MODEL PEMBELAJARAN EDUTAIMENT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA DINI

Okda Jumanti, Husnul Bahri

Abstract


Abstrak: Model pembelajaran pada pendidikan anak usia dini telah menciptakan kesulitan bagi guru dalam mengembangkannya, sehingga berakibat kepada kesulitan meningkatkan prestasi belajar anak. Tulisan ini bertujuan untuk memetakan dan menganalisis tentang model pembelajaran edutaiment dalam meningkatkan prestasi belajar anak usia dini. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kajian pustaka. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran edutaimen dapat meningkatkan prestasi belajar anak usia dini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar anak usia dini masih belum optimal dikarenakan keterbatasan guru dalam mengembangkan model pembelajaran. Hubungan model pembelajaran edutaiment yang merupakan model pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar, pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar anak usia dini. Dengan demikian dapat disarankan, jika ingin prestasi belajar anak meningkat, maka kembangkanlah model pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan seperti model pembelajaran edutaiment.

Kata kunci: Model Pembelajaran Edutaimen, Prestasi Belajar Anak, Pendidikan Anak Usia Dini

 

Abstract: Learning models in early childhood education have created difficulties for teachers in developing them, resulting in difficulties in improving children's learning achievement. This paper aims to map and analyze the edutainment learning model for improving early childhood learning achievement. Using a descriptive qualitative method with a literature review approach. The results show that the edutainment learning model can improve early childhood learning achievement. So it can be concluded that early childhood learning achievement is still not optimal due to the limitations of teachers in developing learning models. The relationship of the edutainment learning model, which is a fun and not boring learning model so that it can foster learning motivation, can ultimately improve early childhood learning achievement. Thus it can be suggested, that if you want children's learning achievement to increase, then develop a learning model that is fun and not boring edutainment learning model.

Keywords: Edutaimen Learning Model, Children's Learning Achievement, Early Childhood Education


Full Text:

PDF

References


References

Anhusadar, L. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Standar Produk Hasil Belajar pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 13(1), 34-45. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/1775

Cahya Yunisari, Sri Sumarni, Syafdaningsih. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Metode Pembelajaran Edutainment Pada Anak Kelompok B Di Tk Al-Kautsar Indralaya, volume 4 nomor 1. https://repository.unsri.ac.id/48981/

Dewi Mayangsari, Siti Fadjryana Fitroh. (2018). Penerpan Metode Edutainment Untuk Mengajarkan gejala alam pada anak usia dini, (Prosiding Senco). https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4836

Endang Wiyanti, Yulian Dinihari, Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Paud Putra Putri Kelurahan Pademangan Barat, E-ISSN:2621-1661. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9906

Fadlillah, M. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada media. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=TFFADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Fadlillah,+M.+(2016).+Edutainment+Pendidikan+Anak+Usia+Dini:+Menciptakan+Pembelajaran+Menarik,+Kreatif+dan+Menyenangkan.+Prenada+media.&ots=jTeRsSzh2X&sig=_FG2OYR1IWk6TapFcBfeno-431w

Fatikhatul Maghfuo dan Febrita Ardianingsih. 2014. Metode Edutainment Bermedia Video Terhadap Hasil Belajar IPA Anak Autis di Kelas Khusus SDNP Surabaya, Universitas Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/viewFile/8671/8738

Hamalik, O. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito.

Handayani, H., Yetri, & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

Hanum, F., Slamet, L., & Sriwahyuni, T. (2015). Kontribusi Minat Belajar Dan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan Smk Negeri 1 Air Putih Kabupaten Batubara Sumatera Utara. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 3(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/5171

Hazenbos, W. L., Gessner, J. E., Hofhuis, F. M., Kuipers, H., Meyer, D., Heijnen, I. A., & Verbeek, J. S. (1996). Impaired IgG-dependent anaphylaxis and Arthus reaction in FcγRIII (CD16) deficient mice. Immunity, 5(2), 181-188. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S107476130080494X

Islahuddin, M. A. (2015). Penggunaan Media Animasi Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Efi ( Electronic Fuel Injection ) In The Efi ( Electronic Fuel Injection ) System Material ). Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2), 98–102. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPTM/article/view/9174

Jamil Suprihatiningrum. (2012). Strategi Pembelajaran. (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media)

Jamil, I. M. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1). http://jurnal.stkipan-nur.ac.id/index.php/jipa/article/view/18

Kasan, A. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam ( Pai ) Menggunakan Metode Hypnoteaching Bagi Siswa Kelas Vii C Smpn 1 Limbangan Kabupaten Kendal. Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(Februari). https://doi.org/10.30659/jspi.v1i1.2428.

Ketut Setia Agustini, I Ketut Gading, Lu Ayu Tirtayani. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B Semester II TK Kartika VII-3, Vol 4 No. https://scholar.google.com/citations?user=G1z1tgsAAAAJ&hl=id&oi=sra

Khairiah, K. (2020). Peran Kepemimpinan Dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah Aliyah Di Provinsi Bengkulu. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(1), 91-110. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/3685

Khasanah, U. A., Livana, P. H., & Indrayati, N. (2019). Hubungan Perkembangan Psikososial dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(3), 157-162. http://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/426

Mahfudzah, F., K, A. H., & Tanjung, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Agama Islam Siswa Sd. Jurnal Tik Dalam Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12593.

Martinis Yamin, Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. (Jakarta: Gaung Pesada)

Munzir, M. (2019). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHAN SOSIAL. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247-254. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/5266

Nisa, K., & Sujarwo, S. (2020). Efektivitas Komunikasi Guru terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 229-240. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/534

Nurhayati, Y. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Kesenian dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kelompok dengan Cara Menyangkal pada Siswa Kelas VII Semester Ganjil SMPN 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Tahun Pelajaran 2014/2015. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 4(1). http://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi/article/view/1120

Nur Rizka Mitasari. (2018). Model Pembelajaran Edutainment Dalam Perkembangan Kognitif Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Vol. 4 No.1 Edisi Januari.

Rosyid, M. Z., Mansyur, M., IP, S., & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara.

Sanatun, N. A., & Sulisworo, D. (2016). Implementasi metode drill and practice secara kelompok untuk peningkatan prestasi belajar. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 66-71. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/13767

Sari, R. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Ketrampilan Berbicara Pada Bahasa Indonesia Tingkat SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 61-67. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/582

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115-123. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/114

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(Februari), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Suryabrata, S. (1993). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.

Tampubolon, B. (2020). Motivasi belajar dan tingkat belajar mandiri dalam kaitannya dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 5(2), 34-41. https://scholar.archive.org/work/lui5k4zbffhtvcvxryjenzkkpa/access/wayback/https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/download/1920/pdf

Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588-596. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/404

POERWANTO, R., INOUE, H., IkoMA, Y., & KATAokA, I. (1989). Effects of air and soil temperature on vegetative growth and flower bud differentiation of satsuma mandarin trees. Journal of the Japanese Society for Horticultural Science, 58(2), 275-281. https://www.jstage.jst.go.jp/article/jjshs1925/58/2/58_2_275/_article/-char/ja/

Westgaard, R. H., & Winkel, J. (1996). Guidelines for the occupational musculoskeletal load as a basis for intervention: a critical review. Applied Ergonomics, 27(2), 79-88. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/0003687095000623

Winitri, R., Hapidin, H., & Nurani, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Anak Usia 6-7 Tahun ditinjau dari Pemahaman Guru pada Pembelajaran Transisi dan Regulasi Diri. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 491-501. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/402

Yadika, A. D. N., Berawi, K. N., & Nasution, S. H. (2019). Pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar. Jurnal Majority, 8(2), 273-282. https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/2483




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i1.6937

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 Statcounter

View My Stats