Pendampingan Materi Sejarah Lokal Masa Revolisi Fisik Bagi Guru Sejarah SMA Se-Kota Lubuklinggau
Abstract
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Prodi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya tahun 2020 dengan menggunakan aplikasi zoom meeting. Adapun urgensi yang melatarbelakangi dilaksanakannya kegiatan ini adalah kurang optimalnya pembelajaran sejarah lokal di SMA yang ada di Musi Rawas dan sekitarnya. Sejarah perjuangan rakyat Musi Rawas pada masa Revolusi Fisik tahun 1947-1949 merupakan salah satu dari sekian banyak sejarah lokal yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan, tepatnya di Kabupaten Musi Rawas. Selama ini para guru hanya berfokus pada materi sejarah nasional yang terdapat di dalam buku teks pemerintah. Padahal, materi yang ada di dalam buku-buku teks pemerintah jauh dari realitas dan keadaan yang ada di sekitar peserta didik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah yang divariasikan dengan diskusi dan tanya-jawab, serta penugasan dan demonstrasi yang dilakukan oleh peserta. Kegiatan ini dapat dikatakan berhasil dilaksanakan dengan indikator terjadinya peningkatan pemahaman para guru mengenai sejarah perjuangan rakyat Musi Rawas pada masa Revolusi Fisik tahun 1947-1949 dengan skor rata-rata pre-test sebesar 44,67 dan skor rata-rata post-test sebesar 94. Angka tersebut menunjukkan selisih sebesar 49,33 yang berarti terdapat peningkatan pemahaman terhadap sejarah lokal perjuangan rakyat Musi Rawas pada masa Revolusi Fisik 1947-1949 setelah dilakukannya kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam bentuk pendampingan materi sejarah lokal.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Hamid, Abd. R. 2014. Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Hasan, S. H. 2015. Pendidikan Sejarah, Kemana dan Bagaimana? Makalah dipresentasikan di Seminar Asosiasi Guru Sejarah. Jakarta.
Kochar, S. K. 2008. Teaching of History. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Komalasari, K. 2018. “The Influence of Living Values Education-Based Civic Education Textbook on Students’ Character Formation.” International Journal of Instruction 11, no. 1 (2018): 395 410.
Levesque, Stephane. 2010. “On Historical Literacy: Learning to Think Like Historian.” Journal for Social Research 3, no. 2 (2010): 42–46.
Ulhaq, Z. T. 2017. “Pembelajaran Sejarah Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Kotamadya Jakarta Timur.” Jurnal Pendidikan Sejarah 6, no. 2 (2017): 1–12.
Widja, I. G. 1989. Sejarah Lokal Suatu Prespektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Wineburg, Sam. 2000. “Making Historical Sense” In Knowing, Teaching, and Learning History: National and International Perspectives, edited by Peter N. Stearns, Peter Seixas and Sam Wineburg, 306-25. New York: New York University Press.
Yusuf, Syafruddin, Adhitya Rol Asmi, Muhammad Reza Pahlevi. 2020. Perjuangan Rakyat Musi Rawas pada masa Revolusi Fisik 1947-1949. Palembang: Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP
Universitas Sriwijaya.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.3863
DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.3863.g3125
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT
LPPM IAIN BENGKULU
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia