ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN FAKTOR EKSTERNAL PENGORGANISASIAN DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Ade Riska Nur Astari

Abstract


Abstrak: Faktor eksternal dan internal merupakan hal yang cukup penting dalam pengorganisasian suatu lembaga pendidikan karena memiliki tujuan untuk menyusun suatu pola kegiatan untuk menuju ke arah tercapainya tujuan bersama. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis faktor internal serta eksternal yang mempengaruhi proses pengorganisasian pada lembaga pendidikan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari analisis menyimpulkan beberapa faktor internal yang memiliki pengaruh terhadap pengorganisasian di lembaga pendidikan adalah visi, misi, sasaran dan tujuan organisasi, strategi pencapaian tujuan, sifat dan jenis kegiatan serta jenis teknologi yang digunakan. Sedangkan untuk faktor eksternalnya adalah kebijakan pemerintah dan sosial budaya masyarakat. Sehingga dari hasil yang didapat tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor internal merupakan faktor yang berada di dalam organisasi atau lembaga pendidikan tersebut. Komunikasi yang baik dari para pimpinan dan karyawan maka akan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Sedangkan Faktor eksternal terdiri atas unsur-unsur diluar organisasi/ lembaga, yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan. Penulis dapat menyarankan perlunya kajian lebih lanjut yang dapat mengakomodasikan lebih banyak kasus untuk memetakan hasil yang lebih komprehensif, sehingga dapat dijadikan dasar untuk kebijakan yang lebih tepat sasaran. 

Kata Kunci: Faktor Internal, Faktor eksternal, Pengorganisasian, Lembaga Pendidikan

 

Abstract: External and internal factors are quite important in organizing an educational institution because it has the aim of compiling a pattern of activities to lead to the achievement of common goals. The purpose of this study is to analyze internal and external factors that affect the organizational process in educational institutions. Using descriptive qualitative method. The results of the analysis conclude that several internal factors that have an influence on organization in educational institutions are the vision, mission, goals and objectives of the organization, strategy for achieving goals, the nature and type of activity and the type of technology used. As for the external factors are government policies and social culture of society. So from the results obtained it can be concluded that internal factors are factors that are within the organization or educational institution. Good communication from leaders and employees will create a conducive work environment. Meanwhile, external factors consist of elements outside the organization/institution, most of which cannot be controlled and influence decision making. The author can suggest the need for further studies that can accommodate more cases to map out more comprehensive results, so that they can be used as the basis for more targeted policies.

Keywords: Internal Factors, External Factors, Organizing, Educational Institutions


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdul Mujib. (2015). Pendekatan Fenomenologi dalam Studi Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 167-183

Ahmad Bukhari, “Kepemimpinan Transformasional Pendidikan Berbasis Total Quality Manajement (TQM)”, Jurnal Dinamika Ilmu Vol 12 No 2, Desember 2012 DOI: http://dx.doi.org/10.21093/di.v12i2.64

Akyuni, Q., 2018. Pengorganisasian dalam Pendidikan Islam. Serambi Tarbawi, 6(2)

Baharun, H. (2016). Manajemen kinerja dalam meningkatkan competitive advantage pada lembaga pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2), 243-262.

Fahmi, Irfan. 2015. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: ALFABETA Hasibuan. M. 2006. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Fitriani, D. I. (2009). Strategi pengembangan bisnis waralaba Lembaga Pendidikan Primagama.

Hakim, M. N. (2019). Manajemen Hubungan Masyarakat Dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Dlanggu Mojokerto). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 121-139.

Hasibuan. M. 2006. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT.Bumi Aksara

Iriantara, Y., 2013. Manajemen Humas Sekolah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Jauch, L.R. and Glueck, W.F., 1997. Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan, Terjemahan Edisi Ketiga

Kaplan & Norton, D.P, The Balanced Scorecard-Translating Strategy Into Action Harvard Business School Press, Boston,1996

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7, 239-266.

Kotler, P., 2005. The role played by the broadening of marketing movement in the history of marketing thought. Journal of Public Policy & Marketing, 24(1), pp.114-116

Marlina, L., & Mursyidah, M. (2020). Konsep Pengorganisasian (Organizing) Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri 6 Palembang. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 1-12.

Muhammad, Suwarsono (2013). Manajemen Staregik : Konsep dan Alat Analisis, Edisi 5. Yogyakarta. STIM YKPM.

Mulyani, F. and Haliza, N., 2021. Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), pp.101-109

Mujib, A. (2015). Pendekatan Fenomenologi dalam Studi Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 167-183

Munir, M. (2018). Keberadaan Total Quality Management dalam Lembaga Pendidikan (Antara Prinsip Implementasi dan Pilar TQM dalam Pendidikan). Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 16(1).

Puspita, W. (2016). Pentingnya Analisis Lingkungan Internal Bagi Pencapaian Tujuan Lembaga Pendidikan Islam. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 120-136.

Riyadi, I. (2019). Manajemen Strategi Ekonomi pada Lembaga Pendidikan Islam. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 5(1), 51-62.

Ruslan, R., 2012. Manajemen Public Relation: Konsepsi dan Aplikasi

Sari, R. F. (2017). Optimalisasi Lembaga Pendidikan Islam Melalui Manajemen Strategik Analisis Swot. Hijri, 6(2).

Sondang, P., Siagian. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sumarto, S. (2016). Kepemimpinan Dan Urgensi Peranan Informasi Dalam Menajemen Pendidikan Islam. An-Nidzam: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(1), 135-160.

Susanthi, P. R. (2017). Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Mencapai Tujuan Perusahaan (Studi Kasus Stie Galileo Batam). Jurnal Elektronik, 1(1).

Sutjiato, M. (2015). Hubungan faktor internal dan eksternal dengan tingkat stress pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jikmu, 5(1).

Umam, M. K. (2019). Lembaga Pendidikan Islam Dalam Telaah Lingkungan Strategik. Jurnal Tinta, 1(2), 16-29.

Us, K. A. (2015). Jaminan mutu dan upaya pengembangan profesionalitas guru pada abad pengetahuan. Nur El-Islam, 2(2), 88-105.

Wati, D. C., & Arif, D. B. (2017). Penanaman nilai-nilai religius di sekolah dasar untuk penguatan jiwa profetik siswa.

Yusuf, M. H. (2017). Pengembangan budaya organisasi dalam lembaga pendidikan. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


by Indexing :