Studi Evaluatif Terhadap Program Pembinaan Membaca Al-Qur'an Oleh PUSQIK IAIN Bengkulu

Aziza Aryati

Abstract


Penelitian lapangan (Field Reaseach) dengan metode deskriptif  kualitatif serta pendekatan evaluatif ini ingin melihat apakah program pembinaan membaca al-Quran yang dilaksanakan oleh Pusat Studi al-Quran dan Ibadah Kemasyarakatan (PUSQIK) IAIN Bengkulu telah berhasil meningkatkan kemampuan membaca al-Quran bagi mahasiswa IAIN?  Tujuan dari penelitian  ini adalah untuk menggali informasi tentang bagaimana pelaksanaan program pembinaan baca al-Qur’an di IAIN Bengkulu, apa saja persoalan-persoalan yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan untuk mendeskripsikan tingkat keberhasilan program baca al-Qur’an oleh PUSQIK IAIN Bengkulu terhadap kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswanya. Temuan penelitian adalah: 1.Pelaksanaan program membaca Al-Quran oleh PUSQIK dilaksanakan secara bersamaan setiap hari kamis pukul 07.30 di semua fakultas dan semua prodi. Semua mahasiswa harus mengikuti program ini di kelasnya masing-masing. PUSQIK menjadwalkan dosen-dosen yang dianggap ahli dalam hal membaca Al-Quran untuk mengajar di kelas-kelas semester 1 setiap kamis pagi. Kegiatan ini berlangsung selama satu semester dan ada evaluasi setiap pertengahan dan akhir semester. 2. Persoalan yang ada pada program pembinaan antara lain: a) Perencanaan Pembelajaran yang belum dilaksanakan secara maksimal, b) Pembelajaran yang tidak dirancang dengan baik dari awal, c) Kompetensi Dasar dari masing-masing pokok bahasan tidak ditentukan atau tidak ada kesepakatan antara pengelola, dosen dan lembaga. Kelemahan dari situasi ini adalah adanya ketidaksamaan hasil belajar yang dicapai oleh mahasiswa, berbeda dosen berbeda pula kemampuan yang dicapai. d) Tidak diitemukan adanya materi pembelajaran yang telah disepakati oleh perancang program, untuk kemudian digunakan bersama-sama oleh dosen yang mengajar di kelas. e) metode mengajar yang kurang bervariasi, f) Kehadiran pengajar kurang dari 70 %, keterlambatan dosen lebih dari 50%, g) Peserta  didik berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, dari 2000-an mahasiswa baru, 1400 diantaranya adalah mahasiswa yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar. 3. Dari tiga Fakultas yaitu FEBI, FUAD dan Syariah tingkat kelulusan berada di bawah 50%, hanya fakultas Tarbiyah dan Tadris saja yang mencapai kelulusan 50%, Tingkat kelulusan rata-rata hanya 38,97 %.


Keywords


Kata Kunci: Studi Evaluatif, pembinaan, pembelajaran, membaca Al-Quran,

References


Abuddin Nata, Pemikiran pendidikan Islam dan Barat, (Jakarta : Rajawali Pers, 2013)

.

Abuddin Nata, perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta : Kencana Prenada Media Grup, 2009).

Ali Syariati, Sosiologi Islam, (Bandung : Mizan, 1988).

Arif S Sadiman dkk, Media Pendidikan, (Jakarta :Raja Grafindo Persada, 1996).

Burhan Nurgiantoro, Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, (Yogyakarta : BPFE UGM,1988).

Daryanto, Evaluasi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta, 1999).

Jerold E Kemp, proses perancangan Pengajaran, terjemahan Asril Marjohan (Bandung : Penerbit ITB, 1994).

Koentjaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia Edisi III, 1997).

Marvin D Alcom and James M.Linely, Issus in Curriculum Development, (New York : World Book Co., 1959).

Muhaimin, Pemikiran dan Aktualisasi Pengembangan Pemikiran Islam, (Jakarta : Rajawali Pers, 2012).

Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Pustaka pelajar, 2004).

Muhammad Muntahibun Nafis, Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta :Teras, 2011).

Muhammad Zaini, MA, Pengembangan Kurikulum Konsep, Implementasi, Evaluasi dan Inovasi, (Yogyakarta : Teras, 2009).

Nana Sudjana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, (Bandung : Sinar Baru Algensindo, 1996).

Rambat Nur Sasongko dan Bambang Sahono, Desain Inovasi Manajemen Sekolah, (Jakrta : Shani publisher, 2016).

Robert C. Bogdan dan Steven Taylor, Introduction to Kualitatif reaseach Method, (New Jersey: John Willey and Son, 1984).

Robert C. Bogdan dan Steven Taylor, Introduction to Kualitatif reaseach Method, (New Jersey: John Willey and Son, 1984).

S. Nasution, Asas-Asas Kurikulum, (Jakarta : Bumi Aksara, 2001).

Suharsimi Arikunto dan Cepe Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis dan Praktis Bagi Praktisi Pendidikan, (Jakarta : Bumi Aksara, 1997).

Howard M. Federspiel, Kajian Al-Qur’an di Indonesia, (Bandung : Mizan, 1996).

M. Yusuf Musa, Al-Qur’an dan Filsafat, (Yogyakarta : Tiara Wacana, 1991).

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2015).

http://dedifathurohmah.blogspot.co.id/2015/10/pengajaran-dan-pembelajaran-al-Qur’an.html. didownload tal 07 Februari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4182

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4182.g3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

   

    Indonesia One Search

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

LPPM IAIN BENGKULU
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats