Penilaian Kompetensi Sikap dalam Pembelajaran Sejarah: Sebuah Telaah Literatur

Maryam Maryam, Idi Warsah

Abstract


Domain afekjtif merupakan salah satu kompetensi yang esensial dalam dunia pendidikan, khususnya pembelajaran sejarah. Karena itu, kompetensi afektif harus masuk ke dalam tujuan pembelajaran, strategi dan juga penilaian. Namun karena kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran, kompetensi afektif seringkali tidak mendapat perhatian serius dari para guru sehingga menjadi terabaikan dalam hal penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literature berkenaan dengan penilaian kompetensi afektuf falam pembelajaran sejarah. Adapun tiga focus utama dalam kajian ini adalah: 1) hakekat kompetensi afektif; 2) kompetensi afektif dalam pembelajaran sejarah; dan 3) instrument penilaian kompetensi afektif dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dilakukan dengan matode kepustakaan. Langkah penelitian yang dilakukan adalah: 1) menyiapkan alat dan perlengkapan; 2) menyusunn bibliografi kerja; 3) mengatur waktu penelitian; 4) membaca dan membuat catatan peneltian; dan 5) menyimpulkan dan menganalisis hasil peneltian. Adapun hasil penelitian adalah: 1) kompetensi afektif merupakan satu dari tiga kompetensi utama yang ingin dicapai dalam pendidikan, khususnya pembelajaran sejarah. Beberapa hal yang termasuk ke dalam kompetensi afektif ialah seperti sikap, minat, nilai dan moral; 2) kompetensi afektif adalam domain yang sangat esensial dalam pembelajaran sejarah. Dalam pembelajaran sejarah, kompetensi afektif secara spesifik  merujuk pada beberapa hal seperti nasionalisme dan nilai-nilai kesejarahan seperti toleransi, kepedulian sopsia, cinta damai, peduli lingkungan, kejujuran, tanggung jawab dll; dan 3) penialian kompetensi sikap dalam pembelajaran sejarah dapat dilakukan melalui beberapa cara, namun yang paling umum digunakan ialah dengan menggunakan skala sikap.


Keywords


Penilaian; Kompetensi Sikap; Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Agung, L.S. (2015). Sejarah Kurikulum Sekolah Menengah di Indonesia Sejak Kemerdekaan Hingga Reformasi. Yogyakarta: Ombak.

Aisiah.,Suhartono., & Sumarno. (2016). The Measurement Model of Historical Aawareness. Research and Ecaluation in Education, 2 (2), 108-121.

Aman. (2015). Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aman. (2012). Pengembangan Model Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah di SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16 (2), 437-456.

Anderson, L.W. (1981). Assesing Afective Characteristics in the Schools. Boston: Allyn and bacon.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2009). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiningsih, C.A. (2013). Pembelajaran Moral. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. (2015). Pengantar Penilaian Hasil Belajar. Surakarta: UNS Press.

Cohen, R.J., & Swerdlik, M.E. (2010). Psychological Testing and Assessment: An Introduction to Tests & Measutrement. New York: McGraw-Hill.

Hamid, A.R. (2014). Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Hasan, S. H. (2013). History Education in Curriculum 2013: A New Approach to Teaching History. HISTORIA: International Journal of History Education, 14 (1), 163-178.

Hasudungan,A. N., & Sartika, L. D. (2020). Model Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal Pela Gandong Pada Pembelajaran IPS Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 20-32. doi:http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2658.

Nurhayati, E., Jayusman., & Ahmad, T.A. (2018). Implementasi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6 (1), 21-30.

Ofianto., & Suhartono. (2015). An Assessment Model of Historical Thingking Skills by Means of RASCH Model. Research and Evaluation in Education Journal, 1 (1), 73-83.

Permendikbud Nomor 104 Tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik.

Popham, W.J. (1995). Clasroom Assessment. Boston: Allyn and Bacon.

Sabu, O., & Ingunau, T.M.E. (2021). Rekonstruksi Nilai-Nilai Kebinekaan dalam Pembelajaran Sejarah untuk Memperkokoh Toleransi: Studi pada SMA Negeri 1 Miomafo Barat Nusa Tenggara Timur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3 (2), 124-132. . http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v3i2.5604

Sari, M. N., Sariyatun., & Abidin, N. F. (2020). Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Media Visualisasi Meseum Purbakala Sangiran untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah dan Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal of Social Science Education, 2 (2), 135-144. http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i2.3292

Satria, I. (2017). Model Pendidikan Afektif Cinta Damai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Satria, I. (2018). Penilaian Sikap Afektif sebagai Alternatif dalam Penilaian Mata Pelajaran Ilmu Sosial. At-Ta’lim, 17 (1), 55-66.

Syaputra, E., & Selvianti, R. (2021). Pendekatan Guru Sejarah dalam Implementasi Pendidikan Karakter: Studi Deskriptif di SMA Negeri 4 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan, 12 (1), 23-33.

Syaputra, E., Sariyatun, S., & Sunardi. (2018). The Strategy of Enhancing Student’s Social Awareness through History Learning Based on Selimbur Caye Oral Tradition Values. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 22-29. DOI: http://dx.doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.161

Syaputra, E. (2019). Pandangan Guru Terhadap Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sejarah: Studi Deskriptif-Analisis di Beberapa SMA di Bengkulu Selatan dan Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1 (1): 1-10.

Zakaria, R. (2006). Pedoman Penilaian Sikap dalam (Classroom based assessment). Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan

Zed, M. (2008). Metode Kepustakaan. Jakarta: Obor.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i1.7061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.