Pelatihan Multicam Live Streaming Kepada Siswa Dan Tenaga Kependidikan di SMKN 1 Binangun Cilacap

Argiyan Dwi Pritama, Saeful Haq Faruqi, Sharly Rizka Anizza

Abstract


Pada masa pandemi covid19 seperti saat ini berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak orang menjadi tidak bisa di lakukan, hal ini menjadikan kegiatan acara harus dialihkan secara daring dan disiarkan secara langsung melalui berbagai macam platform atau yang kita sering sebut adalah live streaming. Streaming adalah cara untuk menikmati suara atau video yang diunggah di internet. Suara atau video yang bisa diputar dan dinikmati terus menerus, tanpa harus mengunduh video atau suaranya terlebih dahulu. Oleh karena itu SMKN 1 Binangun Cilacap sebagai lembaga pendidikan yang terdampak oleh pandemi covid19 ini juga perlu bergerak dan mengalihkan kegiatannya secara daring yaitu melalui live streaming. Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Multicam Live Streaming Kepada Siswa Dan Tenaga Kependidikan Di SMKN 1 Binangun Cilacap ini akan dimulai dari dari pemaparan kebermanfaatan live streaming, persiapan live streaming baik secara hardware maupun software, dan langkah teknis memulai live streaming menggunakan lebih dari 1 sumber gambar atau sumber kamera atau yang disebut multicam menuju platform live streaming.


Keywords


Live Streaming, Multicam, Platform

References


Agustina. Lidya. 2015. Live Video Streaming Sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Puslitbang Aptika dan IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Youtube.com (2021). Youtube Live Streaming. Diakses pada 7 Januari 2021, Dari https://www.youtube.com/intl/ALL_id/howyoutubeworks/product-features/live/#youtube-live.

Digitalponsel.com. (2020). Arti Streaming Video. Diakses pada 7 Januari 2021, Dari https://www.digitalponsel.com/25257/arti-streaming-video/

Lind. Joonas. 2018. The Role and Potential of Live Streaming in Marketing for Small and Medium-sized Enterprises. International Sales & Marketing, Haaga-Helia University of Applied Sciences.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4544

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i1.4544.g3128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

   

    Indonesia One Search

 _______________________________________________

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANHAJ: JURNAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT

LPPM IAIN BENGKULU
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

 

View My Stats