Implementasi Penggunaan Smart Pocket And Questions Card dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Antusiasme Siswa Belajar Perpajakan

Emiliya Putri Zain

Abstract


Media pembelajaran yang dimaksudkan oleh Vernon S. Gerlach dan Donal F sangat kurang digunakan oleh guru ekonomi di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari guru yang masih menggunakan metode ceramah dan memberikan tugas dalam proses kegiatan belajar mengajar. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS1 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model pembelajaran Smart pocket dan Question Card. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi partisipan dan tes tertulis. Metode ini terbukti berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Perubahan nilai sikap dalam kategori sangat baik dan sangat antusias pada siklus 1 sebesar 20,00% sehingga termasuk kategori baik dan sangat antusias. Kenaikan sebesar siklus 2 sebesar 20,00%, artinya terjadi penurunan sebesar 20,00%. Penurunan ini disebabkan oleh adanya perubahan sikap antusias siswa dari antusias menjadi sangat antusias sebesar 20.00% atau terjadi perubahan yang sangat signifikan. Sehingga kesimpulan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media pembelajaran kreatif “Saku Cerdas dan Kartu Tanya” terbukti meningkat secara signifikan. Hal tersebut dapat mengundang antusias siswa untuk mempelajari konsep perpajakan pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Kota Bengkulu Semester 2 tahun pelajaran 2018-2019 yang sebesar 20,00%.


Keywords


smart pocket; question card; antusiasme siswa

Full Text:

PDF

References


Alidawati, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Berupa Rumah Adat Tentang Keragaman Budaya Di Indonesia Pada Pelajaran IPS Di Kelas V SD Negeri 03 Kota Mukomuko. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 78–84.

Amin, A., S., Z., & Astuti, S. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 96–113. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.1917

Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. CV. Yrama Widya.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Jordan, R. L. P., Bratsch-Hines, M., & Vernon-Feagans, L. (2018). Kindergarten and first grade teachers’ content and pedagogical content knowledge of reading and associations with teacher characteristics at rural low-wealth schools. Teaching and Teacher Education, 74, 190–204. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.05.002

Julaila. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 01 Mukomuko Menggunakan Media Torso. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 51–62. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1405

Krismawati, N. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Penulisan Sejarah Berbasis Model Project-Based Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 156–170. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1905

Masniwati, H. B. (2018). Upaya Meningkatkan Aktifits dan Hasil Belajar Peserta Didik kelas IV SD Negeri 45 Mataram Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Penerapan Pendekatan Cooperative Learning (CL) Tipe Jigsaw. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(1), 22–30. https://doi.org/2442-9511

Pratama, F. (2019). SITUS KRATON PLERED SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN REKONSTRUKSI SEJARAH. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 68–77.

Riyadi, A. (2019). MERANTAU: SEBUAH PILIHAN ATAU KETERPAKSAAN? STUDI SUPIR ANGKUTAN KOTA PERANTAU BATAK ANGKOLA-MANDAILING DI KOTA BANDUNG. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 35–48.

Suharsono, S. (2017). Pendidikan Multikultural. EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.3

Sulistyo, W. D. (2019). Study on Historical Sites: Pemanfaatan Situs Sejarah Masa Kolonial di Kota Batu sebagai sumber pembelajaran berbasis outdoor Learning. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 124–135. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I2.1910

Triwiyanto, T. (2013). Pemetaan mutu manajemen berbasis sekolah melalui audit manajemen pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan.

Vernon, P. E., & Gage, N. L. (1965). Handbook of Research on Teaching. British Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.2307/3119055

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA GLOBAL. Jurnal Pendidikan.

Yanni, R. P. (2018). Persepsi Mahasiswa PPKn Tentang Pelaksanaan dan Kebijakan Uang Kuliah Tunggal di Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education. https://doi.org/10.24036/jce.v1i1.6




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.