Kajian Masyarakat Adat Rumbio dan Relevansinya Sebagai Sumber Nilai Dalam Pembelajaran IPS

Ahmal Ahmal, Piki Setri Pernantah

Abstract


Permasalahan kerusakan hutan di Riau terjadi karena ulah manusia. Sikap peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan di Kenagarian Rumbio Provinsi Riau merupakan salah satu sumber nilai pendidikan karakter peduli lingkungan yang dapat di internalisasikan kepada peserta didik. Sumber belajar IPS ini dari budaya lokal dapat membentuk pengetahuan, sikap dan tindakan yang berupaya mencegah kerusakan hutan serta melakukan berbagai tindakan untuk pelestarian lingkungan. Fokus penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai karakter peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan masyarakat adat Kampar dan diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPS. Pendekatan kualitatif dilakukan dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga hal dalam pelestarian hutan larangan masyarakat adat Kampar di Kenagarian Rumbio, yakni; 1) cara pandang terhadap hutan sebagai bagian dari kehidupan masyarakat adat; 2) peran ninik mamak dalam masyarakat adat berupa aturan dan norma, pantang larang dan mitos, dan kemudian peran anak kemenakan dalam Yayasan Pelopor, Sentra Penyuluhan Kehutanan Pedesaan dan Kelompok Sadar Wisata atau Pokdarwis; dan 3) sistem pendidikan informal dalam membangun kesadaran ekologis terhadap hutan larangan kepada generasi muda. Kemudian, dapat diimplementasikan nilai karakter peduli lingkungan masyarakat adat Kampar terhadap hutan larangan di Kenagarian Rumbio dalam pembelajaran IPS untuk menumbuhkan kesadaran ekologis terhadap lingkungan dan hutan.


Keywords


Masyarakat Adat; Pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.

Almukhtar, Suwarma. (1999). Pengembangan berfikir dan Nilai dalam Pembelajaran Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Amir, M.S. (2003). Adat Minangkabau. Pola dan Tujuan Hidup Orang Minang. Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya.

Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelaja

Efendi, A. (2014). Implementasi Kearifan Budaya Lokal Pada Masyarakat Adat Kampung Kuta Sebagai Sumber Pembelajaran IPS. Jurnal: Sosio Didaktika, 1 (2), hlm. 211-218

Goleman D., M., Bennet L., Barlow Z (2012). Eco literacy, How Educators Are Cuktivating Emotional, Social and Ecological Intelligence. San Francisco: Jossey-Bass.

Hamid, H & Saebani, A. (2013). Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Kemdiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017a). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: kementerian pendidikan dan Kebudayaan.

Kemmis, S. and R. McTaggart (1990). The Action Research Planner. Geelong (Aust): Deakin University Press.

Keraf, A.S. (2010). Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Khan, R (2010). Critical pedagogy, Ecoliteracy, & Planetary Crisis, The Ecopedadagogy Movement. New York: Peter Lang.

Komalasari, K &Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter. Konsep dan Aplikasi Living Vlues Education. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lickona, T. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, terj. Juma Wadu Wamaungu & Jean Antunes Rudolf Zien dan Editor Uyu Wahyuddin dan Suryani. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Daerah Kabupaten Kampar Nomor: 12 tahun 1999 Tentang Hak Tanah Ulayat.

Pernantah, P. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), (2), 145-155. doi: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v1i2.1929

RiauPos.com tanggal 2 September 2013

Salim,E. (2013). Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: LP3ES.

Spradley, J. P. (2007). Metode Etnografi. Yogyakarta: PT tiara Wacana

Supriatna, Nana. (2016). Ecopedagogiy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tempo.com tertanggal 2 Januari 2017)

Tribun Pekanbaru, com tertanggal 20 November 2018

Trinirmalaningrum dkk. (2015). Dibalik Tragedi Asap. Catatan Kebakaran Hutan dan Lahan 2015. Jakarta: Y. Duta Kurnia Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.