Pengembangan E-Module Interaktif Berbasis Historical Perspective pada Mata Kuliah Sejarah Pendidikan

Elfa Michellia Karima, Firza Firza, Rahmuliani Fitriah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan bahan ajar berbentuk e-modul (2) menghasilkan bahan ajar yang mampu meningkatkan historical perspective pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan atau Research and development (R&D). Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner yang dibuat oleh peneliti yaitu berupa daftar pertanyaan mengenai pengembangan E-Modul berbasis historical perspective yang diberikan pada validator ahli dan uji kepraktisan pada mahasiswa. Berdasarkan data yang di dapat tersebut mahasiswa masih kurang memahami materi yang diberikan secara daring dalam bentuk handout. Bahan ajar berbetuk handout tersebut sulit di pahami oleh mahasiswa karena cenderung kaku dan handout ini sebenarnya memang diperuntukan bagi pembelajaran luring sehingga mahasiswa lebih memahami materi ketika mereka mengerjakan tugas karena dapat mengeksplor lebih banyak materi namun belum tentu learning outcome nya tercapai.


Keywords


E-Modul; Interaktif; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


Albulescu, M. (2016). Historical Perspective in Educational Research. The European Proceedings of Social and Behavioural Sciences, 12–18. https://doi.org/10.15405/epsbs.2016.12.2

Coventry, M., Felten, P., Jaffee, D., O’Leary, C., Weis, T., & McGowan, S. (2006). Ways of seeing: Evidence and learning in the history classroom. Journal of American History, 92(4), 1371–1402. https://doi.org/10.2307/4485897

Fındıkoğlu, F., & İlhan, D. (2016). Realization of a Desired Future: Innovation in Education. Universal Journal of Educational Research, 4(11), 2574–2580. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.041110

Hermawan, A. (2017). Pengintegrasian Teori Sibernetik dalam Keterampilan Menulis Makalah di Perguruan Tinggi pada Era Digital. In Soedjidjono, Rusfandi, U. Tursini, A. Liskinasih, & U. Muhaji (Eds.), KONFERENSI NASIONAL SASTRA, BAHASA & BUDAYA (KS2B) (pp. 23–28). FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG.

Schwaninger, M. (2003). A cybernetic model to enhance organizational intelligence. Systems Analysis Modelling Simulation, 43(1), 53–65. https://doi.org/10.1080/02329290290001029

Arifin, M., Sari, A., & Tama, A. (2013). Implikasi Teori Belajar Sibernetik Dalam Proses Pembelajaran Dan Penerapan IT Di Era Modern. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan, 241–253. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/9613/25.pdf?sequence=1

Hutahaean, A. L., Siswandari, & Harini. (2019). Pemanfaatan E-Module Interaktif Sebagai Media Pembelajaran di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 2018, 298–305.

Jaenudin, A., Baedhowi, P., & Murwaningsih, T. (2017). The Effectiveness of the E-Module of Economics Learning on Problem-Based Learning used to Improve Students’ Learning Outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 158(Ictte), 30–36. https://doi.org/10.2991/ictte-17.2017.32

Sugiani, K. A., Degeng, I. N. S., Setyosari, P., & Sulton. (2019). The Effects of Electronic Modules in Constructivist Blended Learning Approaches to Improve Learning Independence. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(10), 82–93.

Karima, E. M., & Firza, F. (2019). Development of Green-Based Teaching in the Study of History for High School Students. 3rd Asian Education Symposium (AES 2018), 221–223. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.52

Karima, E. M. (2018). Development of Problem Based Learning Module in the study of History for High School Student. 2nd International Conference for Social Sciences and Education.

Karima, E. M., & Firza, F. (2019). Modul Berbsis Green History untuk Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Atas. Diakronika, 18(2), 45–57.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.