PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DI KABUPATEN MUKO-MUKO PROVINSI BENGKULU

Warto Warto, Khairiah Khairiah

Abstract


Abstrak: Mutu pendidikan sekolah menengah pertama di Kabupaten Muko-muko masih tergolong lemah dikarenakan kepala sekolah belum berperan secara optimal. Tujuan tulisan ini untuk memetakan dan menganalisis bentuk mutu pendidikan, hubungan peran kepala sekolah dengan mutu pendidikan, dan peran kepala sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan. Menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dapat meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Maka dapat disimpulkan bahwa; (1) Bentuk mutu pendidikan sekolah secara umum telah baik, namun pada kepala sekolah belum mampu memberikan kepercayaan penuh kepada guru dalam melaksanakan tugas, sehingga mempengaruhi mutu; (2) Hubungan kepala sekolah dengan mutu pendidikan yaitu mutu pendidikan sekolah ditentukan oleh kepala sekolah dan guru yang profesional, sehingga pembinaan peningkatkan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan menjadi lebih baik, dan mutu pendidikan di sekolah menjadi meningkat; dan (3) Peran kepala sekolah berdampak besar bagi proses pengelolaan pendidikan dan mutu pengelolaan mempengaruhi mutu pendidikan. Sekolah yang berdaya saing tinggi menjadi idaman semua orang. Untuk mencapai mutu sekolah yang berdaya saing tinggi, salah satu faktor penentu adalah optimalisasi peran kepala sekolah. Dengan demikian dapat disarankan, jika ingin meningkatkan mutu pendidikan maka tingkatkanlah peran kepala sekolah.

Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Peran Kepala Sekolah, Mutu Sekolah Menengah Pertama.

 

Abstract: The quality of junior high school education in the Muko-muko Regency is still relatively weak because the principal has not played an optimal role. The purpose of this paper is to map and analyze the quality of education, the relationship of the role of the principal with the quality of education, and the role of the principal can improve the quality of education. Using descriptive qualitative methods. The results show that the role of the principal can improve the quality of school education. Then it can be concluded; (1) The quality of school education, in general, has been good, but the principal has not been able to give full confidence to the teacher in carrying out the task, thus affecting the quality; (2) The relationship of the principal with the quality of education, namely the quality of school education is determined by the principal and professional teachers so that the development of improving the quality of educators and education personnel becomes better, and the quality of education in schools becomes improved; and (3) The role of the principal has a big impact on the education management process and the quality of management affects the quality of education. A highly competitive school becomes everyone's dream. To achieve the quality of high-competitive schools, one of the determining factors is the optimization of the role of the principal. Thus it can be suggested, that if you want to improve the quality of education then increase the role of the principal.

Keywords: Quality of Education, Role of Principal, Quality of Junior High School.


Full Text:

PDF

References


References

Al Faruq, M. H., & Supriyanto, S. (2020). Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 5(1), 68. Https://Doi.Org/10.26740/Jdmp.V5n1.P68-76

Aitsl.(2015).Australian Professional Standard for Principals and the Leadership Profiles. Australian: Australian Goverment.

Ali, S., & Hasanah, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menjamin Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1).

http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1735

Apdila, M. N. (2021). Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam Peningkatan Kinerja Guru. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(1), 73-84. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/90

Bond, M. (2021). Schools and emergency remote education during the COVID-19 pandemic: A living rapid systematic review. Asian Journal of Distance Education, 15(2), 191–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.4425683

Darmaji, D., Supriyanto, A., & Timan, A. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internalsekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(3), 130-136. http://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/8015

Djunaidi, D. (2021). Isu-Isu Mutakhir Dalam Pelayanan Di Bidang Pendidikan. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 19(3), 304-319. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/6645

Elvadiningsih, S., & Afriansyah, H. (2019). Sistem Pengelolaan Peserta Didik Yang Baik Demi Pendidikan Berkualitas. https://osf.io/preprints/inarxiv/fu3cm/

Fadhli, M. (2017). Manajemen peningkatan mutu pendidikan. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215-240. https://www.academia.edu/download/78645734/pdf.pdf

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31-42. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/90

Fitriana, R. N., Handayaningrum, W., & Roesminingsih, M. V. (2021). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Akademik Dan Non Akademik Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4). http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/2378

Hasibuan, A. I., Mustapid, M., & Wijaya, C. (2019). Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs. Swasta Miftahul Falah Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(2), 201-210.

https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/antrophos/article/view/12024

Hermawan, E. (2019). Pengaruh Kompetensi, Pendelegasian Wewenang dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 148-159. http://journal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/2235

Husnussaadah, H. (2020). Upaya Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Mutu Akademik dan Non–Akademik Pendidikan Islam. el-Idarah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 5-19. http://journal.parahikma.ac.id/el-idarah/article/view/255

Irawati, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Profesionalisme Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Proceeding: Islamic University of Kalimantan. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/PIUOK/article/view/4726

Juharyanto, J., Nurabadi, A., & Gunawan, I. (2020). Debat Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Integritas Kepala Sekolah. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 272-282. http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/article/view/15517

Khairiah, K., Hidayat, M. N., Kurnia, I., Harmaida, M., Rusydi, I., & Warto, W. (2021). MUTU KINERJA TENAGA PENDIDIK (GURU) DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ERA PANDEMIC COVID-19. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(1), 20-29. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/khair/article/view/5446

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/2092

Khairiah, K., & Sirajuddin, S. (2019). The Effects of University Leadership Management: Efforts to Improve the Education Quality of State Institute for Islamic Studies (IAIN) of Bengkulu. Jurnal Pendidikan Islam Yogyakarta, 7(2), 239-266. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/2092

Kharismawati, D. E. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 19-28. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/10781

Kharismawati, D. E. (2019). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 4(1), 19-28. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/10781

Kuntoro, A. T. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Kependidikan, 7(1), 84-97. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/2928

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134-137. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/12

Purnama, B. J. (2016). Optimalisasi manajemen Sumber Daya Manusia dalam upaya peningkatan mutu sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan UNY, 12(2), 113839. https://scholar.archive.org/work/w5qilobxrfagdgsxxkkpckpjwa/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/jmp/article/viewFile/14667/9505

Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran pada Program Sekolah Penggerak di Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120-126. http://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/625

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155-164. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/32362

Sholeh, S. (2020). Isu-Isu Kontemporer Pembaharuan Pendidikan Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 4(02). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/4338

Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258-264. https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/30

Susanto, E. (2019). Isu-Isu Global Kepemimpinan Pendidikan Islam (Transformasional, Visioner, Kecerdasan, Kharismatik, danTeknologi Informasi). Tarbiyatul Misbah (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 12(02 Desember), 63-88.

https://jurnal.stitmugu.ac.id/index.php/pai/article/view/79

Wahyudi, A. E., Arifin, I., & Juharyanto, J. (2021). Pengawasan Pendidikan: Sebuah Peningkatan Mutu Pendidikan. Simposium Nasional Gagasan Keprofesian bagi Alumni AP, MP, dan MPI dalam Menghadapi Tantangan di Era Global Abad 21, 1(1). http://conference.um.ac.id/index.php/sngka/article/view/1770

Wahyudi, D., Kamila, C. A., & Agustin, S. W. (2021). Peran Kepemimpinan dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Islam. Jurnal Syntax Transformation, 2(7), 949-957. http://jurnal.syntaxtransformation.co.id/index.php/jst/article/view/334




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/kh.v2i1.6938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

Al-Khair Journal : Management, Education And Law
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 Statcounter

View My Stats