STRATEGY FOR IMPROVING FACILITIES AND INFRASTRUCTURE IN IMPROVING THE QUALITY OF EDUCATION

Junita Nadila

Abstract


Abstrak : Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui strategi peningkatan dari sarana dan juga prasarana pendidikan yang baik, dengan begitu akan meningkatkan mutu pada sekolah tersebut. Metode penelitian ini berjenis kualitatif dengan tekhnik analisis pustaka Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah menekan kan bahwa pengadaan dan pendayagunaan pada sarana dan prasarana yang baik dan lengkap, yang mana dalam strategi peningkatan sarana dan prasarana sangat penting untuk dilakukan secara efektif dan efisien agar terciptanya suasana sekolah yang lengkap dan tidak tertinggal karena dari sarana prasarana ini menunjukkan hasil suatu mutu pendidikan di suatu sekolah

Kata Kunci: Management;Srategik; Sarana dan Prasarana; Mutu sekolah.

 Abstract: This study aims to determine the strategy of improving educational facilityes  and infrastructur that will improve the quality of the school. This research method is a qualitative type with library analysis techniques. In this study, it shows that the strategy of improving facilities and infrastructure in improving the quality of education in schools emphasizes that the procurement and utilization of good and complete facilities and infrastructure, which in the strategy of improving facilities and infrastructure is very important to be carried out effectively and efficiently in order to create a complete school atmosphere and not be left behind because this infrastructure shows the results of a quality education in schools.

Keywords: Strategic;management;facility and infrastructure;school quality


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Acep mulyadi. (2020). Dampak Manajemen Sarana Prasarana Terhadap Mutu Pendidikan (h. 08).

Adam, F., Kuriady, D. A., & Komariah, A. (2018). Strategi Manajerial dan Capaian Mutu Sekolah. EARR (Educational Administration Research and Review), 2(1).

Ellong, T. D. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1).

Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95.

Ike Malaya Sinta. (2019). manajemen sarana prasarana (h. 01).

Ismail, D. H. (2017). Strategi mewujudkan suatu organisasi pembelajar. Jurnal Lentera Bisnis, 5(1), 9–30.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 63–70.

Mona novita. (2017). Sarana Dan Prasarana Yang Baik Menjadi Bagian Ujung Tombak Keberhasilan Lembaga Pendidikan Islam (p. 02).

Muhamad Khoirul Umam. (2018). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Peserta Didik.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman, S. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 224–243.

Nur Khikmah. (2020). Manajemen Sarana Dan Prasarana Untuk Mengembangkan Mutu Pendidikan (p. 02).

Putra, R. S., & Murniati, A. R. (2017). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan pada SMA Negeri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 5(3).

Rismayani, R., Lestari, E. A., & Tarigan, N. N. U. B. (2021). Problematika Sarana dan Prasarana Pendidikan. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 136–149.

Riyanto, F. (2016). Keterampilan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Strategi Peningkatan Mutu Sekolah (Studi Kasus SD IT An Nisa’Kedawung). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Satria, R., Supriyanto, A., Timan, A., & Adha, M. A. (2019). Peningkatan mutu sekolah melalui manajemen hubungan masyarakat. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 199–207.

Septi wahyu utami. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa (p. 01).

Timor, H. (2018). Mutu Sekolah; Antara Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 21–30.

Ya’cub, M., & Ga’a, D. S. (2021). Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Pengembangan Sarana Prasarana. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 60–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i2.6111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


by Indexing :