Pengembangan Media Pembelajaran Audio Berbasis Podcast pada Materi IPS di SD

Fadia Tri Ananda, Faradila Ayu Ramadhani, Zulfa Putri Fadilah, Safitri Ramadhani, Dadan Nugraha

Abstract


Penelitian ini memanfaatkan media digital guna mendukung efektivitas pembelajaran di kelas. Media pembelajaran digital podcast dipilih karena dirasa mudah untuk diakses oleh peserta didik. Podcast merupakan sebuah distribusi rekaman audio yang dibuat melalui proses perekaman audio dan pengeditan yang kemudian disampaikan melalui internet. Dengan menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif serta metode penelitian Research and Development, peneliti mengembangkan dan merevisi produk podcast berdasarkan hasil uji lapangan. Data kuantitatif diambil dari pertanyaan peneliti dan tanggapan atau validasi dari ahli dan peserta didik kelas VI mengenai produk yang dikembangkan. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil uji lapangan diperoleh bahwa media pembelajaran podcast layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil validasi ahli sebesar 98,75% dengan interpretasi sangat baik.  Maka, diharapkan dengan adanya pengembangan media podcast pada materi IPS, pendidik dan peserta didik mampu memanfaatkan media digital guna mendukung efektivitas kegiatan pembelajaran. 


Keywords


pengembangan; media digital; podcast

Full Text:

PDF

References


Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.

Maulida, M., Hanafi, S., & Nulhakim, L. (2021). EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO PODCAST SEBAGAI GAYA BELAJAR AUDIOTORIK DI SD ISLAM KREATIF. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran): Edutech and Instructional Research Journal, 8(2).

Noval, S. M. R. (2022). EVOLUSI HAK PEKERJA DI ERA DIGITAL: PRAWACANA RIGHT TO DISCONNECT DI INDONESIA. Jurnal Bina Mulia Hukum, 6(2), 234–253.

Rosmiati, N. S., Yuliani, A., Nur’Aini, A. S., Fauzi, H. Z. N., & Nugraha, D. (2022). Media Pembelajaran Podcast pada Mata Pelajaran IPS Memaknai Kemerdekaan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5981–5990.

Setyosari, H. P. (2016). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Prenada Media.

Tasruddin, R., & Astrid, F. (2021). Efektivitas Industri Media Penyiaran Modern “Podcast” di Era New Media. Al-MUNZIR, 14(2), 211–230.

Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47–55




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.6678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.