Urgensi Pendidikan Bela Negara Dalam Membentuk Kecerdasan Sosial Peserta Didik Sebagai Daya Dukung Pertahanan Negara

Imran Hasyim, Anang Puji Utama, Bayu Setiawan

Abstract


Setiap warga negara berhak dan wajib ikut dalam usaha bela negara. Penerapan lima nilai dasar bela negara sebagai unsur penting dalam Pembinaan Kesadaran Bela Negara merupakan tolak ukur capaian pendidikan bela negara. Berkembangnya dinamika permasalahan di dunia pendidikan seperti perundungan, tawuran, dan narkoba sebagai salah satu ancaman pertahanan negara. Sehingga penelitian ini bertujuan pada pemaparan pendidikan bela negara dapan menjadi salah satu faktor pembentuk kecerdasan sosial bagi siswa, strategi dalam mengoptimalkan pendidikan bela negara. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini dengan mendeskripsikan pengambilan data melalui studi literatur. Ikhtisar memperlihatkan bahwa pemahaman sikap dan perilaku peserta didik terhadap pendidikan bela negara dan pemahaman terhadap urgensi pendidikan bela negara sebagai upaya pertahanan negara. Kesimpulannya bahwa kurikulum pendidikan bela negara yang masuk kedalam mata pelajaran yang relevan memiliki lima nilai dasar, yaitu cinta tanah air, rela berkorban, sadar berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai ideologi negara, dan kemampuan bela negara baik secara fisik maupun non-fisik. Proses pendidikan yang baik akan menghasilkan peserta didik yang berkarakter dalam memaksimalkan potensi kecerdasan setiap peserta didik. 


Keywords


Pendidikan Bela Negara; Kcerdasan Sosial, Pertahanan Negara

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. y dan Y. R. (2016). Teori dan Analisis Kebijakan Publik (I). Alfabeta.

Ahyati, A. I., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Bela Negara di Era Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal on Education, 3(3), 236–247.https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.371

Arifin, T. (2018). Metode Penelitian. Cv Pustaka Setia.

Basseng, Sammy Ferriana, T. S. (2019). WAWASAN KEBANGSAAN DAN NILAI-NILAI BELA NEGARA Modul Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan Golongan III (M. Kolonel Sus Dendi T, Dwi Rahmanendra, S.Hut, M.Pd, Syam Wahidin, S.Sos. (ed.); 1st ed.). Lembaga Administrasi Negara.

Birokrasi Indonesia: Model Modern David Osborne, Ted Gaebler, dan Pendekatan Konsep Islam Perspektif Umer Chapra. Jurnal STEI Tazkia Bogor, 1(1), 19–38. https://doi.org/10.29244/jam.1.1.19-38

Bonnichi, T. S. (2015). Strategic Management. In Wiley Encyclopedia of Management (pp. 1–4).

Bowman, J.S., West, J.P., Berman, M., & Wart, M. V. (2004). The Professional Edge: Competencies in Public Service (1st ed.). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781315669229

Creswell, J. W. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Darmono, B. dan T. P. (2010). Keamanan Nasional:Sebuah Konsep dan Sistem Keamanan bagi Bangsa Indonesia. Dewan Ketahanan Nasional.

Dosen UPN Veteran Jatim. (2014). Buku Ajar Bela Negara (UPN Veteran Jatim (ed.); 1st ed.). UPN Veteran Jatim.

Gurel, E., & Merba, T. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 1–17.

https://www.mtholyoke.edu/acad/intrel/pol116/wolfers.htm

Indrawan, R. M. J. dan E. (2021). BELA NEGARA SEBAGAI METODE PENCEGAHAN ANCAMAN RADIKALISME DI INDONESIA. Jurnal Pertahanan & Bela Negara, 11(1), 1–14.

Jurnal Prodi Strategi Perang Semesta, 3(1), 75–93.

KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/bijak

Kementerian Pertahanan RI. (2017). BUKU STRATEGI PERTAHANAN NIR MILITER (Kementerian Pertahanan RI (ed.); 1st ed.). Kementerian Pertahanan RI.

Keputusan Kepala Lembaga Administrasi Negara Nomor 94/K.1/PDP.07/2021 Tentang Kurikulum Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil, (2021).

Kerzner, H. (2001). Project Management: A System to Planning, Scheduling and Controlling. In Project Management (7th ed.). John Wiley & Sons.

Kresnasurya, Y. (2020). MEMBANGUN BUDAYA LITERASI BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM USAHA BELA NEGARA. Journal of

Kurniawan, D. M., & Utanto, Y. (2018). Kurikulum Bela Negara sebuah kebutuhan Kurikulum Saat ini dan Masa depan. Jurnal Defendonesia, 3(No. 2), 1–12.

Lykke Jr, A. F. (1989). Defining Military Strategy. Military Review, 19(May), 96.

Miles Matthew B, H. A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, p. 249). Sage Publication.

Narda, R. (2020). Hari Bela Negara, Prabowo Ingatkan Pentingnya Persatuan. Detiknews.Com. https://news.detik.com/berita/d- 5301667/hari-bela-negara-prabowo-ingatkan-pentingnya-persatuan

Organization for Economic co-operation and Development (OECD). (2016). Skills for a High Performing Civil Service - Highlights. In OECD Public Governance Reviews.

Paleri, P. (2008). National Security:Interactive and Challenge. Tata McGraw-Hill.

Primasari. (2017). PEMAHAMAN, SIKAP DAN PERILAKU BELA NEGARA KARYAWAN BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL, KANTOR PUSAT JAKARTA DALAM MENDUKUNG PERTAHANAN NEGARA.

Putri, Hariswati Rachmadani, Azizoel Mutiadini, hayatul Khairat Rahmat, A.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. Sanrego, Y. D., & Muhammad, R. (2013). Analisa Perbandingan Model

Saragih, H. J. R. et al. (2018). Implementation of Bela Negara Values to Develop a Good Public Service. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 191(Aapa), 197–209.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Tim Peneliti UI-CSGAR. (2019). Laporan Akhir Survei Indeks Persepsi Masyarakat terhadap Profesionalitas dan Rebranding ASN.

Trade Development and Studies, 4(1), 30–34.

U. (2020). URGENSI PENDIDIKAN BELA NEGARA GUNA MEMBANGUN SIKAP NASIONALISME PADA GENERASI MILLENIAL DI INDONESIA. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Issn, 5(2), 2528–2492. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.257- 271

Undang-undang Republik Indonesia No.5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, 1 (2014).

Widodo, S. (2011). Implementasi bela negara untuk mewujudkan nasionalisme. Jurnal Ilmiah Civis, I(1), 18–31. journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/572/522

Wolfers, A. (1962). The Goals of Foreign Policy. In Discord and Collaboration: Essays on International Politics (pp. 67–80). The Johns Hopkins Press.

Zulham, M., & Saragih, H. M. (2019). Strategi Indonesia dalam Mewujudkan Poros Maritim Dunia di Tengah Kebijakan Jalur Sutra Maritim China. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 4(7), 49–60




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.