Integrasi Isu-Isu Sosial Kekinian dalam Pembelajaran IPS: Sebuah Analisis Relevansi

Yushar Tanjung, Mhd Ihsan Syahaf Nasution, Hafnita Sari Dewi Lubis, Anju Nofarof Hasudungan, Surya Aymanda Nababan

Abstract


Mata Pelajaran IPS dapat dijadikan sebagai mata pelajaran yang mampu meningkatkan kepekaan sosial siswa. Sehingga bukan saja kecerdasan kognitif saja yang meningkat tetapi sikap dan keterampilan pun turut meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan isu sosial dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang masih relevan dan kontekstual dibahas hingga saat ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan analisis dokumen. Analisis data mengadopsi dari model interaktif Miles dan Huberman. Materi pembelajaran IPS telah seharusnya mengkaji isu-isu social yang berkembang saat ini dalam konteks ini yakni, isu perdamaian dan pembangunan. Harapannya melalui pendekatan interdisipliner mampu membentuk siswa menjadi warga negara dan global yang baik dan bertanggung jawab. Membentuk agen perdamaian tidak harus hanya menyasar orang dewasa, melainkan sejak siswa dapat didik menjadi agen perdamaian dunia.


Keywords


Isu Sosial; Perdamaian; Pembangunan; Ilmu Pengetahuan Sosial

Full Text:

PDF

References


Asrudin, A. (2017). Thomas Kuhn dan Teori Hubungan Internasional: Realisme sebagai Paradigma. Global South Review, 1(2), 107. https://doi.org/10.22146/globalsouth.28830

Aswani, R. (2019, June). G20 Countries Formulating New Tax Policy for Internet Titans. SAG Infotech.

CNBC Indonesia. (2022, June). Top! Jokowi Pastikan Undang Putin-Zelensky ke G20 Bali. CNBCIndonesia.Com.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications, Inc.

Dabat Latrubesse, A. U., & Leal Villegas, P. H. (2019). Ascenso y declive de Estados Unidos en la hegemonía mundial. Problemas Del Desarrollo. Revista Latinoamericana de Economía, 50(199). https://doi.org/10.22201/iiec.20078951e.2019.199.67934

Darma, A., S, L. A., & Joebagio, H. (2018). Jurnal Internasional Multikultural dan Pemahaman Multireligius Penerapan Metode Multicultural Outing Class Pada Model Man 2 Medan. 288–297.

Dorr, N. (1986). The Security Council of the United Nations. Irish Studies in International Affairs, 2(2), 13–33.

Goldin, I. (2019). Why Do Some Countries Develop and Others Not? In Development in Turbulent Times (pp. 13–30). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-11361-2_2

Goodrich, L. M. (1947). From League of Nations to United Nations. International Organization, 1(1), 3–21.

Hasudungan, A. N., Sariyatun, Joebagio, H., & Sartika, L. D. (2020). TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL PELA GANDONG DARI RESOLUSI KONFLIK HINGGA PENDIDIKAN PERDAMAIAN DI MALUKU. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(1), 37–50. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.784

Hasudungan, A. N., & Sartika, L. D. (2020). Model Pendidikan Perdamaian Berbasis Kearifan Lokal Pela Gandong Pada Pembelajaran IPS Pasca Rekonsiliasi Konflik Ambon. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 20–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v2i1.2658

Itang, I. (2017). Faktor Faktor Penyebab Kemiskinan. Tazkiya, 16(01), 1–30.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. (2022, July). Bertemu dengan Presiden Putin, Presiden Jokowi: Indonesia Siap Menjembatani Komunikasi Rusia-Ukraina. Kemlu.Go.Id.

Legionosuko, T., Madjid, M. A., Asmoro, N., & Samudro, E. G. (2019). Posisi dan Strategi Indonesia dalam Menghadapi Perubahan Iklim guna Mendukung Ketahanan Nasional. Jurnal Ketahanan Nasional, 25(3), 295. https://doi.org/10.22146/jkn.50907

Melling, G., & Dennett, A. (2017). The Security Council veto and Syria: responding to mass atrocities through the “Uniting for Peace” resolution. Indian Journal of International Law, 57(3–4), 285–307. https://doi.org/10.1007/s40901-018-0084-9

Moleong, L. J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Mustapa, H., & Kania, S. (2022). PERANG RUSIA, COVID 19 DAN REVITALISASI AGRIKULTURAL. Politea : Jurnal Politik Islam, 5(1), 64–82. https://doi.org/10.20414/politea.v5i1.4949

Nababan, S. A., Sumantri, P., Tanjung, Y., & Hasudungan, A. N. (2022). Student ’ s Coaching During the Covid-19 Pandemic in the SMAN 1 Rupat : National Science Competition in 2021. East Asian Journal of Multidisciplinary Research (EAJMR), 1(2), 175–184.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). KONSEP DASAR IPS (A. Cahyanti (ed.)). Samudra Biru.

Prasetyo, G. (2021). Akulturasi Masyarakat Pandhalungan : Aktualisasi Pendidikan Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah. Education & Learning, 1(1), 20–25.

Pratiwi, D. A. (2013). Isu Global Warming dan Sikap Dunia Internasional. Jurnal Dimensi Universitas Riau Kepulauan, 2(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.33373/dms.v2i1.141

Sperling, J., & Webber, M. (2017). NATO and the Ukraine crisis: Collective securitisation. European Journal of International Security, 2(1), 19–46. https://doi.org/10.1017/eis.2016.17

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.

Suwarman, E., Watunwotuk, K., Melianti, L., Rosari, M., Yewen, N., & Naomi, R. (2019). RIVALITAS GEOPOLITIK AMERIKA SERIKAT-TIONGKOK DI MYANMAR. Jurnal Asia Pacific Studies, 2(2), 180. https://doi.org/10.33541/japs.v2i2.1071

The Press and Information Office of the Federal Government. (2022). The Members G7. Www.G7germany.De.

Trahan, J. (2020). The Origins and History of the Veto and Its Use. In Existing Legal Limits to Security Council Veto Power in the Face of Atrocity Crimes (pp. 9–52). Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/9781108765251.003

Utaminingsih, N. (2019). WAJAH PANGAN ASIA TIMUR DALAM SELIMUT NEOLIBERALISME STUDI KASUS : CINA. Review of International Relations, 1(1), 31–56. https://doi.org/10.24252/rir.v1i1.9300

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 17(2), 207–215. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v17i2.2612




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/ijsse.v4i2.7413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Lantai 2 Fakultas Tarbiyah dan Tadris
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kel. Pagar Dewa Kec. Selebar Kota Bengkulu

P-ISSN 2655-6588
E-ISSN 2655-6278

jurnal_jpipsi@iainbengkulu.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.