Analisis Item Instrumen Pengukur Kompetensi Berpikir Kritis Siswa Berbasis ESD di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen yang berbasis Education for Sustainable Development (ESD) atau Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis dan menghasilkan instrument pengukur kompetensi berpikir kritis siswa berbasis ESD yang valid, reliabel, tingkat kesukaran, dan tingkat kesesuaian butir soal. Uji coba instrumen dilakukan kepada siswa kelas tinggi sebanyak 75 orang siswa di SDN 1 Jayaraga Kabupaten Garut. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dan angket kepribadian sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument yang dibuat valid berdasarkan diskusi tim riset dalam bentuk FGD (Forum Group Discussion). Kemudian kedua instrument dikatakan reliabel yang dibuktikan dengan nilai alpha Cronbach pada instrumen tes yaitu 0,66 dan instrumen angket yaitu 0,86. Selanjutnya tingkat kesukaran soal tes sebanyak 7 soal yang cenderung terhadap aspek mencipta (C6) sedangkan soal angket sebanyak 13 pernyataan sukar disetujui oleh responden yang condong terhadap aspek kesadaran praktik berkelanjutan. Kemudian analisis tingkat kesesuaian butir soal dengan perhitungan nilai logit pada outfit MNSQ mendekati 1, outfit ZSTD mendekati 0, dan Pt Mean Corr mendekati 0 bahwa tidak ada instrument yang perlu diubah atau diperbaiki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusti, K. A., Wijaya, A. F. C., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning Dengan Konteks Esd Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sustainability Awareness Siswa Sma Pada Materi Pemanasan Global. VIII, SNF2019-PE-175–182. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.22
Arifin, Z., & Retnawati, H. (2015). Analisis Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Matematika Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 20, 783–790.
Board, E. (2019). 206 EX/6.II Annex ANNEX Education for Sustainable Development: Towards achieving the SDGs (ESD for 2030). 1–11. https://en.unesco.org/themes/education-sustainable-development
Hassan, A., Noordin, T. A., & Sulaiman, S. (2010). The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1276–1280. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.187
Hoffmann, T., & Siege, H. (2018). What is Education for Sustainable Development (ESD)? Human Development, 1(8), 1–6. http://www.esd-expert.net/files/ESD-Expert/pdf/Was_wir_tun/Lehr- und Lernmaterialien/What_is_Education_for_Sustainable_Development.pdf%0Ahttp://www.esd-expert.net/teaching-and-learning-materials.html
Listiawati, N. (2011). Relevansi Nilai-Nilai ESD dan Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikannya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 135. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.13
Pappas, E., Pierrakos, O., & Nagel, R. (2013). Using Bloom’s Taxonomy to teach sustainability in multiple contexts. Journal of Cleaner Production, 48, 54–64. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.09.039
Pauw, J. B. de, Gericke, N., Olsson, D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 7(11), 15693–15717. https://doi.org/10.3390/su71115693
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah
Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Siraj-Blatchford, J. (2009). Editorial: Education for sustainable development in early childhood. International Journal of Early Childhood, 41(2), 9–22. https://doi.org/10.1007/BF03168875
Sumintono, B & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.Cimahi: Trim Komunikata
Sumintono, B & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan.Cimahi: Trim Komunikata
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: ALFABETA
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals. Paris: EducationCenter
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278
jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.