Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SDK Banua Kabupaten Enrekang

Khaeruddin Khaeruddin, Sri Indarwati Mansur, Feri Padli

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi semasa pembelajaran jarak jauh di daerah yang masih minim akses internet. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji kondisi pembelajaran jarak jauh, tantangan yang dihadapi serta upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan proses pembelajaran dengan metode kombinasi daring dan luring di SDK Banua, salah satu sekolah dasar yang ada di Kabupaten Enrekang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi pembelajaran di SDK Banua menggunakan metode kombinasi daring dan luring dimana pada metode daring kegiatan belajar-mengajar dilakukan melalui Whatsapp. Sedangkan untuk metode luring dilakukan melalui kunjungan ke rumah siswa untuk dilakukan proses pembelajaran. Selain itu, siswa diperbolehkan ke sekolah hanya untuk mengambil dan mengumpulkan tugas. Semasa diterapkannya pembelajaran jarak jauh, siswa lebih banyak diberikan tugas untuk mendorong keaktifan siswa dalam belajar. Model pembelajaran ini digunakan karena akses internet di Dusun Banua belum merata dan masih ada orang tua siswa yang belum memiliki anroid.


Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh; Peserta Didik; Tantangan

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19. Research and Development Journal of Education, October, 134–135.

Ahmadin. (2013). Metode Penelitian Sosial (1st ed.). Rayhan Intermedia.

Anita Wardani, Y. A. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1), 773. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Apriani Safitri, J. A. (2019). Keefektifan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Universitas Muhammadiyah Kendari, 1(1), 5.

Argaheni, N. B. (2020). A Systematic Review : The Impact Of Online Lectures During The Covid-19 Pandemic Against Indonesian Students. Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 8(2), 104.

Azzahra, N. F. (2020). Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. 2, 2.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi ). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 215.

Enrekang, B. P. S. K. (2020). Kabupaten Enrekang dalam Angka Enrekang Regency 2020. Ilham Prima.

Frans Partan, P. I. B. (2020). Peran Keluarga dalam Pendidikan Anak pada Masa Pandemi Covid-19. KHARISMATA: Jurnal Teologi Pantekosta, 3(1), 15. https://doi.org/10.47167/kharis.v3i1.43

Hastuti, N., & Djanah, S. N. (2020). Studi Tinjauan Pustaka : Penularan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Literature Review Study : Transmission and Prevention of The Spread of Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(2), 71.

I Putu Yoga Purandina, I. M. A. W. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 271. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Kabupaten Enrekang dalam Angka 2022. (2022). Badan Pusat Statistik Kabupaten Enrekang.

Khoiron, A. K. dan A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (Fitratun Annisya dan Sukarno (Ed.)). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Koko Adya Winata, Qiqi Yuliati Zaqiah, Supiana, H. (2021). Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi. Administrasi Pendidikan Journal, 4(1), 2–3. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

Mamluah, S. K., & Maulidi, A. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi COVID-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 871.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).

Oktavia, Rahma, Akmalia, Teguh, Ramadhani, Kusuma, D. (2021). Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang Harus Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2). https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1821

Rosidi, M. I., & Fitroh, I. (2021). Virtual Field Trips : Alternatif Pembelajaran IPS pada Masa. Indonesian Journal of Social Science Education, 3, 32.

Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (n.d.). PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA DARURAT COVID 19. 1.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 136–137. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05

Syaputra, E., Aisiah., & Pernantah, P.S. (2021). Local Wisdom as Social Capital in Facing the Covid-19 Pandemic. In The Dynamics of Handling Covid-19 from The Pespective of Social Science. New Dehli: SARABOOK Publication.

Talizaro Tafonao, S. S. (2021). Teknologi Dan Covid: Tantangan Dan Peluang Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi. Djtechno Jurnal Teknologi Informasi, 2(1), 49. https://doi.org/10.46576/djtechno.v2i1.1256

Velarosdela, R. N. (2021). Kilas Balik Kronologi Munculnya Kasus Pertama Covid-19 di Indonesia. Kompas. https://megapolitan.kompas.com

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr (J. Suzana (Ed.)). PT Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.