Analisis Item Instrumen Pengukur Kompetensi Berpikir Kritis Siswa Berbasis ESD di Sekolah Dasar

Syifa Novita Fauziyah, Ghullam Hamdu

Abstract


Penelitian ini merupakan pengembangan instrumen yang berbasis Education for Sustainable Development (ESD) atau Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian untuk menganalisis dan menghasilkan instrument pengukur kompetensi berpikir kritis siswa berbasis ESD yang valid, reliabel, tingkat kesukaran, dan tingkat kesesuaian butir soal. Uji coba instrumen dilakukan kepada siswa kelas tinggi sebanyak 75 orang siswa di SDN 1 Jayaraga Kabupaten Garut. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 15 butir soal dan angket kepribadian sebanyak 25 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument yang dibuat valid berdasarkan diskusi tim riset dalam bentuk FGD (Forum Group Discussion). Kemudian kedua instrument dikatakan reliabel yang dibuktikan dengan nilai alpha Cronbach pada instrumen tes yaitu 0,66 dan instrumen angket yaitu 0,86. Selanjutnya tingkat kesukaran soal tes sebanyak 7 soal yang cenderung terhadap aspek mencipta (C6) sedangkan soal angket sebanyak 13 pernyataan sukar disetujui oleh responden yang condong terhadap aspek kesadaran praktik berkelanjutan. Kemudian analisis tingkat kesesuaian butir soal dengan perhitungan nilai logit pada outfit MNSQ mendekati 1, outfit ZSTD mendekati 0, dan Pt Mean Corr mendekati 0 bahwa tidak ada instrument yang perlu diubah atau diperbaiki.


Keywords


Kompetensi Berpikir Kritis, Education for Sustainable Development (ESD), dan Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Agusti, K. A., Wijaya, A. F. C., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning Dengan Konteks Esd Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sustainability Awareness Siswa Sma Pada Materi Pemanasan Global. VIII, SNF2019-PE-175–182. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.22

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2015). Analisis Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Matematika Siswa SMA. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 20, 783–790.

Board, E. (2019). 206 EX/6.II Annex ANNEX Education for Sustainable Development: Towards achieving the SDGs (ESD for 2030). 1–11. https://en.unesco.org/themes/education-sustainable-development

Hassan, A., Noordin, T. A., & Sulaiman, S. (2010). The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1276–1280. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.187

Hoffmann, T., & Siege, H. (2018). What is Education for Sustainable Development (ESD)? Human Development, 1(8), 1–6. http://www.esd-expert.net/files/ESD-Expert/pdf/Was_wir_tun/Lehr- und Lernmaterialien/What_is_Education_for_Sustainable_Development.pdf%0Ahttp://www.esd-expert.net/teaching-and-learning-materials.html

Listiawati, N. (2011). Relevansi Nilai-Nilai ESD dan Kesiapan Guru Dalam Mengimplementasikannya di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(2), 135. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i2.13

Pappas, E., Pierrakos, O., & Nagel, R. (2013). Using Bloom’s Taxonomy to teach sustainability in multiple contexts. Journal of Cleaner Production, 48, 54–64. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2012.09.039

Pauw, J. B. de, Gericke, N., Olsson, D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability (Switzerland), 7(11), 15693–15717. https://doi.org/10.3390/su71115693

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Presiden No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Siraj-Blatchford, J. (2009). Editorial: Education for sustainable development in early childhood. International Journal of Early Childhood, 41(2), 9–22. https://doi.org/10.1007/BF03168875

Sumintono, B & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.Cimahi: Trim Komunikata

Sumintono, B & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch Pada Assesment Pendidikan.Cimahi: Trim Komunikata

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: ALFABETA

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals. Paris: EducationCenter




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.