Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)

Imra Rosdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran TPS (Think Pair Share). Adapun yang melatarbelakangi penelitian ini dikarenakan rendahnya minat belajar siswa yang menyebabkan hasil belajar siswa rendah di SMA 10 Rejang Lebong.  Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan pada sebanyak dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA 10 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi minat dan tes Hasil Belajar. Hasil Penelitian diperoleh minat belajar siswa meningkat Dari kategori Sedang pada siklus I menjadi kategori tinggi pada Siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 72,28 dengan ketuntasan klasikal 61.76%. Pada Siklus II nilai rata-ratanya naik menjadi 78.42 dengan ketuntasan klasikal 88.24%.


Keywords


Model Think Pair Share; Minat Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2000). Strategi Belajar Mengajar Kimia. Bandung : JICA IMSTEP UPI Bandung.

Aisyah, R. J & Koryati, D. (2017). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 4(1):10.

AL-Tabany, & Badar, T. I. (2014). Mendesain Model Pembeajaran. Jakarta : Prenada media Group.

Decroph, L. & Aliance Croph. (1984). Psikologi Belajar. Surabaya: Bina Ilmu.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, S. (2003). Pengantar Pendidikan. Surakarta: UNS Pers.

Hamalik, O. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi aksara.

Huda, M. (2015). Cooperative Learning “Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan”. Yogyakarta : Pusta Pelajar.

Jasdilla, L. K & Ramdhani. (2017). Hasil Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1):102.

Isjoni. (2009). Pembelajaran Kooperatif : Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembang Profesi Guru. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Lestari, R. B., Nulhaqim, S. A., & Irfan, M. (2019). Teamwork Pengembangan Kemitraan (Studi Kasus Kelompok Kerja Pengembangan Kemitraan Dalam Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Bogor). Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 191–212. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1952

Marlina, L. Habisukan, U.H & Arfika, D. (2017). Pengaruh Penerapan Model TPS (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Biologi Di Mts Negeri 1 Palembang. Bioilmi, 3(1):34.

Muslimin dkk, Ibrahim.(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA University Pres.

Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 145–155. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1929

Sardiman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT Rajagrafindo: Jakarta.

Satria, I., & Kusumah, R. G. T. (2019). Analisis Keterkaitan Motivasi Dan Apersepsi Terhadap Hasil Belajar IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 114–123. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.2587

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Slavin, R. E.(2009). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Paraktek. Bandung: Nusa Media.

Savitri, R. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economica :Journal of economic and Economic Education, 2(1):26.

Sofianti, D, Akhirmen & Areva, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Student Teams Archievement Division (STAD) Siswa Kelas XI IPS SMAN 11 Padang. Economica :Journal of economic and Economic Education, 1(2):117.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Suyatna, A. (2011). Model Pembelajaran PAIKEM. Bandar Lampung :Universitas Lampung.

Suwarno, W. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogjakarta : AR-Ruzz Media Jogjakarta.

Tirtarahardja, U. & La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.