Konsep Taubat Menurut Imam Al-Ghazali

Rusydi Rusydi

Abstract


 Manusia tak lepas dari suatu kesalahan yang menjadi dosa, dari dosa kecil dan besar , dosa yang disengaja dan tidak di sengaja, dosa lahir dan dosa batin, dan dosa yang tampak dan tidak nampak. Oleh karena itu,  kita sebagai manusia yang diberi akal untuk berpikir dan kesadaran menjadi suatu keingan kembali pada untuk dekat dengan Sang Maha Pencipta. Dalam kehidupan di dunia yang tidak kekal ini, sering kita melakukan hal-hal yang melanggar aturan Allah SWT dalam artian larangan-larangannya. Yang mana semua larangan-larangan-Nya itu merupakan suatu hal yang bersifat kenikmatan sementara yang pada akhirnya menimbulkan kesengsaraan atau kecelakaan bagi pelakunya. Tidak seorang pun di dunia ini menghendaki kecelakaan atas dirinya, pada umumnya mereka menghendaki keselamatan baik pada saat mereka berada di dunia yang menghendaki kecelakaan atas dirinya. Pada umumnya mereka menghendaki keselamatan baik pada saat mereka berada di dunia maupun di akhirat kelak. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pendapat Imam al-Ghazali mengenai konsep taubat? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana konsep taubat menurut Imam al-Ghazali. Penelitian ini menggunakan  metode  library research. Untuk itu dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Sementara dalam Metode Analisis Data peneliti melakukan Analisis isi untuk menggali keaslian teks lalu Analisis Deskriptif untuk menggambarkan keadaan subyek penelitian berdasarkan fakta. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu bahwa taubat menurut Imam  al-Ghazali adalah  suatu  usaha  dari  beberapa pekerjaan hati. Singkatnya, menurut para ulama, taubat itu ialah membersihkan hati dari dosa.  Imam al-Ghazali menekankan bahwa, para pelaku ibadah diharuskan untuk ber-taubat karena dua hal: Pertama, agar berhasil memperoleh pertolongan guna mencapai ketaatan, karena berbagai perbuatan dosa dapat melahirkan kesialan dan mengakibatkan kemalangan  bagi  pelakunya.  Selain  itu,  perbuatan  dosa  juga  bisa  menghambat  upaya kita  untuk  mematuhi  dan  mengabdi  kepada  Allah  Swt.


Full Text:

PDF

References


Abul Qasim Abdul Karim Hawazin Al-Qusyairi An-Naisaburi, Ar-Risalatul Qusyairiyah fi ‘ilmit Tashawwuf, diterjemahkan oleh Umar Faruq, (Jakarta: Pustaka Amani, 2007)

Al-Ghazali, Minhajul Abidin, terj. oleh Abul Hiyadh. Surabaya: Mutiara Ilmu, 1995; dan edisi terj. oleh M. Rofiq. Yogyakarta: Diva Press, 2007; serta edisi terj. oleh R. Abdullah bin Nuh. Jakarta: Mizan, 2014)

Department Agama RI, Ayat Al Quran dan Terjemahnya( Bandung : Deponegoro, 2015 )

Harun Nasution, Filsafat dan Mistisme dalam Islam, (Jakarta Bulan Bintang, 1992)

H.R. Ibnu Mas’ud dan dikeluarkan oleh Ibnu Majah dalam Al-Jami’ush Shaghir, Al-Hakim, At-Turmudzi dari Abu Sa’id, As-Suyuthi di Al-Jami’ush Shaghir, Juz I

Ibnu Qayyim al-Jauziah, Madarijus (Pendakian Menuju Tuhan) Penjabaran Konkrit “Iyyaka Na’budu Wa Iyyaka Nasta’in, terjem. Kathur Suhardi, (Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1998), Cet. I

Muhammad Syaithout, Islam Sebagai Aqidah dan Syari’ah, terj. Bustani A. Gani dan B. Hamdani Ali (Jakarta:Bulan Bintang, 1968)

Muslim, Shahih Muslim, Kitab al-Taubah , Bab fi al-Hadl ‘ala at-Taubah wa al-Farah Biha, II: 490

Ris’an Rusli, Tasawuf dan Tarekat: Study Pemikiran dan Pengalaman Sufi, (Jakarta: Raja Grafindo, t.th.,)

Yusuf Qardhawi, Kitab Petunjuk Tobat Kembali ke Cahaya Allah, (Bandung: Mizan Pustaka, 2008), Cet. I,




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v4i2.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 

        

 

 

_______________________________________________

 


_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 

View My Stats