Analisis Sikap Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS: Studi Kasus di SD Negeri 38 Sengawang Hilir Kelas 4

Sri Dewi, Urai Widiawati, Rien Anitra, Mertika Mertika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap sosial siswa melalui pemebelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 38 Sengawang Hilir, agar dapat mengetahi bagaimana sikap sosial siswa kelas IV SD Negeri 38 Sengawang Hilir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sabjek penelitian diambil menggunakan purposive sampling 4 orang siswa yang memiliki sikap sosial Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, dan informan pendukung pada penelitian ini guru kelas IV SD Negeri 38 Sengawang Hilir. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, sikap sosial siswa khususnya pada aspek santun dan percaya diri siswa sudah baik dari hasil observasi dan wawancara, tidak terdapat siswa yang berbicara kasar kepada guru ataupun orang yang lebih tua dari mereka, meskipun ada beberapa yang terlihat berbicara kasar dengan temannya, akan tetapi siswa selalu menyapa guru dan temannya dengan senyuman hal ini juga didukung dengan siswa yang selalu berpakaian rapi dan pantas. Selanjutnya sikap percaya diri siswa juga baik terlihat dari hasil observasi dan wawancara bahwa siswa sudah cukup berani untuk maju kedepan mengerjakan tugas di papan tulis dan cukup berani berpendapat, meskipun ada beberapa siswa yang terlihat malu-malu dalam mengemukakan pendapat mereka

Keywords


Sikap Sosial; Pelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2009). Psikologi Sosial. Rineka Cipta

Allolinggi, L. R. (2014). Analisa Pembelajaran IPS Bermuatan Nilai-Nilai Kewirausahaan di Sekolah Dasar (Studi Kasus Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDPN Pajagalan 58 Bandung) Lutma Ranta Allolinggi. II(3), 293–307.

Arifin, B. S. (2015). Psikologi Sosial. Bandung: Pustaka Sari.

Aswadi., & Uray, H. (2012). Pengantar Pendidikanl.Pontianak: Farhuna Bahagia Press.

Virani, I. A. D., Riastini, P. N., & Suarjana, M. (2016). Deskripsi Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1.

Indrawan., & Yaniati. (2014). Metode Pendidikan. Refika Aditama.

Imbriti, dkk. (2020). Analisis Sikap Sosial Pada Siswa Kelas Tinggi Madrasah Ibtidaiyah Anwarul Mustofa Kecamatan Kubu Tahun 2020. jurnal untan. Hal 1-8

Oetomo, H. (2012). Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Presatasi Pusakarya

Kadi, A. P. M. (2016). Hubungan Kepercayaan Diri dan Slaf Regulated Learning Terhadap Prokratinasi Akademik Pada Mahasiswa Psikolog Tahun 2013 (Mahasiswa Psikolog Universitas Mulawarman). e-Jurnal Psikologi, 2016, 4 (4): 463

Milles, M. B & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Permandikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Sekolah Dasar.

Puspitasari, N. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Multikultural. Jornal of Educational Sosial Studies. Vol 1(2). Hal 98-1-03

Suteja, M. A. dkk. (2015). Analisis Sikap Siswa Dalam Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Pada Kurikulum 2013 Tema Sejarah Peradaban Indonesia Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri 28 Dangin Puri. Vol 3 (1). Hal 1-11

Sapriyah. (2015). Pendidikan IPS. Remaja Rodakarya.

Suyanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS. Prenadamedia Group

Syaputra, E., & Dewi, D. E. C. (2020). Tradisi Lisan sebagai Bahan Pengembangan Materi Ajar Pendidikan IPS di SMP: Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5 (1), 51- 62.

Zuldafariah. (2012). Penelitian Kualitatif. Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Gedung Pelatihan 
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.