Integrasi Nilai Tradisi Bara’an Melayu Bengkalis Sebagai Sumber Penguatan Karakter Dalam Pembelajaran IPS

Piki Setri Pernantah, Mifta Rizka, Bedriati Ibrahim, Amirul Syafiq

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk membahas tentang tradisi Bara’an masyarakat Bengkalis dan nilai-nilai karakter yang terkandung dalam ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS, khususnya untuk sumber penguatan karakter pada anak didik di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis-deskriptif. Lokasi penelitian berada di Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Data dikumpulkan dengan cara melakukan studi lapangan, studi literatur, dan wawancara yang kemudian dianalisis sesuai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi Bara'an ini mirip dengan “halal bi halal” yang banyak dilakukan masyarakat Nusantara, tetapi khusus di Bengkalis dilaksanakan dalam bentuk yang berbeda, yakni diawali dengan bersalaman dan saling memaafkan dengan tuan rumah, mencicipi hidangan yang disediakan, pembacaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW yang disebut dengan “Marhaban” dan di akhiri dengan pembacaan doa selamat oleh seorang imam atau pemimpin rombongan. Nilai-nilai karakter yang muncul dari tradisi bara’an berupa nilai religus, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas yang direlevankan dengan upaya penguatan karakter oleh pemerintah Indonesia. Nilai-nilai karakter yang telah direkontruksi dari tradisi bara’an dapat diintegrasikan dalam materi pembelajaran IPS dengan desain pembelajaran IPS terpadu tematik berdasarkan topik yang tersedia.


Keywords


integrasi nilai; tradisi bara’an; penguatan karakter; pembelajaran IPS

Full Text:

PDF

References


Abbas, E. W. (2015). Pendidikan IPS berbasis kearifan lokal. WAHANA Jaya Abadi.

Addawiyah, R., & Gunawan, R. (2019). Strategi Implementasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Etnik Betawi Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguat Karakter Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Islam Terpadu ALMAKA). In Prosiding Seminar Nasional Berseri (pp. 360-378).

Adela, D. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Selo melalui Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 11-20.

Amin, M. (2021). Peran Pembelajaran IPS dalam Pembentukan Karakter Siswa. https://osf.io/8x79f

Dhewantoro, H. N. S. (2018, October). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Pembelajaran IPS. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN KEWARGANEGARAAN IV (pp. 201-206).

Dole, F. B., Wahjoedi, W., & Degeng, N. (2020). Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Pembelajaran IPS Berorientasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Belantika Pendidikan, 3(1), 16–23.

Ekasari, R. D., & Nurkhairina, N. (n.d.). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 13–22.

Fernando, V. A., & Husnita, L. (2019). Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Ips Yang Berorientasi Pada Pembentukan Karakter Siswa Di Tingkat SMP. Bakaba: Jurnal Sejarah, Kebudayaan dan Kependidikan, 7(1), 35-43.

Giwangsa, S. F., & Novianti, P. R. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Ucing Sumput Untuk Pembentukan Karakter Kemandirian Dalam Pembelajaran IPS. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 148-154.

Hasni, H., Sapriya, S., & Wiyanarti, E. (2021). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Social Studies Sebagai Pembentukan Karakter Cerdas Bagi Generasi Muda Pada Era Global. SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, 16(1), 86-93.

Hetarion, B. D. S., Hetarion, Y., & Makaruku, V. (2020). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal cuci negeri dalam pembelajaran IPS. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 1–12.

Hulipa, H. (2018). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS di Kelas III SD Inpres Lanrae Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Istiqamah, N. (2019). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Integrasi Nilai–Nilai Karakter) Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri Sudirman II Makassar. Phinisi Integration Review, 2(1), 100–113.

Kemendikbud. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Marhayani, D. A. (2018). Pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS. Edunomic: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 67-75.

Milhani, Y. (2021). Pembentukan karakter melalui outdoor learning dalam pembelajaran IPS. JIPSINDO, 8(1), 90-102.

Pernantah, P. S. (2019). Desain Skenario Pembelajaran Aktif Dengan Metode “Mikir” Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(2), 145–155.

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Rasyid, R. E. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Progressive & Fun Education Seminar) ke-2.

Razif, M., & Karisma, P. (2015). Tradisi Bara an dalam Masyarakat Desa Teluk Pambang Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis. Riau University.

Riana, S. R. (2020). Analisis Aspek Spiritual dalam Pengajaran IPS Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII di SMP Negeri 7 Pamekasan (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

Rofiq, N., Rafiq, A., & Wardani, M. A. (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 98–105.

Rofiqoh, L., & Suherman, A. (2019). Peran Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial Dalam Membentuk Karakter Pluralis Siswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2).

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79-92.

Safruddin, S., & Ahmad, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan IPS Berbasis Kearifan Lokal Maja Labo Dahu Untuk Pembentukan Karakter Siswa SMP. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya, 1(2), 26-43.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121–133.

Syaputra, E., & Satria, I. (2020). Kearifan Lokal Tabot sebagai Sumber Belajar Sejarah di SMA: Analisis Relevansi. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 7 (2), 128-155. DOI: 10.15408/sd.v7i2.15124

Syaputra, E., & Dewi, D. E. C. (2020). Tradisi Lisan sebagai Bahan Pengembangan Materi Ajar Pendidikan IPS di SMP: Sebuah Telaah Literatur. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 5 (1), 51- 62.

Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Panyabungan. ITTIHAD, 5(1).

Utomo, E. P. (2018). Internalisasi nilai karakter gotong royong dalam pembelajaran IPS untuk membangun modal sosial peserta didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3.

Utomo, E. P. (2020). Nilai-Nilai Karakter Ritual King Ho Ping Sebagai Sumber Belajar IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 5(1), 24–29.

Wahid, A. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Inpres Bertingkat Mamajang I Kota Makassar. Seminar Nasional Biologi.

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.