Tradisi Meganan dan Muatan Pendidikan Nilai sebagai Enrichment dalam Pembelajaran Sejarah di Kabupaten Trenggalek

Danan Tricahyono

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini untuk memberikan konstribusi dalam pembelajaran sejarah dengan mengeksplorasi pendidikan nilai dalam tradisi megengan. Pendidikan nilai bermanfaat sebagai sarana membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap beberapa informan untuk mengetahui tata cara pelaksanaan megengan serta melakukan kajian literatur dari artikel, buku untuk melengkapi informasi tentang pendidikan nilai serta gagasan konseptual pembelajaran sejarah berbasis tradisi megengan. Hasil penelitian menunjukan jika megengan dari masa ke masa mengalami pergeseran dari segi pelaksanaanya. Tradisi megengan di dalamnya mengandung pendidikan nilai seperti: spritualitas, simpati, toleransi. Sebagai enrichment dalam pembelajaran sejarah tradisi megengan dapat dikemas menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan model siklus belajar. Tahap-tahap model siklus belajar meliputi: (a) diskaveri, (b) Pengenalan Konsep; dan (c) Aplikasi Konsep

 


Keywords


Megengan; Pendidikan Nilai; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Aibak, K. (2010). Fenomena Tradisi Megengan di Tulungagung. Millah, 10(1), 68–86. https://doi.org/10.20885/millah.vol10.iss1.art5

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Traditions Approaches (2nd ed.). California: Sage Publications, Inc.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Davis, A. . (2006). Anak Berbakat dan Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Indeks.

Geertz, C. (2017). Agama Jawa: Abangan, Santri, Priyayi. Depok: Komunitas Bambu.

Hasan, S. H. (2019). Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.

Laily, R. N. (2020). Mengulik Filosofi Megengan, Tradisi Khas Jawa Timur untuk Sambut Bulan Puasa Ramadan. Retrieved December 16, 2020, from Merdeka website: https://www.merdeka.com/jateng/mengulik-filosofi-megengan-tradisi-khas-jawa-timur-untuk-sambut-bulan-puasa-ramadan.html

Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 11–25. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/11-25

Rachmawati, H. R. (2018). Menggali nilai filosofi budaya Jawa sebagai sumber karakter generasi milenial : Konseling SFBT. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 327–337.

Ridho, A. (2019). Tradisi Megengan dalam Menyambut Ramadhan: Living Qur’an Sebagai Kearifan Lokal Menyemai Islam di Jawa. Jurnal Literasiologi, 1(2 Juli-Desember), 24–50.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, & Sepriady, J. (2020). Peran Pendidikan Sejarah Dalam Membetuk Karakter Bangsa. Kalpataru, 6(2), 114–117.

Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Edunomic, 4(1), 1–12.

Surya, R. A., Handayani, S., & Soepeno, B. (2015). Penerapan Remedial Dan Enrichment Model Renzulli Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Smk Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014 / 2015. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(I), 1–7.

Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Keraifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education, 1 (2), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1321

Syaputra, E., & Sariyatun, S. (2020). Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoritis terhadap Model dan Materi). Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 18-27. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.163

Tricahyono, D. (2020). Mengemas Pembelajaran Sejarah Supaya Lebih Menarik. Retrieved December 16, 2020, from Heuristik.id website: https://heuristik.id/mengemas-pembelajaran-sejarah-supaya-lebih-menarik/

Tricahyono, D., & Sariyatun. (2021). Tradisi Ulur-Ulur Ditinjau Dari Pendekatan Konstruktivisme Sebagai Upaya Penguatan Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran IPS. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(01), 79–88.

Tricahyono, D., Sariyatun, & Ediyono, S. (2020). Analisis Wacana Kritis Pendidikan Multikultural dan Pendidikan Nilai Dalam Buku Teks Sejarah SMA. Jurnal Ilmu Ilmu Sosial, 17(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/socia.v17i1.32294

Tricahyono, D., & Widiadi, A. N. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Resource Based Learning Di SMA Trenggalek. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(2), 208–221. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v10i2.6462

Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development, 3(4), 199–209. https://doi.org/10.15640/jehd.v3n4a18

Wartoyo, F. X. (2017). Kearifan Lokal Budaya Jawa Dalam Perspektif Pancasila. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 2(2), 83–88. https://doi.org/10.21776/ub.waskita:jurnalpendidikannilaidanpembangunankarakter.2018.002.02.8

Zuhroh, K., & Sholihuddin, M. . (2019). Nilai-Nilai Toleransi Antar Sesama Dan Antar Umat Beragama (Studi Pandangan KH. Sholeh Bahruddin). Multicultural Islamic of Education, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/ims.v3i1.1730




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.3893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.