Rekonstruksi Nilai-Nilai Kebhinekaan dalam Pembelajaran Sejarah untuk Memperkokoh Toleransi: Studi pada SMA Negeri 1 Miomafo Barat Nusa Tenggara Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo; 2) impelemntasi pembelajaran rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo; dan 3) evaluasi rekonetruksi nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Miomafo. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Miomafo Nusa Tenggara Timur. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara mendalam, analisis dokumen, dan observasi. Adapun analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaktif Milles & Hubeman, yang terdiri dari tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapati hasil sebagai berikut ini: 1) perencanaan rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan melakukan dua hal utama, yakni analisis relevansi (tema dan muatan nilai) dan menyusun strategi; 2) pelaksanaan rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif yang terdiri dari tiga kegiatan utama (pendahuluan, inti dan penutup); dan 3) evalusi rekonstruksi nilai-nilai kebinekaan dalam pembelajaran sejarah dilakukan terhadap dua komponen utama, yakni hasil dan proses.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yohyakarta: Ombak.
Azra, A. (2007). Pancasila di Tengah Peradaban Dunia: Perspektif Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural. Jurnal Sekretariat Negara Republik Indonesia, 6
Bodgan, R.C. & Biklen, S.K. (1982). Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods. Boston: Allyn and Bacon, Inc.
Chalimi, I. R. (2013). Journal Impelementasi Nilai-Nilai Kebhinekaan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djono., & Joebagio, H. (2019). Narattion and Discourse of Bhineka Tunggal Ika in Indonesian Revised History Textbook: A History Dudactict Approach. PARAMITA: Historical Studies Journal, 29 (1), 18-27.
Hasan, S.H. 2012. Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. PARAMITA: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 22 (1) 81-95.
Joebagio, H. (2015). Eksplorasi Networking Collective Memories dengan Model Pembelajaran Sejarah. Kata Pengantar dalam Garver, Brian and Krug, Mary. Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Ombak.
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Sejarah: Identifikasi pada Silabus. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1 (1), 11-25.
Milles, M. B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.
Mahfud, C. (2006). Pendidikan Multikultural Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sigit, S. (2012). Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Yogyakarta: Paradigma.
Syaputra, E. (2017, February). Socializing Multiculturalism Ideology through Multicultural Education: Potentials in History for High Schools. In PROCEEDING ICTESS (Internasional Conference on Technology, Education and Social Sciences).
Syaputyra, E., & Selvianti, R. (2021). Pendekatan Guru Sejarah dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Studi Deskriptif fi SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan, 12 (1), 23-33.
Syaputra, E., Sariyatun, S., & Sunardi. (2018). The Strategy of Enhancing Student’s Social Awareness through History Learning Based on Selimbur Caye Oral Tradition Values. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 22-29. DOI: http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.161
Utami, I.W.P., & Widiadi, A.N. (2016). (2016). Wacana Bhineka Tunggal Ika dalam Buku Teks Sejarah. PARAMITA: Historical Studies Journal, 26 (1), 106-117.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5604
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu
P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278
jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.