MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Ulya Rahmanita, Khairiah Khairiah

Abstract


Abstrak: Motivasi belajar telah menciptakan kesulitas dalam mengembangkan model pembelajaran pada anak usia dini. Model pembelajaran edutaiment menjadi salah satu alternative untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini dikarenakan pembelajaran edutaimen merupakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan. Tujuan tulisan ini untuk memetakan dan menganalisis peningkatan motivasi belajar anak usia dini melalui model pembelajaran edutaimen. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menemukan bahwa; (1) motivasi belajar anak usia dini masih cenderung rendah; (2) pentingnya peran guru dalam memilih metode yang tepat dalam mengajar; dan (3) edutainment telah digunakan oleh para guru dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran edutaiment dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini, sehingga dapat disarankan, jika ingin meningkatkan motivasi belajar anak usia dini, maka terapkanlah model pembelajaran edutaiment.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Edutaiment, Motivasi Belajar, Anak Usia Dini 

 

Abstract: Learning motivation has created a difficulty in developing early childhood learning models. The edutainment learning model is one of the alternatives to increase motivation for early childhood learning because edutainment learning is fun and not boring learning. This paper aims to map and analyze the increase in early childhood learning motivation through the edutainment learning model. Using descriptive qualitative methods. The results of this study found that; (1) early childhood learning motivation still tends to be low; (2) the importance of the role of the teacher in choosing the right method in teaching; and (3) edutainment has been used by teachers in increasing the motivation of early childhood learning. Thus it can be concluded that the edutainment learning model can increase the motivation of early childhood learning, so it can be suggested, that if you want to increase the motivation of early childhood learning, then apply the edutainment learning model.

Keywords: Learning Model, Education, Learning Motivation, Early Childhood


Full Text:

PDF

References


References

Khairiah, Imam Tabroni, Delfia Herwanis, Anik Indramawan, . Suhartono, and Yeni Tri Nurrahmawati. “A Comparison Study: The Effect of Flipped Classroom vs Direct Instruction Model Toward Science Concepts Understanding.” International Journal of Early Childhood Special Education 14, no. 1 (2022): 530–36. https://doi.org/10.9756/int-jecse/v14i1.221065.

Dani, Sandita Rustam, and Asri Windarsih Chandra. “Penerapan Konsep Edutainment Dalam Meningkatkan Kreativitas Bermain Sambil Belajar Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) 4, no. 1 (2021): 86–94.

Hakimah, Hakimah -, and Harry - Gunawan. “Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Melalui Metode Permainan Dari Bahan Bekas Pada Kelompok B Di Kelompok Bermain Dharma Mulya Tenggarong Seberang Tahun Pelajaran 2016/2017.” Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini 2, no. 1 (2018): 1–15. https://doi.org/10.24903/jw.v2i1.186.

Hamidah, Faid, and Asrorul Mais. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di Pos Paud Kemuning 56 Mumbulsari Jember.” JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education) 3, no. 2 (2020): 75–82.

Hardiantoro, Alinda. “Ini Aturan Terbaru PTM Terbatas Sesuai SE Kemendikbud Nomor 2 2022.” Kompas.com, 2022.

Heriyanti, Novitasari Susi, M Thamrin, Desni Yuniarni, and Anak Usia Dini. “Pemberian Motivasi Belajar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Mujahidin Ii Pontianak Timur,” 2014, 1–9.

Hewi, L, and L Asnawati. “Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 158. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530.

Khairiah, Khairiah, and Sirajuddin Sirajuddin. “The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019): 239–66. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.72.239-266.

Krisdayani, Luh Winda, Putu Aditya Antara, and Luh Ayu Tirtayani. “PENGARUH PEMBELAJARAN EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK TK KELOMPOK B GUGUS VIII KECAMATAN BULELEN.” E-Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, no. 2 (2016): 1–12.

Nafiqoh, Heni. “Usia Dini Di Paud Tunas Siliwangi” 4, no. 2 (2018).

Nisa, Khairun, and Sujarwo Sujarwo. “Efektivitas Komunikasi Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 229. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.534.

Nurdin, Nurdin. “Penerapan Konsep Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Melalui Pembelajaran Berbasis Edutainment Dalam Pembelajaran Di PAUD.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, no. 1 (2021): 56–67. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i1.32.

Prima, Elizabeth, Putu Indah Lestari, Program Studi, Pendidikan Guru-pendidikan Anak, Usia Dini, Universitas Dhyana Pura, and Token Economy. “Implementasi Token Economy Dalam Meningkatkan” 1 (2017): 47–55.

Setiawati, Eka, and Ayu Fajarwati. “Penerapan Edutainment Dalam Meningkatkan Kemampuan Eksploratif Anak Usia Dini” 9, no. 1 (2022): 50–59.

Shodiqin, Rahmat. “Pembelajaran Berbasis Edutainment.” Jurnal Al-Maqoyis IV (2016): 36–52.

Sri Wahyuni , Azlin Atika Putri, Siti Fadillah. “Motivasi Belajar Anak Usia Dini Pada Program” 03 (2021): 12–21.

Sunandar, Jajang. “Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi.” Kumparan.com, 2021.

Syafri, Fatrica. “KONSEP EDUTAINMENT DAN COOPERATIVE LEARNING (Analisis Relasinya Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini).” NUANSA 8, no. 2 (2015).

Zamzami, Elviawaty Muisa. “Aplikasi Edutainment Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh TK Merujuk Standar Nasional PAUD.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 985–95. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.750.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i1.6936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 Statcounter

View My Stats