Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran IPS Terpadu Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Di SMP Negeri 1 Bongo

Darwin Une

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batudaa dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif statistik sederhana yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk melihat sejauhmana pengaruh pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPS terpadu terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Bongo Batudaa Pantai. Berdasarkan hasil penelitian bahwa siswa di SMP Negeri 2 Bongo membutuhkan arahan dan bimbingan guru dalam memecahkan setiap Langkah-langkah dalam pendekatan saintifik. Hal ini terbukti dengan beberapa indikator yang diterapkan dalam pendekatan saintifik, selalu memperoleh skor yang rendah, tetapi dengan adanya arahan dan bimbingan dari guru, hasil belajar yang didapatkan mengalami peningkatan.


Keywords


Pembelajaran IPS, Pendekatan Saintifik Hasil Belajar

Full Text:

PDF PDF

References


Lexy J. Moleong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maryani, Ika dan Fatmawati, Laila. (2015) Pendekatan Sientific Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Deepublish.

Muhamad Kaulan Karima & Ramadhani.”Permasalahan Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya”, dalam Jurnal Itihad, Vol. II, No. 1 Januari-Juni 2018.

Syaharuddin & Mutiani. 2020. Strategi Pembelajaran IPS: Konsep & Aplikasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkarat.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.