dinyatakan valid untuk digunakan dengan hasil validasi yang diberikan oleh ahli media mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan 3.31. Hasil validasi yang diberikan oleh ahli materi mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan 3,37. Sedangkan, hasil validasi oleh praktisi pendidikan mendapatkan hasil rata-rata keseluruhan 3,89. Uji coba media puzzle maps pada tahap uji coba lapangan terbatas menghasilkan rata-rata keseluruhan 3,61. Hasil uji coba kelayakan media puzzle maps pada tahap uji coba lapangan lebih luas mendapatkan rata-rata keseluruhan 3,65. Pengembangan media ini dapat menambah pemahaman peserta didik terhadap materi negara-negara ASEAN dan membentuk kerjasama pada proses pembelajaran


Keywords


Media; Puzzle Maps; Team Quiz; Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Anugrahini, R. (2018). Pengembangan Media Peta Puzzle Pada Materi IPS Membaca Peta Lingkungan Setempat. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 6, No 12.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Eskasasnanda, I. D. (2017). Causes and Effects of Online Video Game Playing Among Junior-Senior High School Students in Malang East Java. Komunitas: International Journal of Indonesian Society and Culture, Vol.9, No 2.

Handayani, I. K. (2015). Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa SMA yang di Belajarkan dengan Model Pembelajaran Problrm Based Learning dan Project Based Learning. jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Ghanesha, 2.

Khasanah, E. (2015). Pelaksanaan Penilaian Auntentik Pada Kurikulum 2013 di SD Kota Mojokerto. Malang: KSDP UM, 1.

Kurniawan, B. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Nilai Simbolisme Kain Songket untuk Meningkatkan Solidaritas Sosial Siswa SMP Negeri 6 Kayuagung. Historika: Jurnal Universitas Sebelas Maret , Vol. 20, No 1.

Mumtahana, O. A. (2015). Penggunaan Media Blank Map Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Materi Kenampakan Alam Amerika Siswa MI AL Fattah Malang.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran . Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.

Purnomo, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 71.

Rahmawati, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PUZCITA (Puzzle Cinta Tanah Air) untuk Peningkatan Hasil Belajar SUB Materi Keragaman Fauna di Indonesia Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMPIT Insan Permata Bojonegoro. Jurnal Mahasiswa. UNESA, Vol. 5, No. 7.

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0.

Rokhmah, F. N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam 'Masa Rasulullah Periode Mekah' Berbasis Accelerated Learning. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Purwokerto .

Sadiman, A. (2010). Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sariyatun. (2012). Model Pembelajaran IPS berbasis Nilai Budaya Lokal Batik Klasik untuk Menguatkan Jati Diri Bangsa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Situmorang, M. A. (2012). Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana Melalui Media Pembelajaran Puzzle. Jurnal Bahasa, Vol. 28 No.1.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaputra, E., & Dewi, D. E. C. (2020). Tradisi Lisan sebagai Bahan Pengembangan Materi Ajar Pendidikan IPS di SMP: Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5 (1): 51-62.

Tantiyo, R. W. (2018). Technological Pedagogical Knowledge (TPK) Pendidikan Sejarah Se Kabupaten Jember.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyuningtyas, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia. journal2.um.ac.id, 34-41.

Walter R. Borg, Meredith D. Gall. (2007). Education Research: An Instroduction. 8 Penyunt. New York: Longman.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.