Peran Museum Popa-Eyato Gorontalo Sebagai Media Belajar Sejarah: Sebuah Penelitian Awal

Resmiyati Yunus, Andris K. Malae, Sintia Pakaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan museum Popa-Eyato Provinsi Gorontalo sebagai media belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu berusaha mendeskripsikan segala bentuk data yang didapatkan di lapangan sesuai dengan metode yang ada. Hasil penelitiannya adalah museum Gorontalo sejak diresmikan pada tahun 2015 telah menjadi tempat alternatif dalam melaksanakan belajar dan pembelajaran, baik siswa maupun masyarakat Gorontalo secara umum. Hal ini karena, dengan belajar di museum sebagai alternatof belajar sejarah lokal, memiliki tujuan untuk mengetahui lebih dalam terkait dengan perkekmbangan sejarah lokal di Gorontalo


Keywords


Museum Popa-Eyato; Media Belajar; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Andris K. Malae, Yusni Pakaya, & Renol Hasan.”Penggunaan Bahan Ajar Sejarah Organisasi Muhammadiyah Sebagai Sarana Pembelajaran Sejarah Lokal Di SMA Negeri 1 Gorontalo, dalam Jurnal JHCJ, Vol. 1 Issue 1, 2019, hlm 41-51.

Een Syaputra & Irwan Satria. “Kearifan Lokal Tabot Sebagai Sumber Belajar Sejarah Di SMA: Sebuah Analisis Relevansi” dalam Jurnal SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 7 (2), 2020, hlm 128-147.

J. Bastian. 1990. “Persekutuan Limbotto dan Gorontalo”, dalam Taufik Abdullah (Ed),Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, hlm 199-202.

Laporan Kajian Museum Popa-Eyato, 2019

Lapoaran Kajian Museum Popa-Eyato, 2020

Lexy J. Moleong. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Joni Apriyanto dkk. 2019. Kajian Koleksi Historikal. Gorontalo: UPTD Museum Purbakala

Nur Khozin dkk. 2010. Buku Panduan: Museum Kebangkitan Nasional. Jakarta: Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Direktorat Sejarah dan Purbakala Museum Kebangkitan Nasional.

Romi Hidayat dkk. 2020. Kajian Koleksi Etnografika. Gorontalo: UPTD Museum Purbakala

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Penerbit Alfabeta.

https://kbbi.web.id/museum

https://read.id/dikbudpora-gelar-kegiatan-belajar-bersama-di-museum/

https://60dtk.com/mengenal-lebih-dekat-kegiatan-museum-purbakala-popa-eyato-gorontalo/

https://gorontaloprov.go.id/program-nyata-belajar-di-museum-diminati-pelajar-gorontalo/




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.