Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Media Visualisasi Museum Purbakala Sangiran untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMA N 1 Gemolong

Mia Nurvita Sari, Sariyatun Sariyatun, Nur Fattah Abidin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA N 1 Gemolong melalui penerapan model CTL dengan media visualisasi museum purbakala Sangiran. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan proses pembelajaran sejarah di kelas X IPS 3. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model CTL dengan media visualisasi museum purbakala Sangiran dapat meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa. Keberhasilan ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa dari tahap pra-siklus hingga siklus III. Peningkatan ini telah melampaui target keberhasilan yaitu kesadaran sejarah siswa 75% dan ketuntasan hasil belajar siswa 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah model CTL dengan media visualisasi museum purbakala Sangiran efektif meningkatkan kesadaran sejarah dan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 SMA N 1 Gemolong.


Keywords


model CTL; media visualisasi museum purbakala Sangiran; kesadaran sejarah; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Ombak.

Arikunto, S., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Atno. (2010). Meningkatkan hasil belajar sejarah siswa melalui pendekatan pembelajaran kontekstual dengan media vcd pembelajaran. Paramita : Historical Studies Journal Volume 20 Nomor 1 - Januari 2010 [ISSN: 0854-0039] Halaman 92-104)., 20(1).

Awanda, I., Rochmiyati, R., & Sugiyanto, S. (2018). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi 7(6).

Fadillah, A., Dewi, N. P. L. C., Ridho, D., Majid, A. N., & Prastiwi, M. N. B. (2017). The effect of application of contextual teaching and learning (CTL) model-based on lesson study with mind mapping media to assess student learning outcomes on chemistry on colloid systems. In International Journal of Science and Applied Science: Conference Series (Volume 1, Nomor 2, Pp. 101-108).

Gagné, R. M., & Gagné, R. (1985). Conditions of learning and theory of instruction. Holt, Rinehart and Winston.

Garry, R., & Kingsley, H. L. (1970). Sifat dan kondisi pembelajaran. Prentice Hall.

Johnson, E. B. (2010). Contextual teaching and learning: Menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna (Terjemahan Setiawan Ibnu). Bandung: Kaifa (Buku asli diterbitkan tahun 2002).

Kartodirdjo, S., & Pusposaputro, S. (1992). Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Gramedia Pustaka Utama.

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1905

Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH: IDENTIFIKASI PADA SILABUS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 11–25.

Moloeng, L. J. (2010). Metodeologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Menengah. Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Pratama, F. (2019). SITUS KRATON PLERED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SEJARAH. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 68–77.

Putro, H. P. N. (2012). Model Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Melalui Pendekatan Inkuiri. Pramita : Historical Studies Journal Volume 22 Nomor 2 Halaman 207-208.

Sariyatun, S. (2013). Pengembangan Model Pendidikan Nilai-Nilai Budaya Di Smp Berbasis Tradisi Seni Batik Klasik Surakarta. Paramita: Historical Studies Journal, 23(2).

Setiyani, E., Musadad, A. A., Wahyuni, S., & Abidin, N. F. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Kerja Sama Melalui Pendekatan 4C dan Problem Posing dalam Pembelajaran Sejarah di Kelas X IPS 2 SMAN 8 Surakarta. Yupa: Historical Studies Journal, 2(2), 126-136.

Soedjatmoko. (1992). "Antara Filsafat dan Kesadaran Sejarah" dalam William H. Frederick dan Soeri Soeroto. (1982). Pemahaman Sejarah Sebelum dan Sesudah Revolusi. Jakarta: LP3ES.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media pengajaran. Bandung: sinar baru Algensindo.

Sugiyanto. (2009). Model-model pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru (PSG).

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124–135. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1910

Susilo, A., & Isbandiyah, I. (2019). Peran Guru Sejarah dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak Era Globalisasi. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 171–180. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.2246

Thorp, R. (2014). Towards an epistemological theory of historical consciousness. Historical Encounters, 1(1), Pp.20-31.

Wiriaatmadja, R. (2002). Menyegarkan Kembali Model Pendekatan Inkuiri di Kalangan Pengajar Sejarah : Pendidikan Sejarah Indonesia Perspektif Lokal, Nasional, dan Global. Bandung : Historia Utama Press.

Yusnita, & Muznir. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Pelajaran IPS Dengan Contextual Teaching Learning Melalui Media Gambar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 4 Nomor 1 Maret 2017, Halaman 23-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.