ANALISIS PROBLEMATIKA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI “METODE BERCERITA, DEMONSTRASI DAN SOSIODRAMA”

Khairiah Khairiah, Okda Jumanti

Abstract


Abstrak: Didalam kegiatan belajar mengajar terdapat suatu metode pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru untuk menunjang proses pembelajaran agar tercapainya suatu tujuan sehingga aspek perkembangan anak dapat berkembang dengan baik. Adapun dari setiap jenis metode pembelajaran terdapat problematika-problematika yang di hadapi oleh seorang guru sehingga itu menjadi tantangan untuk guru melakukan metode pembelajaran dengan baik.Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui pengertian dari metode mengajar dan prinsip-prinsip penggunaan metode mengajar yang ada di PAUD, sedangkan tujuan khusus dari penulisan ini yaitu : (1) Problematika pada metode bercerita, (2) Problematika pada metode demonstrasi, (3) Problematika pada metode sosiodrama. Maka kesimpulan dari penulisan ini adalah Problematika yang terdapat pada  pembelajaran pendidikan anak usia dini merupakan gambaran fakta yang terjadi dilapangan, khususnya ketika guru memilih metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru banyak berpengaruh dengan proses pembelajaran yang akan berlangsung. Beberapa diantaranya seperti problematika pada metode bercerita, problematika pada demonstrasi dan problematika pada sosiodrama. Hal-hal yang dapat mengatasi permasalahan ini adalah, guru harus tahu betul metode pembelajaran yang akan di terapkan kepada anak.

Kata kunci : Metode pembelajaran, metode bercerita, metode demonstrasi, dan metode sosiodrama.

 

Abstract : In teaching and learning activities there is a learning method used by a teacher to support the learning process in order to achieve a goal so that aspects of child development can develop properly. As for each type of learning method, there are problems faced by a teacher so that it becomes a challenge for teachers to carry out learning methods well. The purpose of this paper is to find out the meaning of teaching methods and the principles of using teaching methods in PAUD , while the specific objectives of this paper are: (1) Problems with the storytelling method, (2) Problems with the demonstration method, (3) Problems with the sociodrama method. So the conclusion of this paper is that the problems contained in early childhood education learning are a description of the facts that occur in the field, especially when teachers choose learning methods. The learning method that will be implemented by the teacher has a lot of influence on the learning process that will take place. Some of them are problems in storytelling method, problems in demonstration and problems in sociodrama. The things that can overcome this problem are, the teacher must know very well the learning method that will be applied to the child.

Keywords: learning methods, storytelling method, demonstration method, and sociodrama method.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmadi Abu H.2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Armico.

Ayu Putri Nurjanah, dkk. 2020. Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia Vol. 5.

Luh Putu Agustiniari, dkk. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak. Journal: PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha

Susiati. 2020. Pengaplikasian Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran. Jurnal: Universitas Iqra.

Sutan Rajasa. 2002. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Karya Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i2.6110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Al-Khair Journal : Management, Education, And Law diterbitkan oleh https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/ dan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-TanpaTurunan 4.0 Internasional.

 

Al-Khair Journal : Management, Education And Law
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 Statcounter

View My Stats