Peranan Layanan Kunjungan Online terhadap Kondisi Psikologis Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Purwokerto

Rizky Milenia, Herry Fernandes Butar Butar

Abstract


Pelayanan kunjungan online membawa pengaruh terhadap kondisi psikologis narapidana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan layanan online dan pengaruhnya terhadap kondisi psikologis narapidana di Lapas Kelas IIA Purwokerto. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan kepada Narapidana di Lapas Kelas IIA Purwokerto. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara kepada narapidana dan studi kepustakaan. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara kualitatif dengan model interaktif Milles & Huberman. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa terdapat perbedaan tingkah laku dan kondisi psikologis narapidana yang sering, jarang dan tidak pernah mendapatkan kunjungan. Narapidana yang sering melakukan relatif lebih tenang, sedangkan narapidana yang jarang dan tidak pernah  berperilaku menyendiri dan pemurung.

 


Keywords


Online Visiting Services, Psychological, Correctional Institution

Full Text:

PDF

References


Ardani Nasution Hilmi, S. (2020). Layanan Kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan Berbasis Teknologi Informasi (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Narkotika Jakarta). National Conference of Law Studies : Pembangunanan hukum menuju era digital society.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset: Memilih diantara Lima Pendekatan. Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

G.Goble, F. (2006). Mahzab Ketiga : Psikologi Humanistik Abraha Maslow. Yogyakarta: Kanisius.

Haditono, S.D. (1998). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Indonesia. (1995). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Jess, G. F. (2012). Teori Kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika.

Lapas Purwokerto. (2020). Layanan Kunjungan Online (Video Call) Bagi Warga Binaan Lapas Kelas IIA Purwokerto. https://lapaspurwokerto.kemenkumham.go.id/hubungi-kami?view=article&id=309.

Sarwono, S. W. (2002). Berkenalan dengan aliran-aliran dan tokoh-tokoh psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.

Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru terhadap Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran sejarah: Studi Deskriptif di Beberapa SMA di kabupaten Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1 (1), 1-1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.