Meningkatkan Pendidikan Karakter dan Pemahaman Konsep Geografi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Google Form

Hutri Yani

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan di SMA 10 Rejang Lebong pembelajaran yang berorientasi terhadap sikap dan perilaku keruangan menjadi terlupakan ketika geografi menjadi salah satu mata pelajaran yang masuk kedalam ujian nasional. Orientasi pembelajaran geografi terfokus untuk meluluskan peserta didik dalam ujian nasional. Sehingga pembentukan pendidikan karakter dan pemahaman konsep siswa terabaikan. Selain itu, pembelajaran di kelas XI IPS masih sering didominasi oleh guru, melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran Geografi. Dari nilai rata-rata pada siklus I  74,16 pada siklus II  meningkat menjadi 78,83. Adapun indikator pendidikan karakter yang meningkat terdiri dari religus dan jujur, toleransi, Disiplin dan demokratis.


Keywords


Model Pembelajaran STAD; Pemahaman Konsep; Pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2008). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Karya.

Berkowitz, M.W. & Bier, M.C. (2005). What Works In CharacterEducation: A Research-Driven Guide for Educators. Washington DC: Univesity of MissouriSt Louis.

Dewi, Erni Ratna. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Pembelajar : Jurnal Ilmu pendidikan, Keguruan dan pembelajaran, 2(1):46.

Esmael, Dari Asnulat & Nafiah. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. Edustream : Jurnal pendidikan Dasar, II(1):18.

Huda, Miftahul. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif (Referensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran).Medan: Media Persada.

Kurniasih, imas dan Sani Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Pendidik. Yogyakarta : Kata Pena.

Komulasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Aditama.

Maunah, Binti. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam pembentukan kepribadian holistic siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1): 93 .

Mardiana, Tria & Arif Wiyat Purnanto. (2017). Google Form sebagai alternative pembuatan latihan soal evaluasi. The 6thUniversity Research Colloquium : Universitas Muhamadiyah Magelang.

Nurhadi. Senduk, Agus Gerad. (2003). Pembelajaran Konstektual dan Penerapannya dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang.

Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1):27.

Nursid Sumaatmadja. (2001). Metode Pembelajaran Geografi. Bumi Aksara. Jakarta

Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Upaya Pendidikan. Manajer Pendidikan, 9(3):467.

Rahman, Abdi Maulana. Budijanto dan I nyoman Ruja. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI. Jurnal Pendidikan, 3(2):174-177.

Riskyanti, Yulis. Hasmunir dan Syamsul Bardi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Berbantuan Media Roda Impian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 1(1):236.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sianipar, Anton Zulkarnain. (2019). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kepuasan Pelayanan Masyarakat. JISAMAR: Journal Of Information System, APPlied, Management, Accounting And Research, 3(1):22.

Sidauruk, Tumiar. (2013). Pendidikan Geografi Berbasis Karakter Sebagai Wahana Pembelajaran Kependudukan. JUPIIS , 5(2):103.

Suarbawa, I Putu. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Grafis Vektor. JP2: Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(1):59 .

Sundari, Kori & Septian Andriana. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Model Artikulasi Pada Mata Pelajaran IPS Di kelas V SDIT An-Badwah Bekasi. Pedagogik, VI(2):110.

Suwarti, Ch. Muryani & Sarwono. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Motivasi Belajar Geografi Terhadap Hasil Belajar Geografi Kompetensi Dasar Biosfer Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri di Purwokerto Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Jurnal GeoEco, 1(2):131.

Tanjung, Ratna. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan integrasi karakter terhadap pembentukan karakter dan hasil belajar pada materi pokok listrik dinamis di SMA negeri 1 Stabat. Semirata FMIPA Unila.

Thaufan & Sapriya. (2018). Pelembagaan Karakter Toleransi Siswa Melalui Program Pendidikan Berkarakter Purwakarta. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1):19.

Thoha . (2004). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Wardhani, IGK, (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.