Pemberian Mahar dan Uang Hantaran pada Pernikahan Adat Suku Rejang Bengkulu Utara (PRESPEKTIF SOSIOLOGI AGAMA)

Siti Suroh

Abstract


Abstrak: Pemberian Mahar dan Uang Hantaran pada Pernikahan Adat Suku Rejang Bengkulu Utara (PRESPEKTIF SOSIOLOGI AGAMA). Proses pemberian mahar dan uang hantaran yang terjadi pada masyarakat suku Rejang, di Bengkulu Utara, khususnya di Desa Perbo adalah mahar dipatok berdasarkan perbedaan suatu kelas atau starata tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep serta latar belakang dalam pemberian mahar dan uang hantaran pada pernikahan adat suku Rejang Bengkulu Utara (prespektif sosiologi agama). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori stratifikasi sosial Max Webber dan Ibnu Khaldun. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan reduksi data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Konsep dasar mahar dan uang hantaran pada masyarakat suku Rejang Desa Perbo Bengkulu Utara adalah Setelah melalui proses mediak, dilanjutkan dengan musyawarah antara pria dan wanita tentang besaran mahar dan uang hanataran yang diinginkan pihak wanita, kemudian, dilanjutkan dengan acara basen (berasan) dan menentukan tanggal pernikahan. Adapun, latar belakang dan bentuk stratifikasi sosial dalam proses pemberian mahar dan uang hantaran Perbo adalah kekuasaan dan kedudukan keluarga dan faktor pendidikan dan pekerjaan.

Keywords


Mahar, Uang Hantaran, dan Stratifikasi Sosial

Full Text:

PDF

References


Aminah , Siti . Stratifikasi Sosial Dalam Perkawinan Masyarakat Islam Sasak (Studi Pada Perkawinan Masyarakat Desa Sengkerang, Lombok Tengah). Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang.

Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Perhubungan Kabupaten Lebong, Anok Kutai Rejang (Sejarah Adat Budaya Bahasa dan Aksara).

Kaelan. 2005. Metode Penelitian Kualitatif Bidang Filsafat. Yogyakarta: Pradigma.

Rasjid, Sulaiman . 2012. Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Syah, Mabrur . 2016. Adat Perkawinan Suku Rejang Dalam Perspektif Islam. Banten: Patju Kreasi.

Tedy. S, Armin. 2012. “Pernikahan Dalam Prespektif Al-Qur’an”, (Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Studi Tafsir Hadis Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkulu).

Yuniska, Adnia. 2015. “Studi Analisis Mahar Hutang (Ta’jil) Menurut Hukum Islam,” (Skripsi, Fakultas Syari’ah Dan Hukum Progrm Studi Al-Ahwal Al- Syakhsiyah Universitas Islam Nahdlatul Ulama).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/mtq.v6i1.5178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 

        

 

 

_______________________________________________

 


_______________________________________________

Creative Commons License
Jurnal Manthiq ini diterbitkan oleh IAIN Bengkulu dan Disebarluaskan dengan perijinan dibawah Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..

__________________________________________________

MANTHIQ: JURNAL FILSAFAT AGAMA DAN PEMIKIRAN ISLAM
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia

 

View My Stats