RENCANA STRATEGIS DAN RENCANA OPERASIONAL DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Eri Samsidar, Ahmad Nazir

Abstract


Abstrak: Rencana strategis masih lemah dalam mengelola kondisi saat ini dan proyeksi kondisi masa depan, seperti perencanaan jangka panjang atau jangka menengah dalam menentukan tujuan dan sasaran strategis, dan rencana operasional masih lemah pada tingkat sumberdaya manusia. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Tujuan tulisan ini memetakan dan menganalisis rencana strategis dan rencana operasional dalam lembaga pendidikan Islam. Hasilnya menunjukkan; Pertama, rencana strategis sebagai kebijakan penting sebagai dasar dalam membuat program kelembagaan dalam merumuskan visi, misi dan tujuan dengan melibatkan stakeholders. Rencana strategis sebagai usaha sistematis dan formal suatu lembaga untuk memperjelas sasaran utama, kebijakan-kebijakan dan strategi. Kedua, Rencana operasional sebagai penerapan program pencapaian visi, misi dan tujuan berupa langkah nyata dalam pengoperasionalan sebuah lembaga pendidikan Islam, dan Ketiga, Hubungan rencana strategis dengan rencana operasional merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan dalam pengembangan lembaga pendidikan. Penulis dapat menyarankan dalam penulisan ini untuk melibat perspektif unsur kepemimpinan dan pengelola dengan mengakomodasi pengalaman dan masalah yang dihadapi dalam mengelola rencana strategis dan rencana operasional dalam lembaga pendidikan Islam, sehingga solusi yang menyeluruh dapat ditemukan.  

Kata Kunci: Rencana Strategis, Rencana Operasional, Lembaga Pendidikan Islam.

 

Abstract: Strategic plans are still weak in managing current conditions and projected future conditions, such as long-term or medium-term planning in determining strategic goals and objectives, and operational plans are still weak at the human resource level. Using descriptive qualitative method. The purpose of this paper is to map and analyze strategic plans and operational plans in Islamic educational institutions. The results show; First, the strategic plan as an important policy as the basis for making institutional programs in formulating vision, mission and goals by involving stakeholders. Strategic plan as a systematic and formal effort of an institution to clarify the main objectives, policies and strategies. Second, the operational plan as the implementation of the program to achieve the vision, mission and goals in the form of concrete steps in the operation of an Islamic educational institution, and Third, the relationship between the strategic plan and the operational plan is an integral part and cannot be separated in the development of educational institutions. The author can suggest in this paper to involve the perspective of leadership and management elements by accommodating the experiences and problems encountered in managing strategic plans and operational plans in Islamic educational institutions, so that a comprehensive solution can be found.

Keywords: Strategic Plan, Operational Plan, Islamic Educational Institution.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Asnawir. 2006. Manajemen Pendidikan. Padang: IAIN IB Press.

Adam, B. (2021). PERANAN MANAJEMEN STRATEGI DAN MANAJEMEN OPERASIONAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 57-66.

Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119-126.

B. Uno, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Banjarbaru, P. A. W. S. (2016). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Pada SMK Komputer Mandiri Banjarbaru. Bianglala Informatika, 4(1).

Budiman, S., & Suparjo, S. (2021). Manajemen Strategik Pendidikan Islam. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3).

Chamidi, A. S. (2018). Evaluasi Diri dan Perencanaan Kerja Pendidikan Bagi Peningkatan Mutu Sekolah/Madrasah. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 3(1), 1-39.

Cuningham, William G., (1982), Systematic Planing for Education Change, first Edition. California: Mayfield Publisihing.

Fattah, Nanang, (2000). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hadi, P. T., (2014). Dokumentasi perencanaan strategis Ward and Peppard (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Harjanto, (2005), Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Heizer, J., Render, B., & Parra, J. L. M., (2015). Dirección de la producción y de operaciones: decisiones estratégicas.

Herujito, Y. M., (2006). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Grasindo.

Ismail, F., & Sumaila, N. (2020). Implementasi Manajemen Pembiayaan dalam Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bitung, Sulawesi Utara. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-18.

Khori, A. (2016). Manajemen strategik dan mutu pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 75-99.

Lubis, M. S. (2018). Perencanaan Strategik Pendidikan. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1).

Makmun, Abin Syamsuddin, dan Saud, Udin Syaefudin. (2007). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Manullang, (2012), Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Mappasiara, M. (2018). Manajemen Strategik Dan Manajemen Operasional Serta Implementasinya Pada Lembaga Pendidikan. Idaarah, 2(1), 74-85.

Marno dan Triyo supriyatno. (2008). Manajemen dan Kepimpinan Pendidikan Islam, Bandung: Pt. Refika Aditama.

Minarti, Sri. (2011). Manajemen Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Muljawan, A. (2020). Model Dan Strategi Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 9-18.

Nahrowi, N. (2017). Perencanaan Strategis Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 8(1), 53-64.

Pidarta, Made. (2005). Perencanaan Pendidikan partisifator. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rojak, A. I. (2017). Implementasi perencanaan strategis dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah swasta: Studi multisitus di MA An-Nur Bululawang dan MA Almaarif Singosari Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rozi, M. A. F. (2016). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(2), 322-336.

Senjaya, F. (2019). Pemeriksaan operasional terhadap proses produksi kue khas Bandung untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi: studi kasus CV. MJS.

Setiawati, F. (2020). Manajemen Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(1), 57-66.

Talibo, I. (2018). Fungsi Manajemen dalam Perencanaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra', 7(1).

Umam, M. K. (2017, May). Strategi Alternatif Memajukan Lembaga Pendidikan Islam di Pedesaan Berbasis Sekolah Excellent Perspektif Kompetitif Kotemporer. In Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars (No. Seri 2, pp. 769-776).

Usman, H. (2013). Manajemen:Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi ke- 4. Jakarta: PT. Bumi Askara.

Utomo, L. L. (2017). Proses Dan Implementasi Perencanaan Pendidikan (Dalam Rangka Pelaksanaan MBSP Di Satuan Pendidikan Islam X). QUALITY, 1(1).Winarti, E. (2018). Perencanaan manajemen sumber daya manusia lembaga pendidikan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 3(1), 1-26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


by Indexing :