Tradisi Meganan dan Muatan Pendidikan Nilai sebagai Enrichment dalam Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Trenggalek
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aibak, K. (2010). Fenomena Tradisi Megengan di Tulungagung. Millah, 10(1), 68–86. https://doi.org/10.20885/millah.vol10.iss1.art5
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions Approaches (2nd ed.). California: Sage Publications, Inc.
Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.
Davis, A. . (2006). Anak Berbakat dan Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Indeks.
Geertz, C. (2017). Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi. Depok: Komunitas Bambu.
Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.
Laily, R. N. (2020). Mengulik Filosofi Megengan, Tradisi Khas Jawa Timur untuk Sambut Bulan Puasa Ramadan. Retrieved December 16, 2020, from Merdeka website: https://www.merdeka.com/jateng/mengulik-filosofi-megengan-tradisi-khas-jawa-timur-untuk-sambut-bulan-puasa-ramadan.html
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 11–25. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/11-25
Rachmawati, H. R. (2018). Menggali nilai filosofi budaya Jawa sebagai sumber karakter generasi milenial : Konseling SFBT. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 327–337.
Ridho, A. (2019). Tradisi Megengan dalam Menyambut Ramadhan: Living Qur’an Sebagai Kearifan Lokal Menyemai Islam di Jawa. Jurnal Literasiologi, 1(2 Juli-Desember), 24–50.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membetuk Karakter Bangsa. Kalpataru, 6(2), 114–117.
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.
Surya, R. A., Handayani, S., & Soepeno, B. (2015). Penerapan Remedial Dan Enrichment Model Renzulli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Smk Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(I), 1–7.
Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Keraifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education, 1 (2), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1321
Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.163
Tricahyono, D. (2020). Mengemas Pembelajaran Sejarah Supaya Lebih Menarik. Retrieved December 16, 2020, from Heuristik.id website: https://heuristik.id/mengemas-pembelajaran-sejarah-supaya-lebih-menarik/
Tricahyono, D., & Sariyatun. (2021). Tradisi Ulur-Ulur Ditinjau Dari Pendekatan Konstruktivisme Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran IPS. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(01), 79–88.
Tricahyono, D., Sariyatun, & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294
Tricahyono, D., & Widiadi, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning Di SMA Trenggalek. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(2), 208–221. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v10i2.6462
Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development, 3(4), 199–209. https://doi.org/10.15640/jehd.v3n4a18
Wartoyo, F. X. (2017). Kearifan Lokal Budaya Jawa Dalam Perspektif Pancasila. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.21776/ub.waskita:jurnalpendidikannilaidanpembangunankarakter.2018.002.02.8
Zuhroh, K., & Sholihuddin, M. . (2019). Nilai-Nilai Toleransi Antar Sesama Dan Antar Umat Beragama (Studi Pandangan KH. Sholeh Bahruddin). Multicultural Islamic of Education, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/ims.v3i1.1730
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.3893
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278
jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.